TELAAH RPP

FORMAT TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Kelompok: …….

 

No.

Komponen

Target

Indikator

Hasil Telaah

Saran Tindak Lanjut

A.

Identitas Mata Pelajaran/

Tema

Menuliskan identitas dengan lengkap

 

  1.   Menuliskan satuan pendidikan
  2.   Menuliskan kelas dan semester
  3.   Menuliskan matapelajaran dan materi pokok
  4.   Menuliskan jumlah pertemuan dan jumlah jam pelajaran

 

 

 

 

 

B.

Indikator

Menyusun indikator yang layak

  1.   Merumuskan indikator sesuai dengan KD
  2.   Menggunakan kata kerja opera­sional relevandengan KD yang dikembangkan.
  3.   Merumuskan indikator yang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dansikap
  4.   Merumuskan indikator secara cukup sebagai penanda ketercapaian KD

 

 

 

 

Tujuan Pembelajar-an

Menyusun tujuan pembelajaran yang layak

  1.   Merumuskan tujuan sesuai indikator
  2. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan paling tidak mengandung unsur audience dan behaviour
  3.   Merumuskan tujuan yang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dansikap
  4.   Merumuskan tujuan sesuai dengan alokasi waktu, kompleksitas KD, dan sarana dan prasarana yang tersedia

 

 

D.

Materi Ajar

Memilih materi ajar yang sesuai

  1. Memilih materi ajar sesuai dengan kompetensi yang akan dikembangkan
  2. Memilih materi ajar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  3. Memilih/merumuskan kedalaman materi ajar sesuai kemampuan peserta didik.
  4. Memilih materi ajar sesuai dengan waktu dan sarana penunjang

 

 

 

Sumber Belajar

Memilih dan menggunakan sumber belajar secara optimal

  1.   Memanfaatkan lingkungan alam dan/atau sosial
  2.   Menggunakan buku teks pelajaran dari pemerintah (Buku Siswa dan Buku Guru)
  3.   Merujuk materi-materi yang diperoleh melalui perpustakaan
  4.   Menggunakan TIK/merujuk alamat web tertentu sebagai sumber belajar

 

 

F.

Media Pembelajaran

Memilih dan memanfaatkan media pembelajaran secara optimal

  1.   Memanfaatkan media sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2.   Memanfaatkan variasi media sesuai dengan arahan pada buku siswa dan/atau buku guru
  3.   Memanfaatkan media untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik secaraoptimal
  4.   Memilih media, alat, dan bahan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah

 

 

 

Kegiatan   Pembelajaran

Merancang kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik

  1.   Merumuskan kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahulauan, inti, dan penutup
  2.   Merumuskan kegiatan pembelajaran yang mencakup komponen-komponen pendekatan saintifik (5M).
  3.   Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
  4.   Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana, dan media pembelajaran.

 

 

 

Penilaian

Merancang kegiatan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan

  1. Mencantumkanteknik, bentuk, dancontohinstrumenpenilaian yang sesuaidenganindikator
  2. Mencantumkan teknik, bentuk, dan contoh instrumen penilaian pada ranah sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
  3. Menyusun contoh instrumen penilaian sesuai kaidah pengembangan instrumen
  4. Mengembangkan pedoman penskoran (termasuk rubrik) sesuai dengan instrumen

 

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: