LK-2 PRAKTEK BEDAH BUKU

Lembar Kerja 2

PRAKTIK BEDAH BUKU SISWA DAN BUKU GURU

(4JP)

 

  1. Tujuan

Peserta dapat:

  1. menjelaskan isi masing-masing bagian buku siswa;
  2. menunjukkan kelebihan dan kekurangan isi buku siswa;
  3. menjelaskan isi masing-masing bagian buku guru;
  4. menunjukkan kelebihan dan kekurangan isi buku guru;
  5. merumuskan alternatif tindak lanjut perbaikan bila isi buku siswa belum layak;
  6. merumuskan alternatif tindak lanjut perbaikan apabila langkah-langkah pembelajaran dan penilaian yang disarankan dalam buku guru kurang layak.

 

  1. Petunjuk
  2. Bentuk kelompok yang beranggotakan kurang lebih empat orang.
  3. Diskusikan dan jawab pertanyaan 1 – 3 berikut ini. (20 menit)

 

 

Pertanyaan

Jawaban/Hasil Diskusi

 

Baca Kata Pengantar pada halaman iii buku guru dan buku siswa. Apa yang perlu dilakukan oleh guru terhadap buku-buku tersebut untuk mengoptimalkan pencapaian kompetensi peserta didik?

 

 

Baca Daftar Isi Buku Guru dan Buku Siswa. Secara umum apa beda antara isi Buku Guru dan Buku Siswa?

 

 

Baca penjelasan awal pada Buku Guru. Tulis ringkasan isinya.

 

 

  1. Sajikan kesimpulan kelompok Anda kepada kelas dan perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. (15 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pilih satu bab dari buku siswa dan lakukan analisis isi buku. Setiap kelompok memilih bab yang berbeda. Tulis hasil analisis Anda pada Tabel 1. (35 menit)

 

Tabel 1: Analisis Buku Siswa

Bab: ___________________________________________________________________

 

Kompetensi Dasar (Tulis Nomor KD)

Keberadaan dalam buku

Alternatif Tindak Lanjut Perbaikan

 

Permasalahan (kesesuaian dengan KD, kecukupan isi, kedalaman isi, kebenaran isi langkah pembelajaran, dan penilaian)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sajikan kesimpulan kelompok Anda kepada kelas dan perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. (25 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pilih satu bab pada buku guru yang bersesuaian dengan bab pada Buku Siswa yang Anda analisis. Analisis bab tersebut dan tulis hasil analisis Anda pada Tabel 2. (40 menit)

 

Tabel 2: Analisis Buku Guru

 

Bab                                              : …………………………………………………………..

Nomor KD-KD yang Dicakup: …………………………………………………………..

 

Hal yang Dianalisis

Tingkat Kelayakan beserta Alasan

Alternatif Tindak Lanjut Perbaikan

Indikator pencapaian kompetensi

 

 

 

 

 

 

Tujuan pembelajaran

 

                       

 

 

 

 

 

Langkah-langkah pembelajaran (pendekatan saintifik) yang disarankan

 

 

Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sajikan kesimpulan kelompok Anda kepada kelas dan perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. ( 20 menit)
  2. Sempurnakan rumusan tindak lanjut kelompok Anda dan serahkan    kepada fasilitator. (10 menit)

 

 

SELAMAT BEKERJA

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: