LK-3 MENYUSUN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Lembar Kerja 3a

PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

(1 JP)

 

  1. Tujuan

Peserta dapat:

  1. menjelaskan langkah-langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saintifik;
  2. memberikan contoh kegiatan-kegiatan pembelajaran di setiap langkah untuk masing-masing mata pelajaran.

 

  1. Petunjuk
  2. Bentuk kelompok yang beranggotakan kuranglebih empat orang.
  3. Baca Permendikbud 65/2013, 81A/2013, dan Panduan Penguatan Proses Pembelajaran. (5 menit)
  4. Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut. (30 menit)

 

  1. Apa yang dimaksud dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran?

 

 

 

 

 

  1. Mengapa pendekatan saintifik perlu diterapkan?

 

 

 

 

 

 

  1. Tulis langkah-langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saintifik, tujuan masing-masing langkah, dan contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Anda.

 

 

LANGKAH

TUJUAN

CONTOH KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LANGKAH

TUJUAN

CONTOH KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sajikan jawaban-jawaban kelompok Anda untuk mendapatkan masukan dari kelompok lain. (10 menit)

 


 

Lembar Kerja 3b

MERANCANG KEGIATAN PEMBELAJARAN

DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

(3JP)

 

  1. Tujuan

Peserta dapat merancang kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik.

 

  1. Petunjuk
  2. Bentuk kelompok yang beranggotakan kuranglebih empat orang.
  3. Rancang kegiatan pembelajaran untuk materi pada sub-bab dari bab dalam Buku Siswa dan Buku Guru yang telah dianalisis pada LK 2 dengan menerapkan pendekatan saintifik. Tulis secara rinci rancangan pembelajarannya pada kolom yang tersedia. (45 menit)

 

BAB     :

____________________________________________________________

SUB-BAB :

____________________________________________________________

 

TAHAPPEMBELAJARAN

KEGIATAN

Mengamati

 

 

 

 

 

 

Menanya

 

 

 

 

 

 

Mencoba/

mengumpulkan data (informasi)

 

 

 

 

 

 

Mengasosiasikan/

mengolah data (informasi)

 

 

 

 

 

 

Mengomunikasikan

 

 

 

 

 

 

(Dapat dilanjutkan) Mencipta

 

 

                                                 

 

 

  1. Presentasikan rancangan kegiatan pembelajaran kelompok Anda. (40 menit)
  2. Sempurnakan rancangan langkah-langkah pembelajaran yang telah Anda buat dengan memperhatikan masukan kelompok lain. (15 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja 3c

PERANCANGAN PENILAIAN

(2 JP)

 

  1. Tujuan

Peserta dapat merancang penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan pembelajaran bab tertentu pada Buku Siswa.

 

  1. Petunjuk
  2. Bentuk kelompok yang beranggotakan kuranglebih empat orang.
  3. Pilih bab yang sama dengan bab yang Anda telah rancang kegiatan-kegiatan pembelajarannya ketika menyelesaikan LK 3b.
  4. Tulis kompetensi dasar yang dibelajarkan sesuai dengan bab yang Anda pilih.
  5. Rancang penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk bab tersebut. Rumuskan indikator pencapaian kompetensi secukupnya dan tetapkan teknik-teknik penilaian yang sesuai.

 

Kompetensi Dasar (Tulis KD-KD dari keempat KI)

:

 

 

 

 

 

Bab

:

 

 

  1. Sikap yang akan dinilai: ______________________________________________
  2. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap(Pilih minimal 1 yang paling cocok dengan mencentang)

 

Pilihan 1: Observasi

Pilihan 2: Penilaian Diri

Pilihan 3: Antar Siswa

Pilihan 4: Jurnal

 

   Indikator:

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

  1. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan(Pilih minimal 1 yang paling cocok dengan mencentang)

 

Pilihan 1: Tes Tertulis

Pilihan 2: Tes Lisan

Pilihan 3: Penugasan

 

Indikator:

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan(Pilih minimal 1 yang paling cocok dengan mencentang)

 

Pilihan 1: Praktik

Pilihan 2: Projek

Pilihan 3: Portofolio

 

Indikator:

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SELAMAT BEKERJA

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: