PENILAIAN UNJUK KERJA

PENILAIAN UNJUK KERJA

       

KI

Kompetensi Dasar

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.11. Menganalisis persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual

 

 

Uraian tugas:

  • Tugas ini dikerjakan secara individu.
  • Perhatikan rumus persamaan kuadrat . Dengan menggunakan rumus penyelesaian persamaan kuadrat, tentukan nilai
  • dan

Format Penilaian Unjuk Kerja

 

Mata Pelajaran/Kelas     : Matematika/ X

   Kompetensi Dasar           : Menganalisis persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual

Indikator: Menurunkan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat

    

Contoh-1: Format penilaian unjuk kerja dengan skala rentang (rating scale)

 

        

 

NO

 

 

Nama Siswa

 

Aspek yang dinilai

Kriteria penskoran

Pemanfaatan Konsep

Pemanfaatan algoritma

Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan menjawab pertanyaan

Ketelitian hasil kerja

Skor yang dica-pai

Nilai

  • Skor 4 = tanpa kesalahan
  • Skor 3 = ada sedikit kesalahan
  • Skor 2 = ada banyak kesalahan
  • Skor 1 = tidak melakukan
  • Skor maksimal = 20
  • Skor minimal = 4
  • Jumlah skor dapat ditransfer ke nilai dengan skala 0 s.d. 100

Contoh: Nilai Dewi = 16:20 × 100 = 80,00

 

Dewi

4

4

3

3

2

16

80,00

2.

Hera

 

 

 

 

 

 

 

 

Yeni

 

 

 

 

 

 

 

 

Ismail

 

 

 

 

 

 

 

 

Mawar

 

 

 

 

 

 

 

 

Veri

 

 

 

 

 

 

 

7.

Ve

 

 

 

 

 

 

 

 

Dicky

 

 

 

 

 

 

 

 

Kia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Zanuba

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian Produk

 

KI

Kompetensi Dasar

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.9. Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadipersamaan kuadrat

 

 

Alat dan bahan yang disiapkan:

1. Kertas karton berukuran

2. Penggaris                      3. Pensil               4. Gunting           5. Lem

 

 

Uraian Tugas:

Pak Ketut memiliki jaring jala sepanjang 60   m.   Ia   ingin   membuat   keramba   ikan gurami dan udang. Kedua keramba ikan dibuat berdampingan, seperti tampak pada gambar berikut.

 

Coba amati gambar keramba yang diinginkan dan renungkan beberapa pertanyaan

berikut.

1)   Bagaimana bentuk keramba yang direncanakan Pak Ketut?

2)   Adakah konsep dan prinsip matematika yang terkait untuk menentukan panjang

     keliling permukaan keramba?

3)   Adakah konsep dan prinsip matematika untuk menentukan luas daerah permukaan

     keramba ?

 

 

 

 

 

 

Format Penilaian Produk

 

Mata Pelajaran/Kelas     : Matematika/ X

Kompetensi Dasar           : 3.9. Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadipersamaan kuadrat

 

Indikator                               : Menterjemahkan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari

 

No

Nama Siswa

Persi-apan

Proses Pembuatan Produk

Penilaian Akhir Produk

Skor yang dica-pai

Nilai

Keterangan

 

Dewi

1

3

2

6

0,86

Skor maks = 7

Skor min = 3

Jumlah skor dapat ditransfer ke nilai dengan skala 0 s.d. 100. Contoh: Nilai Dewi = 6 : 7× 100= 0,86

 

2.

Hera

 

 

 

 

 

 

Yeni

 

 

 

 

 

 

Ismail

 

 

 

 

 

 

Mawar

 

 

 

 

 

 

Veri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Zanuba

 

 

 

 

 

 

Kriteria penskoran:

 

Tahap

Aspek yang dinilai

Kriteria penskoran

Persiapan

Membuat denah kolam

Skor 1 = tidak mengerjakan

Skor 2= membuat denah kolam

 

Proses pembuatan Produk

Menentukan panjang dan lebar dalam variabel

Skor 1 = tidak mengerjakan

Skor 2= menentukan panjang dan lebar dalam bentuk variabel

Skor 3 = Menetukan rumus luas

Penilaian Akhir Produk

Terbentuknya persamaan kuadrat

Skor 1 = tidak mengerjakan

Skor 2= Terbentuknya persamaan kuadrat

 

 

Iklan
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: