BUKU RAPORT K-13 SMP

BUKU II

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL LAPORAN

HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR

DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

2014


KATA PENGANTAR

 

 

 

Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya penyusunan Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama yang berisi Model Buku Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dan Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik untuk Implementasi Kurikulum 2013 di SMP.

 

Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama ini disusun sebagai salah satu upaya Direktorat Pembinaan SMP membantu guru melakukan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan berbagai teknik. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyatakan bahwa kompetensi sikap dinilai dengan teknik observasi, jurnal, penilaian antarpeserta didik, dan penilaian diri; penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan; dan penilaian keterampilan dilakukan dengan praktik, projek, dan portofolio.

 

Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama ini disusun dengan maksud menyajikan informasi mengenai Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didikdan Petunjuk TeknisPengisian Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik untuk Kurikulum 2013.Rumusan penghitungan nilai akhir dan prinsip-prinsip penulisan deskripsi pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan mengacu pada buku 1.

 

Direktorat Pembinaan SMP menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas peran serta berbagai pihak dalam penyusunan Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama untuk implementasi Kurikulum 2013 yang tidak terpisahkan dengan Buku Panduan Penilaian di SMP.Semoga kontribusi tersebut merupakan ilmu yang bermanfaat yang tiada putus amalnya.

 

Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertamaini memerlukan masukan dari berbagai pihak terutama guru, wali kelas, kepala sekolah, dan orangtua peserta didik untuk penyempurnaan lebih lanjut.

 

Jakarta, Maret 2014

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar

 

 

 

 

Hamid Muhammad, Ph.D.

NIP. 195905121983111001

 

 

 

 

 

 

Daftar Isi

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

 

I. Pendahuluan

A. Latar belakang

B. Tujuan

C. Ruang Lingkup

D. Sasaran Pengguna Pedoman

II. Model Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMP Berdasarkan Kurikulum   2013

A. Model Buku Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMP

B. Petunjuk Teknis Pengisian Rapor

III. Penutup

Daftar Pustaka

 

 

ii

iii

 

1

2

2

2

 

3

14

21

22

 

 

82

82

82

82

83

95

102

103

 

                 Contoh pengisian kolom ketidakhadiran

 

Tabel 22: Contoh Pengisisan Capaian Nilai Ekstrakurikuler

Tabel 23 : Contoh pengisisan kolom ketidakhadiran

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  1. Latar Belakang

Implementasi model penilaian dalam Kurikulum 2013, termasuk untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) berimplikasi pada model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik. Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik merupakan data pencapaian kompetensi yang telah dicapai peserta didik dalam setiap semester dan berakhir pada pencapaian satu jenjang pendidikan SMP berdasarkan kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaiankompetensi kepada orang tua dan pemerintah. Standar Penilaian Pendidikan tersebut menyebutkan bahwa laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk:

  1. Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan serta keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.
  2. Deskripsi sikap diberikan untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
  3. Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik.

 

Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi peserta didik merupakan dokumen penghubung antara sekolah dengan orang tua/wali peserta didik maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mengetahui kompetensi peserta didik. Oleh karena itu, buku Laporan Hasil Pencapaiankompetensi peserta didik harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sehingga dapat memberikan gambaran mengenai pencapaian kompetensi peserta didik dengan jelas dan mudah dimengerti.

 

Pengembangan Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar memandang perlu menyusun Model Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertamadan Petunjuk Teknis Pengisiannya untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik.

 

Model Buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik SMP diharapkan dapat membantu sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan format Laporan Hasil PencapaianKompetensi Peserta Didik.

 

 

 

 

 

 

  1. Tujuan

Model laporan ini bertujuan untuk

  1. memberikan contoh buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan Kurikulum 2013 bagi para pendidik, satuan pendidika, dan pihak-pihak yang terkait;
  2. memberikan cara-cara pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik bagi sesuai dengan Kurikulum 2013;
  3. memberikan model penentuan kenaikan kelas peserta didik.

 

C.  Ruang Lingkup

Isi model laporan ini meliputi contoh laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik beserta petunjuk cara pengisiannya. Hal itu mencakup pengisan untuk kmpetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik, serta kriteria kenaikan kelas.

 

D.  Sasaran Pengguna Panduan Penilaian

Model laporan ini diperuntukkan terutama bagi

  1. Para pendidik di SMP sebagai panduan dalam pelaksanaan pelaporan penilaian hasil pencapaian kompetensi peserta didik;
  2. Pelaksana pengawasan pendidikan (pengawas dan kepala sekolah) untuk merancang program supervisi pendidikan yang berkaitan dengan pelaporan penilaian peserta didikdi satuan pendidikan;
  3. Pihak-pihak lain yang terkait dengan pelaporan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik.


 

BAB II

MODEL LAPORAN HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013

 

A.      ModelBuku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMP

 

LAPORAN

HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Peserta Didik:

 

 

 

 

 

Nomor Induk _________________

 

 

 

 

No. Induk/NISN:

 

 

 

 

Nomor Induk _________________

 

 

 

 

                                                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

REPUBLIK INDONESIA

 

LAPORAN

HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)

 

 

 

 

 

Nama Sekolah       :    ___________________________________

NIS/NSS/NDS     :    ___________________________________

Alamat Sekolah     :    ___________________________________

     ___________________________________

Kode Pos ___________Telp.__________

Kelurahan/Desa   :    ___________________________________

Kecamatan            :    ___________________________________

Kota/Kabupaten   :    ___________________________________

Provinsi                :    ___________________________________

Website                 :    ___________________________________

E-mail                   :   ___________________________________

 

 

 

 

 

 

 

 


PETUNJUK PENGGUNAAN

 

  1. Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi ini dipergunakan selama peserta didik mengikuti pelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP).
  2. Apabila peserta didik pindah sekolah, buku Laporan Hasil PencapaianKompetensi tersebut dibawa oleh peserta didik untuk dipergunakan sebagai bukti pencapaian kompetensi peserta didik yang bersangkutan.
  3. Apabila buku laporan tersebut hilang, maka dokumen ini dapat diganti dengan buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Pengganti.
  4. Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Pengganti diisi dengan nilai-nilai yang dikutip dari Buku Induk Sekolah asal tempat peserta didik bersekolah dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  5. Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi peserta didik ini harus dilengkapi dengan pas foto ukuran 3 cm x 4 cm.
  6. Pengisian Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dilakukan oleh wali kelas.
  7. Nilai dalam Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi peserta didik sbb:

 

Predikat

(KI 3 & KI 4)

Interval Nilai Kompetensi

Interval Pengetahuan

(KI 3)

Interval Keterampilan

(KI 4)

Predikat Sikap

(KI 1 & KI 2)

Interval Sikap

(KI 1 & KI 2)

 

A

3,83 < x ≤ 4,00

3,83 < x ≤ 4,00

 

SB

(Sangat Baik)

3,50 < x ≤ 4,00

 

A-

3,50 < x ≤ 3,83

3,50 < x ≤ 3,83

 

B+

3,17 < x ≤ 3,50

3,17 < x ≤ 3,50

B

(Baik)

2,50 < x ≤ 3,50

 

B

2,83 < x ≤ 3,17

2,83 < x ≤ 3,17

 

B-

2,50 < x ≤ 2,83

2,50 < x ≤ 2,83

 

C+

2,17 < x ≤ 2,50

2,17 < x ≤ 2,50

C

(Cukup)

1,50 < x ≤ 2,50

 

C

1,83 < x ≤ 2,17

1,83 < x ≤ 2,17

 

C-

1,50 < x ≤ 1,83

1,50 < x ≤ 1,83

 

D+

1,17 < x ≤ 1,50

1,17 < x ≤ 1,50

K

(Kurang)

1,00 < x ≤ 1,50

 

D

1,00 ≤ x ≤ 1,17

1,00 ≤ x ≤ 1,17

 

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN TENTANG DIRI PESERTA DIDIK

 

  1. Nama Peserta Didik (Lengkap)   : ………………………………………………………………..
  2. Nomor Induk                              : ………………………………………………………………..
  3. Tempat / Tanggal Lahir              : ………………………………………………………………..
  4. Jenis Kelamin                              : ………………………………………………………………..
  5. Agama                                        : ………………………………………………………………..
  6. Status dalam Keluarga                : ………………………………………………………………..
  7. Anak ke-                                     : ………………………………………………………………..
  8. Alamat Peserta Didik                  : ………………………………………………………………..

                                                     ………………………………………………………………..

  1. Nomor Telepon Rumah               : ………………………………………………………………..
  2. Sekolah Asal                               : ………………………………………………………………..

11.Diterima di Sekolah Ini              

     a. di Kelas                                 : ………………………………………………………………..

     b. pada Tanggal                         : ………………………………………………………………..

12. Nama Orang Tua                      

a. Ayah                                      : ………………………………………………………………..

b. Ibu                                          : ………………………………………………………………..

  1. Alamat Orang Tua                     : ……………………………………………………………

                                             …………………………………………………………………

Nomor Telepon Rumah               : ………………………………………………………………..

  1. Pekerjaan Orang Tua                 

a. Ayah                                      : ………………………………………………………………..

b. Ibu                                          : ………………………………………………………………..

  1. Nama Wali Peserta Didik            : ………………………………………………………………..
  2. Alamat Wali Peserta Didik          : ………………………………………………………………..

Nomor Telpon Rumah                 : ………………………………………………………………..

  1. Pekerjaan Wali Peserta Didik      : ………………………………………………………………..

 

 

Pas Foto

3 x 4

……………….., …………20…….

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

 

 

NIP

 

 

 

HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

 

Nama Sekolah                   : ____________________                              Kelas                                     : ________

Alamat                                 : ____________________                              Semester                               : 1 (Satu)

NamaPeserta Didik          : ____________________                              Tahun Pelajaran               : ________

Nomor Induk/NISN        : ____________________             

               

MATA PELAJARAN

Pengetahuan

(KI 3)

Keterampilan

(KI 4)

Sikap Spiritual dan Sosial        

(KI 1 dan KI 2)

Dalam

Mata Pelajaran

Antar Mata Pelajaran

Kelompok A

 

 

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

 

 

 

 

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

 

 

3

Bahasa Indonesia

 

 

 

4

Matematika

 

 

 

5

Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

 

 

 

7

Bahasa Inggris

 

 

 

Kelompok B

 

 

 

1

Seni Budaya

 

 

 

2

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

 

 

 

3

Prakarya

 

 

 

 

Kegiatan Ekstrakurikuler

Keterangan

1. Praja Muda Karana (Pramuka)

 

2. ………….

 

3. ………….

 

 

Ketidakhadiran

Sakit                        : _____ hari

Izin                           : _____ hari

Tanpa Keterangan   : _____ hari

 

 

Mengetahui:                                                                                                        ……………………………….., ……………20……

           Orang Tua/Wali,                                                                                              Wali Kelas,

 

 

 

   __________________________                                                                   ______________________________

                                                                                                                                            NIP ……………………………….. ………….

 

DESKRIPSI HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

 

Nama Sekolah                   : ____________________                              Kelas                                     : ________

Alamat                                 : ____________________                              Semester                               : 1 (Satu)

NamaPeserta Didik          : ____________________                              Tahun Pelajaran               : ________

Nomor Induk/NISN        : ____________________             

           

MATA PELAJARAN

KOMPETENSI

DESKRIPSI

Kelompok A

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Pengetahuan

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Pengetahuan

 

 

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

3

Bahasa Indonesia

Pengetahuan

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

4

Matematika

Pengetahuan

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

5

Ilmu Pengetahuan Alam

Pengetahuan

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

Pengetahuan

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

7

Bahasa Inggris

Pengetahuan

 

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

Kelompok B

 

 

1

Seni Budaya

Pengetahuan

 

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

2

Pendidikan Jasmani,                   Olah Raga, dan Kesehatan

Pengetahuan

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

3

Prakarya

Pengetahuan

 

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

         

 

                                                                                                                …………………….., …………………….20…….

Mengetahui

Orang Tua/Wali                                                                                    Wali Kelas,

 

 

________________________                                                                        _______________________________

                                                                                                                                            NIP……………………………………………….

HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

 

Nama Sekolah                   : ____________________                              Kelas                                     : ________

Alamat                                 : ____________________                              Semester                               : 2 (Dua)

NamaPeserta Didik          : ____________________                              Tahun Pelajaran               : ________

Nomor Induk/NISN        : ____________________             

               

MATA PELAJARAN

Pengetahuan

(KI 3)

Keterampilan

(KI 4)

Sikap Spiritual dan Sosial        

(KI 1 dan KI 2)

Dalam

Mata Pelajaran

Antar Mata Pelajaran

Kelompok A

 

 

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

 

 

 

 

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

 

 

3

Bahasa Indonesia

 

 

 

4

Matematika

 

 

 

5

Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

 

 

 

7

Bahasa Inggris

 

 

 

Kelompok B

 

 

 

1

Seni Budaya

 

 

 

2

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

 

 

 

3

Prakarya

 

 

 

 

Kegiatan Ekstrakurikuler

Keterangan

1. Praja Muda Karana (Pramuka)

 

2. ………….

 

3. ………….

 

 

 

Ketidakhadiran

Sakit                         : _____ hari

Izin                             : _____ hari

Tanpa Keterangan   : _____ hari

 

 

Mengetahui:                                                                                                     ……………………………….., ……………20……

           Orang Tua/Wali,                                                                                            Wali Kelas,

 

 

   __________________________                                                                ______________________________

                                                                                                                                         NIP ……………………………….. ………….

 

DESKRIPSI HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

 

Nama Sekolah                   : ____________________                              Kelas                                     : ________

Alamat                                 : ____________________                              Semester                               : 2 (Dua)

Nama Peserta Didik         : ____________________                              Tahun Pelajaran               : ________

Nomor Induk/NISN        : ____________________             

           

MATA PELAJARAN

KOMPETENSI

DESKRIPSI

Kelompok A

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Pengetahuan

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Pengetahuan

 

 

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

3

Bahasa Indonesia

Pengetahuan

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

4

Matematika

Pengetahuan

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

5

Ilmu Pengetahuan Alam

Pengetahuan

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

Pengetahuan

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

7

Bahasa Inggris

Pengetahuan

 

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

Kelompok B

 

 

1

Seni Budaya

Pengetahuan

 

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

2

Pendidikan Jasmani,                   Olah Raga, dan Kesehatan

Pengetahuan

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

3

Prakarya

Pengetahuan

 

 

 

Keterampilan

 

Sikap Spiritual dan Sosial

 

         

                                                                                                               

 

 

Mengetahui:

Orang Tua/Wali,

 

 

 

 

…………………………………..

 

 

 

Wali Kelas,

 

 

 

 

 

…………………………………..

NIP

Keputusan:

Berdasarkan hasil yang dicapai pada semester ke-1 dan ke-2, peserta didik ditetapkan:

naik ke kelas      ……….   (…………………………..)

tinggal di kelas ……….     (…………………………..)

…………………………….,………………………, 20……..

Kepala SMP ……………………………………

 

…………………………………………..

NIP

 

KETERANGAN PINDAH SEKOLAH

Nama Peserta Didik : __________________

 

 

MUTASI KELUAR

Kelas yang Ditinggalkan

Alasan Mutasi Keluar

Tanda Tangan Kepala Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang Tua/Wali

 

 

 

………………………., …………………….

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

___________________________

NIP

 

 

Orangtua/Wali

 

 

 

 

___________________________

 

 

 

 

 

………………………., …………………….

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

___________________________

NIP

 

 

Orangtua/Wali

 

 

 

 

 

___________________________

 

 

 

KETERANGAN PINDAH SEKOLAH

Nama Peserta Didik : __________________

 

 

NO

MUTASI MASUK

 

 

1

 

Nama Peserta Didik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

………………………., …………………….

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

___________________________

NIP

 

2

Nomor Induk

3

Nama Sekolah

4

Masuk di Sekolah ini:

  1. Tanggal
  2. Di Kelas

5

Tahun Pelajaran

 

 

 

 

 

 

1

 

Nama Peserta Didik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

………………………., …………………….

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

___________________________

NIP

 

 

2

Nomor Induk

3

Nama Sekolah

4

Masuk di Sekolah ini:

  1. Tanggal
  2. Di Kelas

5

Tahun Pelajaran

 

 

 

1

 

Nama Peserta Didik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

………………………, …………………….

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

 

___________________________

NIP

 

 

2

Nomor Induk

3

Nama Sekolah

4

Masuk di Sekolah ini:

  1. Tanggal
  2. Di Kelas

5

Tahun Pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

         

 

 

 

CATATAN PRESTASI YANG PERNAH DICAPAI

 

 

Nama Peserta Didik             :     ……………………………………………………………………..

Nama Sekolah                       :     ……………………………………………………………………..

Nomor Induk                         :     ……………………………………………………………………..

 

 

Prestasi yang Pernah Dicapai

Keterangan

 

1

 

Kurikuler

 

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

 

 

2

 

Ekstrakurikuler

 

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

 

 

3

 

Prestasi Lainnya

 

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………..

 

 

 

 

 

B. Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta DidikSMP

 

1        Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik diisi oleh wali kelas dengan tulisan yang rapi dan jelas.

2        Nama peserta didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan data tentang diri peserta didik di lembar 2 ditulis menggunakan huruf kapital yang jelas dan rapi.

3        Lembar 2 yang berisi data peserta didik, dilengkapi dengan foto peserta didik terbaru berukuran 3 x 4.

4        Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan:

  1. Identitas satuan pendidikan dan identitas peserta didik.
  2. Pada kolom Pengetahuan (KI 3) dan Keterampilan (KI 4) diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata pelajaran yang berupa Predikat A s.d. D
  3. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2), dalam kolom Mata pelajaran diisi dengan predikat:

            SB   = Sangat Baik    

            B     = Baik                 

            C     = Cukup            

            K    = Kurang           

  1. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) antarmatapelajaran diisi dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran pada kelas yang sama.

 

 

 

CONTOH PENGISIAN

Nama Sekolah                        : …………………                   Kelas               : VII

Alamat                        : …………………                   Semester         : 1 (Satu)

Nama Peserta Didik  : …………………                   Tahun Pelajaran : 2014/2015

Nomor Induk/NISN             : …………………

 

CAPAIAN


MATA PELAJARAN

Pengetahuan

(KI 3)

Keterampilan

(KI 4)

Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1dan KI 2)

Mata Pelajaran

Antar-

Mata Pelajaran

Kelompok A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

A

A-

SB

Menunjukkan SikapBaik, pada kompetensi spiritual dan sosial, tetapi perlu meningkatkan diri pada beberapa sikap tertentu sesuai dengan karakteristik mata pelajaran

 

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

A-

B+

B

3

Bahasa Indonesia

A

A

SB

4

Matematika

A-

B

B

5

Ilmu Pengetahuan Alam

B+

B+

B

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

B

B

B

7

Bahasa Inggris

A-

A-

SB

Kelompok B

 

 

 

1

Seni Budaya

B+

B+

B

2

Pendidikan Jasmani, Olah Raga,dan Kesehatan

 

A

 

A

 

SB

3

Prakarya

 

B-

 

C

B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kegiatan ekstrakurikuler diisi dengan predikat(sangat memuaskan,memuaskan, atau kurang memuaskan). Nilai dan keterangan kegiatan ekstrakurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstrakurikuler. Berikut ini contoh pengisisan capaian nilai ekstrakurikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler

Keterangan

  1. Praja Muda Karana

Sangat Memuaskan,menguasai masalah talitemali, mendirikan tenda,smaphore, dan baris-berbaris.

2.Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Memuaskan, aktif dalam setiap kegiatan UKS dan aktifsebagai Kader Kesehatan Remaja

 

  1. Kolom ketidakhadiran diisi dengan rekap kehadiran peserta didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan). Berikut ini contoh pengisisan kolom ketidakhadiran

Ketidakhadiran

 

 

 

Sakit                       : 1 hari

Izin                       : –   hari

Tanpa Keterangan   : –   hari

 

5      Lembar catatan deskripsi kompetensi mata pelajaran diisi dengan :

  1. Identitas satuan pendidikan dan identitas peserta didik.
  2. Catatan deskripsi pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.
  3. Catatan deskripsi pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sosial tiap mata pelajaran ditulis dengan jelas dan rapi.
  4. Contoh pengisisan lembar catatan deskripsi :
 

Mata Pelajaran

Kompetensi

Catatan

Kelompok A.

7

Bahasa Inggris

Pengetahuan

Sangat Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama dalam memahami tujuan, dan susunan teks, tetapi perlu lebih teliti dalam menggunakan unsur kebahasaan yang baik dan benar

Keterampilan

Sudah terampil dalam menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari, tetapi perlu meningkatkan percaya diri dalam berbicara.

Sikap Spiritual dan Sosial

 

Sudah konsistenmenunjukkan sikap mensyukuri dan semangat belajar, jujur, disiplin, dankerjasama, tetapi perlu meningkatkan percaya diri.

Kelompok B

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

 

Pengetahuan

Kompetensi pengetahuan rerata adalah baik pada permainan bola kecil,konsep latihan peningkatan kebugaran jasmani, keterampilan dasar senam lantai, keterampilan dasar renang gaya bebas dan dada, dan konsep gaya hidup sehat

sangat baik pada KD permainan bola besar, nomor atletik, beladiri, gerak ritmik, akan tetapi masih   perlu ditingkatkan pada pemahaman tindakan P3K.

Keterampilan

Kompetensi ketrampilan rerata adalah baik pada,latihan peningkatan kebugaran jasmani, keterampilan dasar senam lantai, beladiri, keterampilan dasar renang gaya bebasdan dada, dan gaya hidup sehatsangat baik pada KD permainan bola kecil,permainan bola besar, nomor atletik,gerak ritmik, akan tetapi masih perlu ditingkatkan pada tindakan P3K.

Sikap Spiritual dan Sosial

Sudah terbiasa berdoa, tawakal, dan menunjukkan perilaku baik dalam berolah raga dan menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin, dan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani, tetapiperlu meningkatkan dalam menghargai perbedaan, dan terus menerus dikembangkan sikap sportif dalam bermain

 

6      Teknik pengisian lembar penilaian Laporan Hasil Pencapaian kompetensi semester2 (dua), sama dengan teknik pengisian lembar penilaian Laporan Hasil Pencapaian kompetensi pada semester 1 (satu).

 

7      Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh satuan pendidikan, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti;
  2. mencapai tingkat kompetensi pengetahuan (KI 3) dan keterampilan (KI 4) yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM, yaitu (B-). (Satuan Pendidikan dapat menentukan KKM di atas ketentuan minimal, B-);
  3. nilai kompetensi sikap (KI 1 dan KI 2) untuk setiap mata pelajaran sekurang-kurangnyaBaik (B);
  4. memiliki maksimal dua mata pelajaran yang masing-masing nilai kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilannya di bawah KKM;
  5. ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15% dari jumlah hari efektif;
  6. berdasarkan hasil rapat pleno dewan guru.

 

Catatan: Satuan pendidikan dapat menentukan kriteria kenaikan kelas lebih dari ketentuan minimal tersebut, disesuaikan dengan kondisi dan potensi satuan pendidikan.

 

CONTOH PENENTUAN PESERTA DIDIK NAIK/TIDAKNAIK KELAS

 

  1. Anna memiliki nilai yang kurang dari KKM pada 3 (tiga) mata pelajaran (yaitu kompetensi pengetahuan pada PPKn dan kompetensi keterampilan pada Matematika dan Prakarya). Nilai kompetensi sikap semua mata pelajaran predikat B.

 

Mata Pelajaran

Pengetahuan

Keterampilan

Sikap

Keterangan

PKn

C

B

B

 

NAIK KELAS

Matematika

B

C

B

Prakarya

B+

C+

B

 

Anna dinyatakan naik kelas, karena tidak memiliki lebih dari dua mata pelajaran yang masing-masing nilai kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilannya di bawah KKM. Meskipun terdapat tiga nilai kurang dari KKM pada tiga mata pelajaran,nilai-nilai yang kurang tersebut tidak pada kedua kompetensi pengetahuan dan keterampilan sekaligus pada masing-masing mata pelajaran dari tiga mata pelajaran tersebut.

 

  1. Nilai Anto untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada tiga mata pelajaran (yaitu Agama, Matematika, dan IPA) ternyata kurang dari KKM.

 

Mata Pelajaran

Pengetahuan

Keterampilan

Sikap

Keterangan

Agama

C

C

B+

TIDAK

NAIK KELAS

Matematika

C

C

A

IPA

C+

C+

B+

 

Anto dinyatakantidak naik kelas karenamemiliki nilai kurang dari KKM baikuntuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada lebih dari dua mata pelajaran.

 

  1. Berikut adalah nilai Riko.

 

Mata Pelajaran

Pengetahuan

Keterampilan

Sikap

Keterangan

Agama dan Budi Pekerti

B

B

B+

 

TIDAK NAIK KELAS

Matematika

B+

C

B

Bahasa Inggris

B-

B+

C

 

Riko dinyatakan tidak naik kelaskarena memiliki satu nilai sikap yangkurang dari KKM (C).

 

     8. Keterangan mutasi keluar satuan pendidikan diisi dengan:

  1. tanggal ditetapkannya keluar dari satuan pendidikan;
  2. kelas yang ditinggalkan pada saat keluar dari satuan pendidikan;
  3. alasan keluar dari Satuan Pendidikan;
  4. tanggal penandatanganan pengesahan oleh kepala sekolah dan tanda tangan kepala sekolah;
  5. pengesahan kepindahan keluar satuan pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali peserta didik.

9. Keterangan mutasi masuk satuan pendidikan diisi dengan:

  1. identitas peserta didik ditulis apabila pindah masuk ke sekolah baru (mutasi dari luar ke dalam satuan pendidikan);
  2. tanggal penandatanganan pengesahan oleh kepala sekolah dan tanda tangan kepala sekolah.
  3. Catatan prestasi yang pernah dicapai diisi dengan :

Keterangan dalam kolom uraian tentang kurikuler dan ekstrakurikuler dituliskan tentang prestasi yang diperoleh peserta didik dengan deskripsi peringkat yang diperoleh dari kejuaraan yang diikuti, tingkat, dan tanggal pelaksanaan.

Keterangan dalam kolom prestasi lainnya diisi dengan uraian tentang kegiatan dan/atau prestasi selain kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, misalnya menjadi duta seni, mengikuti program pertukaran pelajar.


BAB III
PENUTUP

 

 

Salah satu parameter utama keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 adalah tercapainya keefektifan pembelajaran, yaitu dengan dicapainya tujuan pembelajaran oleh peserta didik secara optimal sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut diperlukan penilaian pencapaian kompetensi dan pelaporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik.

 

Melalui Model Pelaporan hasil pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini diharapkan pendidik dapat melaporkan pencapaian kompetensi peserta didik secara efektif dan bermakna sesuai mata pelajaran yang diampunya. Dokumentasi dan pelaporan pencapaian kompetensi bagi peserta didik menjadi salah satu tanggungjawab pendidik.

 

Semoga, para pendidik diberi kemudahan dan hikmat dalam memahami model laporan ini dan menerapkannya untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran dan penilaian. Pada akhirnya, peserta didik dapat mencapai kompetensi mata-mata pelajaran secara bermakna, luas dan mendalam serta dapat menerapkannya pada berbagai konteks kehidupan sesuai dengan semangat Kurikulum 2013. Dengan demikian, upaya peningkatan mutu pendidikan yang berkeadilan dapat tercapai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Anderson, L. & Krathwohl, D. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching and Assessing. New York: Longman.

Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., Airasian, P.W., Cruikshank, K.A., Mayer, R.E., Pintrich, P.R., Raths, J., Wittrock, M.C. (2000). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Pearson, Allyn & Bacon.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (2013). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta

Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., et.al. 2010. Assesment and Teaching of 21st Century Skill. Melbourne: The University of Melbourne Press.

Charles, Randall, Lester, Frank and O’Daffer, Phares. 1991. How to Evaluate Progress in Problem Solving. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics, 1987. In Stenmark, Jean, Mathematics Assessment: Myths, Models, Good Questions and Practical Suggestions. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Daniel J. Mueller (1992). Mengukur Sikap Sosial Pegangan Untuk Peneliti dan Praktisi. Bumi Aksara. Jakarta.

Forster, Margaret, dan Masters, G. (1996).Performance Assessment Resource Kit. Camberwell, Melborne: The Australian Council for Educational Research Ltd.

Forster, Margaret, dan Masters, G. (1996).Portfolios Assessment Resource Kit. Camberwell, Melborne: The Australian Council for Educational Research Ltd.

Forster, Margaret, dan Masters, G. (1998).Product Assessment Resource Kit. Camberwell, Melborne: The Australian Council for Educational Research Ltd.

Forster, Margaret, dan Masters, G. (1999).Paper amd Pen Assessment Resource Kit. Camberwell, Melborne: The Australian Council for Educational Research Ltd.

Gronlund, E. Norman. (1982). Constructing Achievement Tests. London: Prentice Hall.

Hamzah B. Uno dan Satria Koni.(2012). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Linn, R.L., dan Gronlund, N.E. (1995). Measurement and Assessment in Teaching. New Jersey: Prentice Hall.

Morrison, G.R., Ross, S.M., Kalman, H.K., kemp, J.E. Kemp. 2011. Designing Effective Instruction, Sixth Edition. New York: John Wiley&Sons, INC.

Paul, Richard & Linda Elder. 2007. Critical Thinking Competency Standards, Principles, Performance Indicators, and Outcomes With a Critical Thinking Master Rubric, The Foundation for Critical Thinking. Foundation for Critical Thinking Press. www.criticalthinking.org

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan

 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Standar Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

Popham, W.J. (1995) Classroom Assessment, What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon.

Puskur Balitbang. (2006). Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.

Saifuddin Azwar (2013). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Stevenson, N. , 2006, Young Person’s Character Education Hand Book, Indianapolis, Jist Life.

 

 

 

 

 

 

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: