LK-1

Lembar Kerja 1

PRAKTIK MENGANALISIS PROSES PEMBELAJARAN

(2JP)

 

  1. Tujuan

Peserta dapat:

  1. mengidentifikasi bagian-bagian pembelajaran yang merupakan tahap mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan data (informasi), menganalisis/mengolah data (informasi), mengomunikasikan (jawaban terhadap pertanyaan (kesimpulan)), dan mencipta;
  2. mengidentifikasi pengembangan sikap dalam pembelajaran;
  3. mengidentifikasi kelebihan proses pembelajaran yang dianalisis pada setiap tahap;
  4. mengidentifikasi kelemahan proses pembelajaran yang dianalisis;
  5. memberi masukan perbaikan pada proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian.

 

  1. Petunjuk
  2. Bentuk kelompok yang beranggotakan tiga sampai empat orang.
  3. Baca LK 1, Permendikbud 68/2013, Permendikbud 81A/2013, dan Panduan Penilaian pada Kurikulum 2013. (10 menit)
  4. Saksikan video pembelajaran yang diputar oleh fasilitator dengan seksama hingga selesai. Selama menyaksikan video, buat catatan-catatan sesuai dengan LK 1 mengenai langkah-langkah dan kegiatan-kegiatan pembelajaran serta penilaian. Video HANYA akan diputar satu kali.
  5. Diskusikan catatan-catatan tersebut dalam kelompok Anda. Lalu tulis hasil diskusi di kertas plano. (20 menit)

 

Kompetensi Dasar: _______________________________________________________

________________________________________________________________________

________________________________________________________________________

 

 

Pertanyaan

Jawaban/Hasil Diskusi

 

Bagian-bagian pembelajaran mana yang merupakan tahap

 

  1. mengamati?

 

  1. menanya?

 

  1. mencoba/mengumpulkan data (informasi)?

 

  1. menganalisis/mengolah data (informasi)?

 

  1. mengomunikasikan (jawaban terhadap pertanyaan (kesimpulan))?

 

  1. Mencipta?

 

 

a. Sikap apa yang ditumbuhkembangkan dalam pembelajaran yang Anda saksikan?

 

b. Pada kegiatan apa sikap tersebut ditumbuhkembangkan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa kelebihan proses pembelajaran yang Anda saksikan pada setiap tahap pembelajaran dengan pendekatan saintifik?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa kelemahan proses pembelajaran yang Anda saksikan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa saranAnda agar proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian yang Anda saksikan dalam video tadi menjadi lebih baik?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sajikan jawaban/hasil diskusi kelompok Anda kepada kelompok mata pelajaran Anda dan diskusikan. (20 menit)

 

SELAMAT BEKERJA

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: