Contoh RPP Pddk Karakter

Contoh

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA. : ……………………………………….
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh
• Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa,kisah, ilmu, dan seni
Alokasi Waktu : 2×45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca buku tentang sejarah siswa dapat mendeskripsikan pengertian sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni (gemar membaca)
2. Setelah berdiskusi, siswa dapat memberikan pendapat dalam kerja kelompok di kelas mengenai contoh kejadian/peristiwa sejarah yang terjadi pada kehidupan masyarakatnya (bersahabat/komunikatif)
3. Setelah berdiskusi, siswa dapat Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas mengenai perbedaan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni

B. Materi Pembelajaran
Pengertian sejarah sebagai
• Peristiwa
• Kisah
• Ilmu
• Seni

C. Metode dan Model Pembelajaran
Metode : diskusi ( jigsaw) dan penugasan
Model : Living History

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (15’)

• Guru memeriksa kehadiran siswa dengan menanyakan siswa yang tidak hadir (disiplin)
• Apersepsi:
• Siswa memperhatikan guru yang menanyakan pengalaman pribadi peserta didik yang berkesan (pertanyaan sederhana digali terus oleh guru sehingga jawaban siswa mengarah pada topic yang akan dibahas) (Rasa Ingin Tahu)
• Siswa memberikan jawaban atas pertanyaan guru pada kegiatan apersepsi tersebut di atas (kreatif)
• Siswa diberi kesempatan memberikan pertanyaan kepada guru pada kegiatan apersepsi (rasa ingin tahu)

• Selanjutnya siswa menyimak penjelasan guru mengenai topic/tujuan pembelajaran yang akan dibahas (rasa ingin tahu)

2. Kegiatan Inti (65’)

• Siswa dikelompokan ke dalam empat kelompok sesuai dengan materi yang akan dibahas , yaitu sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni.
• Melalui pendekatan living history siswa secara berkelompok menelusuri, mengelompokkan suatu peristiwa sejarah yang ada di lingkungan sekitar kehidupan masyarakatnya yang kemudian menghubungkannya sesuai dengan bidang kajian, yaitu bagaimana peristiwa itu terjadi, bagaimana mengisahkannya, bagaimana menelusurinya, dan apa seninya? (kerja keras)
• Setiap kelompok secara bergiliran menyampaikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas, dan kelompok lain memberikan tanggapan/komentar (bersahabat/komunikatif).
• Siswa menyimak penjelasan guru mengenai inti materi yang didiskusikan
• Siswa diberi kesempatan bertanya mengenai materi yang telah dibahas (demokratis/rasa ingin tahu)
• Sebelum dijawab oleh guru, siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut (demokratis)
• Guru memberikan penguatan melalui pujian atas pertanyaan dan jawaban yang disampaikan oleh siswa (cinta damai)

3. Kegiatan Penutup (10’)

• Siswa bersama guru menyimpulkan isi materi yang telah dibahas
• Sebagai bahan refleksi, guru meminta siswa untuk mengungkapkan perasaan mereka sewaktu belajar (menghargai prestasi)
• Siswa mengutarakan perasaan tentang pembelajaran yang di alami (jujur)
• Siswa memperhatikan tindak lanjut guru mengenai tugas untuk pelajaran berikutnya (gemar membaca/rasa ingin tahu)

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Sejarah SMA kelas X, dan buku lainnya yang relevan (pengayaan)

F. Penilaian
• Jenis tes : Penilaian Proses

Berikut ini lembar penilaian diskusi :

Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi : …………………………………………………….

No Sikap/Aspek yang dinilai Nama Kelompok
didik Nilai Ket
Penilaian kelompok

1. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
2 Kerjasama kelompok
3 Hasil tugas

Jumlah Nilai Kelompok

Penilaian Karakter: (pengamatan dan anecdotal record)

Nama Siswa Gemar Membaca Komunikatif Rasa Ingin Tahu …..
BT MT MB MK
………………..
………………..
………………..
………………..
………………..
………………..
dst

Ket:

BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten)

Mengetahui, Rantau Selamat , Oktober 2011
Kepala SMA …………………….. Guru Mata Pelajaran

………………………………………. …………………………………..

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: