PENILAIAN KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH

PENILAIAN KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH

 

 

  1. B.                                                                       KOMPONEN 2 : KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN (PKWKS 2)

 

NO.

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI 

Hasil Penilaian

ya

tidak

2.1

Bertindak sesuai dengan visi dan misi Sekolah/Madrasah.

 

 

Mampu menyusun  program sekolah  sesuai dengan visi dan misi sekolah.

.                                                                                                   

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

   RKS, RKT

 

 

 

Mampu menerapkan program sekolah  sesuai dengan visi dan misi sekolah

 

 Laporan Pelaksanaan          Program

 

 

 

Mampu  mengambil keputusan dan berani  menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan  misi  sekolah

 

Notulen Rapat

 

 

Mampu  mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah

Hasil Evaluasi Pelaksanaan program

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

2.2

Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi.

Mampu merumuskan tujuan sekolah;

yang  sesuai  prinsip SMART

  1. Specific (tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
  2. Measurable (dapat diukur)
  3. Achievable (dapat dicapai)
  4. Realistic (berbasis kondisi nyata)
  5. Time bound (target waktu yang jelas)

 RKS

Ada indicator

Hasil UN

Hasil Sesuai dengan indicator

Hasil sesuai dengan waktu

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

 

 

 

2.3

Mengembangkan Sekolah/Madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).

Mampu merencanakan program pengembangan SDM

 

RKS

 

 

 

Mampu melaksanakan program pengembangan SDM melalui berbagai cara :

a)   pelatihan

b)   seminar

c)   MGMP/MGP/KKG

d)   MKKS/KKKS/MKTAS

e)   studi lanjut

 

Laporan Hasil Pelatihan

 

 

 

Mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas

 

Laporan PTK/PTS

 

 

 

Mampu menciptakan  suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar

 

Sumber belajar

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

2.4

Menciptakan budaya dan iklim Sekolah/Madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.

 

Mampu membuat program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran

                                

1.RKS

 

 

 

 

 

Mampu melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran

 

.laporan Kegiatan

 

 

 

Mampu mengevaluasi  program berkaitan dengan  budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran

Laporan Hasil Evaluasi

    program

 

 

 

Mampu melaksanakan  program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran

 

Laporan Pelaksanaan Tndak  Lanjut

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

2.5

Memegang teguh tujuan  sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran.

Mampu menunjukkan konsistensi dalam  memegang teguh tujuan sekolah berkaitan  dengan  prestasi akademik dan non akademik siswa (contoh: peningkatan KKM, pengembangan extrakurikuler)

 

Nilai KKM, Program Ekstrakurikuler

 

 

 

 

Mampu menunjukkan konsistensi dalam  memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru (contoh: workshop pendidikan karakter)

 

Daftar Hadir Workshop

 

 

 

 

Mampu menunjukkan konsistensi dalam  memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (contoh: bintek efektivitas dan efisiensi kerja)

 

Daftar hadir Bimtek

 

 

 

 

Mampu menjadi contoh pemimpin pembelajaran (contoh: memodelkan pembelajaran PAIKEM, beradaptasi dengan perubahan baru dalam pembelajaran misalnya  pendidikan kewirausahaan)

 

Model pembelajaran dalam RPP

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

2.6

Melaksanakan kepemimpinan yang  inspiratif.

Mampu menerapkan kepemimpinan yang dapat memotivasi warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah (contoh: memberi apresiasi terhadap prestasi yang dicapai warga sekolah).

 1.Laporan Prestasi Guru

 

 

 

 

 

 

Mampu menerapkan kepemimpinan yang kreatif (contoh: mendorong munculnya ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan).

 

Penghijauan Lingkunganb sekolah

 

 

 

 

Mampu menerapkan kepemimpinan yang inovatif (contoh: memfasilitasi implementasi ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan)

 

Rekening Listrik

 

 

 

 

Mampu menjadi inspirasi warga sekolah berkaitan keteladanan penerapan nilai-nilai karakter (contoh; jujur, disiplin).

 

Absensi Guru

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

     

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

2.7

Membangun rasa saling percaya dan  memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat di antara warga Sekolah/Madrasah.

Mampu berkomunikasi dengan baik  dan bertindak  secara efektif  untuk membangun lingkungan kerja yang baik.

1Pembagian Tugas

 

 

 

Mampu berkomunikasi dengan baik  dan bertindak  secara efektif  untuk membangun rasa saling percaya   diantara warga sekolah.

 

 

 

 

Mampu berkomunikasi dengan baik  dan bertindak  secara efektif  untuk memfasilitasi kerja sama yang baik.

 

 

 

 

Mampu berkomunikasi dengan baik  dan bertindak  secara efektif  untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah.

 

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

2.8

Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan  Sekolah/Madrasah sebagai organisasi  pembelajar yang efektif.

Mampu menunjukkan kesungguhan dalam membuat program yang melibatkan semua warga sekolah  berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar (contoh : pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan , program remedial teaching).

 

1.RKS/Program PKB/

 

 

 

 

 

Mampu menunjukkan kesungguhan dalam melaksanakan program yang melibatkan semua warga sekolah  berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar

Laporan Kegiatan

 

 

 

 

Mampu menunjukkan kesungguhan dalam mengevaluasi program yang melibatkan semua warga sekolah.  berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar

laporan Evaluasi Program

 

 

 

 

Mampu menunjukkan kesungguhan dalam membuat  program tindak lanjut yang melibatkan semua warga sekolah  berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar.

1.Laporan Program 

   Tindak Lanjut

2.Daftar Hadir

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

2.9

Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah

Mampu menyusun program kurikulum dokumen1 (memuat mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, pendidikan kecakapan hidup, pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global), dokumen 2 ( silabus dan RPP) yang melibatkan stakeholder  sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan  sekolah.

Dokumen I, Dukumen II, SK tim Pengembang Kurikulum, Daftar Hadir penyusunan Kurikulum

 

 

 

 

Mampu melaksanakan  program kurikulum     dokumen 1 dan dokumen 2  KTSP.

Laporan Pelaksanaan KTSP

 

 

Mampu melakukan evaluasi  program kurikulum     dokumen 1 dan dokumen 2  KTSP.

 

laporan Evaluasi Program KTSP

 

 

Mampu melakukan program tindak lanjut untuk pengembangan kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2  KTSP

Laporan Tindak Lanjut

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

2.10

Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.

Mampu membuat program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal.

.

program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS, program extrakurikuler

 

 

 

Mampu melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.

 

Laporan pelaksanaan program

 

 

 

Mampu melakukan evaluasi  program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik. 

 

Hasil Evaluasi Pelaksanaan program

 

 

 

Mampu membuat   program  pengembangan tindak lanjut  yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik

Program Tindak Lanjut

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

Nilai Komponen = jumlah nilai Kriteria : 10

 

 

 

 

 

  1. C.                                                                 KOMPONEN 3 : PENGEMBANGAN SEKOLAH (PKWKS 3)

 

NO.

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI

Penilaian hasil

ya

Tidak

3.1

Menyusun rencana pengembangan Sekolah/Madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan Sekolah/Madrasah.

Mampu melibatkan semua unsur di sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/ Rencana Kerja Sekolah(RKS), dalam rangka mencapai visi,misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS) ).

 

1.SK Tim Pengembang Sekolah

 

 

 

 

Mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan sekolah.

 

Hasil Analisis SWOT

 

 

 

Mampu mengidentifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah.

 

Hasil Analisis SWOT

 

 

 

Mampu memimpin penyusunan rencana pengembangan sekolah dan membekali semua unsur di sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh: pelatihan TPS dan pembuatan EDS).

 

Daftar Hadir Pelatihan, Hasil EDS

 

 

 

      Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

3.2

Mengembangkan struktur organisasi Sekolah/Madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mampu menyusun struktur organisasi yang efektif dan efisien  sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.

 

  1.Sstruktur organisasi

   

 

 

 

Mampu menyusun deskripsi  tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.

 

 

Tupoksi

 

 

 

sian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi.   

 

hasil monitorin g

 

 

 

Mampu mengevaluasi struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah.

Hasil Evaluasi Struktur

 

 

 

      Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

 

 

3.3

Melaksanakan pengembangan Sekolah/Madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.

 

 

  1. Mampu menyususn  Program  Rencana Kerja Sekolah (RKS/RPS) yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah.

.

.Dokumen RKS, RKJM, RKT,RKAS

 

 

 

Mampu melaksanaan program Rencana Kerja Sekolah (RKS) .

 

Laporan Pelaksanaan RKS

 

 

Mampu mengevaluasi program Rencana Kerja Sekolah (RKS)

Laporan Evaluasi RKS

 

 

Mampu melaksanakan  program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah (RKS)

.Laporan Tindak lanjut RKS

 

 

 

      Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

3.4

Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan.

Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajeria (contoh: peningkatan kinerja sekolah secara efektif dan efisien dibidang. sarana.prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan serta pembiayaan).

 

 

 

Hasil Penilaian Kinerja

.

 

 

 

 

 

Mampu meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh:  peningkatan kinerja sekolah  secara efektif dan efisien dibidang standar isi, SKL, standar proses, standar penilaian).

KTSP, silabus, RPP, Bank Soal, Hasil UN

 

 

 

 

Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial.

 

 

 

 

 

 

Mampu membuat inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik.

 

 

 

 

     

       Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

3.5

Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan     Sekolah/Madrasah dengan prosedur yang tepat.

Mampu melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram (contoh: ada program monitoring  yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab).

 Program Monitoring

SK Tim Monitoring

Jadwal Monitoring

 

 

 

Mampu melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan sekolah secara terprogram(contoh: ada program evaluasi  yang memuat latar belakang, tujuan, prosedur, jadwal, penanggung jawab)

Program Evaluasi

SK Tim Evaluasi

adwal Monitoring

 

 

 

 

Mampu membuat pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah.

 

laporan pelaksanaan Program

 

 

 

Mampu membuat  sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat.(contoh: menggunakan Paket Administrasi Sekolah )

Hasil Evaluasi

 

 

 

     

       Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

3.6

Merencanakan dan menindaklanjuti hasiil monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

Mampu membuat  program tindak lanjut monitoring,evaluasi dan pelaporan (contoh: program tindak lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi, pelaporan). 

.

 1.

 

 

 

Mampu melaksanakan  program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan.

 

 

 

 

 

Mampu mengevaluasi pelaksanaan   program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan. 

 

 

 

 

 

Mampu membuat sistem  pelaksanaan   program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan (contoh: siklus penerapan paket administrasi sekolah)

 

 

 

 

     

       Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

3.7

Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja Sekolah/Madrasah.

Mampu membuat program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah (contoh: program mendatangkan nara sumber dalam membimbing workshop pembuatan PTS maupun PTK untuk  kepala sekolah dan guru, mempunyai program berkelanjutan PTS/PTK  melalui MGMP sekolah).

 

 

 

 

 

Mampu melaksanakan  penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.

 

 

 

 

Mampu membuat evaluasi program penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.

 

 

 

 

Mampu membuat  program tindak lanjut penelitian tindakan sekolah/kelas dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah.

 

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

Nilai Komponen = jumlah nilai Kriteria : 10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


  1. D.                                                                   KOMPONEN 5 : KEWIRAUSAHAAN (PKWKS 4)

 

NO.

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI

Hasil Penilaian

 

 

 

 

Ya

Tidak

4.1

Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah.

Mampu memfasilitasi kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah (contoh: memfasilitasi guru dalam pembelajaran PAIKEM, memfasilitasi tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi).

.

DOK.WORKSHOP PIAKEM

 

 

 

Mampu menerapkan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah.

 

DAFTAR HADIR

 

 

 

Mampu membudayakan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah

PENGAMATAN

 

 

 

Mampu mengembangkan budaya kreatif, inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah

WAWANCARA

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

4.2

\

Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran.

Mampu memberikan contoh  kedisiplinan dan  kinerja guru untuk mewujudkan visi dan misi sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh:  contoh mengajar PAIKEM, ada kemauan yang kuat untuk mengembangkan diri, pelatihan kepemimpinan, belajar dari kepala sekolah yang sukses).                                 

  • PENGAMATAN
  • WAWANCARA
  • DOKUMEN  SEMINAR,KTI

 

 

Mampu aktif dalam forum  pertemuan ilmiah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh: seminar pendidikan, karya tulis ilmiah).

 

 

 

 

Mampu aktif dalam  forum musyawarah/ kelompok kerja kepala sekolah, MGMP dan organisasi profesi  lainnya.

 

 

 

 

Mampu memberikan keteladanan dan aktif  dalam pengembangan keprofesian  berkelanjutan (contoh: ada karya inovasi pendidikan, publikasi ilmiah, pengembangan diri)

 

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

4.3

Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Mampu memotivasi  diri  dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil kepala sekolah(contoh:  antusias dalam melaksanakan tugas sebagai guru, wakil kepala sekolah).

.

pengamatan

wawancara

 

 

Mampu memotivasi   siswa  untuk  sukses. (contoh: menjadi contoh dalam berkata,bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian, betutur kata positif).

 

pengamatan

wawancara

 

 

Mampu memotivasi  guru dalam melaksanakan pembelajaran. (contoh: menjadi contoh dalam berkata, bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan, memberi pujian,  betutur kata positif).

 

pengamatan

wawancara

 

 

Mampu memotivasi tenaga administrasi sekolah   dalam bekerja. (contoh: menjadi contoh dalam bersikap dan bertindak yang memotivasi misal memberi dorongan,  memberi pujian,  betutur kata positif)

pengamatan

wawancara

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

4.4

 

 

 

Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi Sekolah/Madrasah.

Mampu berperilaku konsisten dan pantang menyerah dalam menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah (contoh: menegakkan kedisiplinan  dalam menangani guru dan karyawan yang tingkat kehadirannya rendah).

.

pengamatan

wawancara

 

 

Mampu mengatasi dan menemukan solusi terbaik dalam setiap permasalahan yang dihadapi sekolah (contoh: menangani konflik antar guru, konflik antar siswa).

 

 

 

 

 

Mampu mengembangkan budaya  konsisten dan pantang menyerah dalam  mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi sekolah.

 

 

 

 

Mampu mengembangkan budaya silaturahmi, kekeluargaan dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan di sekolah

 

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

4.5

Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan Sekolah/Madrasah.

  1. Mampu mengembangkan sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip: Inovatif dan kreatif.

.

pengamatan

wawancara

 

 

Kemandirian dan rasa percaya diri yang kuat.

 

pengamatan

wawancara

 

 

Kerja keras dan pantang menyerah.

 

pengamatan

wawancara

 

 

Tanggap pada perubahan dan berorientasi masa depan berdasar pada visi, misi, dan tujuan sekolah

pengamatan

wawancara

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

 

Nilai Komponen = jumlah nilai Kriteria : 5

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. E.                                                                 KOMPONEN 5 :  BIDANG AKADEMIK (PKWKS 5a)

 

NO.

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI

Hasil Penilaian

ya

tidak                        

5.1

Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.

Mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal( contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,ciri-ciri programnya menjawab  5W+1H)  

program pengelolaan

 

 

 

Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal).     

Laporan Pelaksanaan program

 

 

Mampu membuat  evaluasi pelaksanaan  program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.

Hasil Evaluasi Program

 

 

Mampu membuat program tindak lanjut  pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.

program tindak lanjut

 

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

5.2

Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran.

Mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah(contoh : ada inovasi alat peraga pembelajaran,multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen sekolah).   

  • Dok. ALAT PERAGA
  •  
  •  
  •  
   

 

Mampu memfasilitasi guru memanfaatkan  teknologi secara efektif  dalam kegiatan pembelajaran(contoh:pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga pembelajaran,memfasilitasi penggunaan OHP,LCD dan multimedia).   

  • DOKUMEN WORKSHOP PELATIHAN ICT

 

 

 

 

 

Mampu memfasilitasi  tenaga administrasi sekolah   memanfaatkan teknologi secara efektif    dalam menyelesaikan pekerjaan  administrasi sekolah(contoh: pemanfaatan komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah).

  • PENGAMATAN
  • SEKOLAH PUNYA WEB

 

 

 

 

 

Mampu memfasilitasi guru dan   tenaga administrasi sekolah  dalam kreatifitas , inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan

JARINGAN INTERNET

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

5.3

Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

Mampu menyusun   program tahunan supervisi akademik dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru yang meliputi.

1.Fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar.

2. Jadwal pelaksanaan dan istrumen supervisi akademik

3.Dikomunikasikan pada bulan pertama di awal tahun.

4. Pendelegasian dan pembagian tugas supervisor kepada  guru senior.

PROGRAM SUPERVISI

 

JADWAL  SUPERVISI

 

SK SEPERVISOR SUPERVISI

 

DOKUMEN SUPERVISI YANG TELAH DIREVISI

 

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

5.4

Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.

Mampu membagi tugas pelaksanaan supervisi akademik kepada wakil dan guru senior yang memenuhi syarat(contoh: membuat Tim pelaksana supervisi akademik, menugaskan wakil dan guru senior yang sesuai dengan mata pelajaran dan pangkatnya lebih tinggi).

   .

  • SK TIM SUPERVISI
  •  
  •  
  •  
   

 

Mampu menerapkan prosedur , pendekatan, dan teknik supervisi yang tepat(contoh:ada pra observasi, observasi, dan post observasi).

 

JADWAL  SUPERVISI

 

 

 

 

Mampu mengembangkan instrumen supervisi yang relevan dengan tuntutan perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum dari pemerintah(contoh: ada muatan nilai-nilai karakter)

INSTRUMEN SUPERVISI

 

 

 

Mampu mengevaluasi pelaksanakan supervisi akademik

Hasil Evaluasi

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

 

5.5

 Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervis  akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

  1. 1.  Mampu memanfaatkan hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka evaluasi program sekolah di bidang akademik(contoh : evaluasi pengembangan silabus yang terintegrasi dengan nilai karakter, alokasi dana penambahan alat peraga dan  multimedia).

 

 

  • LAPORAN HASIL SUPERVISI
  •  
  •  
  •  
   

 

 

Mampu menindaklanjuti  hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru (contoh: efektifitas metode pembelajaran, relevansi media pembelajaran, efektifitas teknik penilaian).

 

  • PROGRAM TINDAK LANJUT SUPERVISI

 

 

 

 

 

Mampu menindaklanjuti  hasil penilaian supervisi akademik dengan  mengefektifkan dan lebih mengaktifkan MGMP   sekolah, mengirim guru dalam pelatihan-pelatihan

  • DOKUMEN  GURU YANG IKUT MGMP

 

 

 

 

 

Mampu menindaklanjuti  hasil penilaian supervisi akademik dengan menyelenggarakan  workshop dan mengundang nara sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik

PENGAMATAN

WAWANCARA

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

 

Nilai Komponen = jumlah nilai Kriteria : 5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. F.                                                              KOMPONEN 5b :  BIDANG KESISWAAN (PKWKS 5b)

 

NO.

KRITERIA

INDIKATOR

Bukti

Hasil Penilaian

ya

tidak

5.1

1. Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal sesuai minat dan bakat masing‐masing.

Mampu membuat program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal(contoh : program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS ,program extrakurikuler)

  • PROGRAM KESISWAAN
  •  

 

 

 

Mampu melaksanakan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik.

  • PENGAMATAN
  •  

 

 

 

Mampu melakukan evaluasi  program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik

  • WAWANCARA

 

 

 

Mampu membuat   program  pengembangan tindak lanjut  yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik

  •  

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

  •  
  •  
 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

5.2

2. Mengelola layan an‐layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendu kung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/ madrasah.

Mampu membuat  program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah(contoh program: ada latar belakang, tujuan , jenis layanan misal koperasi sekolah, kantin kejujuaran, kotak saran, ada prosedur operasional, ada penanggung , ada pembiayaan)   

program layanan khusus

`

 

 

 

 

Mampu melaksanakan program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah.

program evaluasi

 

 

 

 

Mampu membuat  evaluasi  program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah

program tindak lanjut

 

 

 

 

 

Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi  program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah

pengamatan

wawancara

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

5.3

Melaksanakan bimbingan kegiatan kegiatan kesiswaan.

        Mampu membuat satuan tugas  kepada guru  pembimbing OSIS baik intrakurikuler maupun extrakurikuler(contoh, Kelompok Ilmiah Remaja, OSN,O2SN , pramuka, keagamaan, dan lainnya) yang meliputi.

1. Pelaksanaan kegiatan.

2. Efektifitas kegiatan.

3.Kompetisi kegiatan.

4. Pelaporan .

job-description

pengamatan

wawancara

program ekskul

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

5.4

Menegakkan disiplin dan tata tertib siswa.

Mampu menegakkan disiplin  dan tata tertib siswa.                                                           1. Menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa .      

 2. Memberi teladan kedisiplinan dan mematuhi tata tertib  sekolah.  

  1.  3.  Konsisten  dalam menegakkan  kedisiplinan dan mematuhi tata tertib  sekolah.                                                                 4.  Mendahulukan  pemberian penghargaan dari pada hukuman.

PENGAMATAN

WAWANCARA

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. G.                                                                KOMPONEN  5 c:  BIDANG SARANA DAN PRASARANA (PKWKS 5c)

 

NO.

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI

 

 

5.1

Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana Sekolah/Madrasah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.

Mampu membuat program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran( contoh: latar belakang pengelolaan dan pendayagunaan, apa tujuannya, bagaimana mekanisme dan prosedurnya,ciri-ciri programnya menjawab  5W+1H)  

PROGRAM PENGELOLAAN SARPRAS

 

 

 

Mampu melaksanakan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana  sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran

 

 

 

Mampu membuat  evaluasi pelaksanaan  program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana  sekolah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran

 

 

 

Mampu membuat program tindak lanjut  pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah secara  optimal untuk kepentingan pembelajaran

 

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

5.2

Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan.

Mampu membuat program  berwawasan lingkungan  yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan(contoh program: ada latar belakang ,tujuan, ada jadwal, ada lokasi, ada penanggung jawab, ada prosedur kerja, ada pembiayaannya).

PROGRAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN

PENGAMATAN

WAWANCARA

 

 

 

Mampu melaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan

 

 

 

 

Mampu membuat evaluasi pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan.  

 

 

 

 

 

 

Mampu membuat  program tindak lanjut dari hasil evaluasi  pelaksanaan  program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan

 

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

5.3

3.     Mengelola sistem informasi Sekolah/Madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

1. Mampu membuat program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan( contoh program : ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas , ada pembiayaan)

  • PROGRAM SIM SEKOLAH
  • PENGAMATAN
  • WAWANCARA

 

 

Mampu melaksanakan program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

Laporan Pelaksanaan

 

 

Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

Hasil Evaluasi

 

 

Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

Program Tindak Lanjut

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Indikator Kinerja

 

 

 

       Nilai Kriteria = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. H.                                                                KOMPONEN 5d :  BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT (PKWKS 5d)

 

NO.

KRITERIA

INDIKATOR

BUKTI

 

 

 

 

 

 

 

 

5.1

Membangun jejaring kerjasama dengan pihak luar.

Mampu menjalin  kerja sama dengan alumni sekolah.

DAFTAR ALUMNI

 

 

 

 

Mampu menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri. 

program kerjasama, dunia usaha,lsm,pihak keamanan

 

 

 

Mampu menjalin kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat  di lingkungan sekolah dan lembaga swadaya masyarakat

 

PROGRAM KERJASAMA, DUNIA USAHA,LSM,PIHAK KEAMANAN

 

 

 

 

Mampu menjalin kerja sama dengan pihak keamanan dan mass media.

NOTA KERJASAMA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.2

Mengelola hubungan Sekolah/Madrasah
dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/ madrasah.

Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat

pengamatan

wawancara

laporan kegiatan

 

 

Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah,swasta,Dunia Usaha Dunia Industri( DUDI),  dan masyarakat

 

 

 

Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat

 

 

 

Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.3

Mempublisasikan kebijakan, program sekolah dan prestasi sekolah pada pihak diluar sekolah.

Mampu membuat program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan( contoh program : ada latar belakang, ada tujuan, ada jadwal, ada prosedur kerja, ada pembagian tugas , ada pembiayaan)

program sim sekolah

pengamatan

wawancara

 

 

Mampu melaksanakan program  sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

Laporan Pelaksanaan program

 

 

Mampu membuat evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

Evaluasi hasil Pelaksanaan Program

 

 

Mampu membuat program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

Program Tindak Lanjut Hasil Evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Gambar

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: