INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) SEBAGAI KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG)

 SEBAGAI KEPALA PERPUSTAKAAN

 SEKOLAH/MADRASAH

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       :……………………………………………………………………….. NIP                                                :……………………………………………………………………….. Pangkat/golongan ruang/TMT   :……………………………………………………………………….. Jabatan                                                :……………………………………………………………………….. Unit Kerja                                                :………………………………………………………………………..

 

Menyatakan bahwa :

Nama                                       :……………………………………………………………………….. NIP                                                :……………………………………………………………………….. Pangkat/golongan ruang/TMT   :……………………………………………………………………….. Jabatan                                                :……………………………………………………………………….. Unit Kerja                                                :………………………………………………………………………..

 

Telah melakukan kegiatan tugas tambahan sebagai Kepala Perpustakaan sekolah/madrasah  

dengan Nilai :   ……..  (                             )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

……………, ……………………………

 

 

 

Guru yang dinilai                                Penilai                                 Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU SEBAGAI KEPALA PERPUSTAKAAN

NO

KOMPONEN

INDIKATOR

BUKTI

YA

TIDAK

I. KOMPETENSI MANEJERIAL

1

Merencanakan program perpustakaan sekolah/madrasah

Merencanakan program  pengembangan koleksi.

Program jangka menengah dan panjang

 

 

Merencanakan pengembangan sarana dan prasarana

Dokumen skala prioritas

 

 

 

Merencanakan pengembangan SDM tenaga perpustakaan

 

Program anggarannya

 

 

 

Merencanakan anggaran

Dokumen sumber anggaran

 

 

 

Merencanakan program promosi perpustakaan

Program rencana penegembangan promosi

 

 

Merencanakan pengembangan program Kualifikasi tenaga perpustakaan.

Hasil analisis kualifikasi pustakawan

 

 

 

Merencanakan pengembangan program kompetensi tenaga perpustakaan sekolah

Hasil analisis kompetensi pustakawan

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

2

Melaksanakan program perpustakaan sekolah/madrasah

Melaksanakan program pengembangan Koleksi

Dokumen hasil analisis kebutuhan kepustakaan

 

 

 

pengembangan sarana dan Prasarana Melaksanakan

 

Dukumen kebijakan pengembangan sarana dan prasarana

 

 

Melaksanakan pengembangan SDM tenaga Perpustakaan

 

Dokumen syarat-syarat SDM tenaga kepustakaan

 

 

Merealisasikan anggaran sesuai dengan program

 

Dokumen realisasi anggaran

 

 

 

Menginventarisasi buku-buku/koleksi perpustakaan

 

Buku induk perpustakaan

 

 

 

Mengawasi keluar masuknya buku/koleksi dari peminjam

 

Aturan peminjaman

 

 

 

Mengoptimalkan pembuatan katalog

Katalog sesuai dengan AACR2

 

 

 

Mengoptimalkan penyusunan atau penempatan buku-buku/koleksi sesuai dengan sistem klasifikasi

 

Tanda buku jelas

 

 

 

 

 

Mendata pengunjung dan pengguna perpustakaan dalam bentuk grafik

 

Buku kunjungan dan grafik

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

3

Mengevaluasi program perpustakaan sekolah/madrasah

Mengevaluasi program pengembangan Koleksi

 

Program evaluasi tahunan

 

 

 

Mengevaluasi pengembangan sarana dan Prasarana

 

Perencanaan jangka pangjang bidang sarpras

 

 

 

Mengevaluasi pengembangan SDM tenaga Perpustakaan

 

Hasil evaluasi pelaksanaan

 

 

Mengevaluasi  anggaran sesuai dengan program

 

Laporan daya serap anggaran

 

 

 

Mengevaluasi isi buku-buku/koleksi perpustakaan

 

Kriteria evaluasi buku

 

 

 

Mengevaluasi keluar masuknya buku/koleksi dari peminjam

 

Sistem serkulasi peminjaman dan pengembalian buku

 

 

 

Mengevaluasi  pembuatan katalog

 

Program kerja unit katalog

 

 

 

Mengevaluasi penyusunan atau penempatan buku-buku/koleksi sesuai dengan sistem klasifikasi

Katalog selflist

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

4

Mengembangkan koleksi perpustakaan sekolah/madrasah

Menyusun Pengembangan Koleksi (Collection Development Policy)

Analisis skala prioritas

 

 

 

Menggunakan berbagai alat bantu seleksi untuk pemilihan bahan perpustakaan

Katalog penerbit

 

 

 

Melakukan survey kebutuhan koleksi pengguna perpustakaan

Dokumen hasil survey

 

 

 

Menyeleksi koleksi sesuai dengan Kebijakan Pengembangan Koleksi

Daftar judul koleksi

 

 

 

Mengkoordinasi pemilihan bahan perpustakaan bekerjasama dengan tenaga pendidik/guru bidang studi

Bukti permintaan dari guru

 

 

 

Memilih koleksi yang beragam yang memenuhi kebutuhan kurikulum

Daftar judul koleksi

 

 

 

 

 

Melakukan pengadaan bahan perpustakaan.

 

Daftar pembelian koleksi

 

 

 

Mendayagunakan teknologi informasi untuk keperluan perawatan bahan perpustakaan

Daftar-daftar bahan pustaka

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

II. KOMPETENSI PENGELOLAAN INFORMASI

5

Mengorganisasi layanan jasa informasi perpustakaan

Mengorganisasi penyusunan deskripsi bibliografis (pengkatalogan) sesuai dengan standar AACR (Anglo-AmericanCataloging Rules)

Alat bantu buku AACR

 

 

 

Mengorganisasi penentuan klasifikasi Menggunakan Dewey Decimal Classification

Draf penentuan klasifikasi

 

 

 

Mengorganisasi penentuan tajuk subyek

Draf penetuan subjek verbal

 

 

 

Mengorganisasi pengelolaan data bibliografis

 

Katalog pengarang dan judul

 

 

 

Mengorganisasi pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi untuk pengorganisasian dan penelusuran informasi

Pangkalang data bibliografi

 

 

 

Mengorganisasi penyusunan program Layanan jasa informasi

 

Program kerja layanan jasa informasi

 

 

 

Mengorganisasi penyelenggaraan layananJasa sirkulasi

 

Data peminjaman

 

 

 

Mengorganisasi bimbingan penggunaan perpustakaan bagi pengguna perpustakaan (User instruction)

Hasil evaluasi dan laporan

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

6

Menerapkan teknlogi informasi dan Komunikasi

Melakukan analisis kebutuhan informasi Pengguna perpustakaan

Data analisis kondisi jumlah komputer

 

 

 

Melaksanakan penerapan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan

Tersedia perangkat komputer

 

 

 

 

 

Membimbing pengguna perpustakaan dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam memfasilitasi proses belajar mengajar

Daftar hasil

 

 

Membantu pengguna perpustakaan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (internet)

Jaringan internet

 

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

III. KOMPETENSI KEPENDIDIKAN

7

Mempromosikan perpustakaan dan literasi informasi

Mengidentifikasi kemampuan dasar Literasi informasi pengguna perpustakaan sekolah

Laporan survey

 

 

 

Menyusun panduan materi bimbingan Literasi informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna

Modulasi

 

 

 

Membimbing pengguna mencapai Kemampuan literasi informasi

Program pelaksanaan bimbingan literasi informasi

 

 

 

Mempromosikan kegiatan minat baca komunitas sekolah/madrasah

 

Program promoisi

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

8

Mengembangkan kegiatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar kependidikan

Mengembangkan visi dan misi perpustakaan sekolah berdasarkan tujuan dan fungsi sekolah/madrasah dalam konteks pendidikan nasional

Rumusan visi dan misi

 

 

 

Mengembangkan program perpustakaan sekolah dalam mendukung pelaksanaan kurikulum

Dokumen pengembangan

 

 

 

Mengembangkan pedoman perpustakaan sebagai sumber belajar

 

Pedoman perpustakaan

 

 

 

Mengembangkan pedoman belajar mandiri

 

Poster dan brosur

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

IV.  KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL

9

Memiliki integritas dan etos kerja

Kedisiplinan

 

Tata terttib

 

 

Kerapian

 

Rambu-rambu kerapian

 

 

 

Kesopanan/kesantunan/keramahan

 

Tata terbit

 

 

 

Kepedulian

 

Even perpustakaan

 

 

 

Berinteraksi dengan komunitas sekolah/madrasah

 

Denah pustaka

 

 

 

Bekerjasama dengan guru dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah/madrasah

File media dan soal-soal

 

 

 

Membangun komunikasi dengan komunitas sekolah/madrasah

Buletin pustaka

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

V. KOMPETENSI PENGEMBANGAN PROFESI

10

Mengembangkan profesionalitas Kepustakawanan

Membuat karya tulis di bidang ilmu

perpustakaan dan informasi

Laporan karya tulisan

 

 

 

Membuat resensi/resume buku

Karya resensi buku

 

 

 

Membuat indeks

Daftar indek

 

 

 

Jumlah Pernyataan Ya untuk Komponen Kinerja

 

 

Nilai Komponen = Jumlah ya : Total Bukti X 100% ; [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

 

 

Total Nilai Komponen

 

 

Konversi Nilai Kinerja Guru Sebagai Kepala Perpustakaan ke Skala 100 (Permenneg  PAN dan RB No.16 Tahun 2009 Pasal 15)  NK = Total Nilai Komponen : 40 X 100

 

 

Kategori Nilai Kinerja Guru Sebagai Kepala Perpustakaan

 

 

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: