PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

Bahan Ajar vs. Buku Teks

Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam KBM.

Buku teks merupakan sumber informasi yang disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu

Bahan ajar
Menimbulkan minat baca
Ditulis dan dirancang untuk siswa
Menjelaskan tujuan instruksional
Disusun berdasar kan pola belajar yang fleksibel
Struktur berdasarkan kebutuhan siswa dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
Memberi kesempatan pada siswa untuk berlatih
Mengakomodasi kesulitan siswa
Memberikan rangkuman
Gaya penulisan komunikatif dan semi formal
Kepadatan berdasar kebutuhan siswa
Dikemas untuk proses instruksional
Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa
Menjelaskan cara mempelajari bahan ajar.

Buku teks :
Mengasumsikan minat dari pembaca
Ditulis untuk pembaca (guru, dosen)
Dirancang untuk dipasarkan secara luas
Belum tentu menjelaskan tujuan instruksional
Disusun secara linear
Stuktur berdasar logika bidang ilmu
Belum tentu memberikan latihan
Tidak mengantisipasi kesukaran belajar siswa
Belum tentu memberikan rangkuman
Gaya penulisan naratif tetapi tidak komunikatif
Sangat padat
Tidak memilki mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pembaca.

Jenis Bahan Ajar
Lembar informasi (information sheet)
Operation sheet
Jobsheet
Worksheet
Handout
Modul

Apakah modul itu ?

Pengertian Modul
Modul merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya.

Tujuan Penulisan Modul
1.Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.
2.Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik siswa atau peserta diklat maupun guru/instruktur.
3.Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti :
– Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi siswa atau peserta diklat;
– Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
memungkinkan siswa atau peserta diklat belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
– Memungkinkan siswa atau peserta diklat dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.

Kaidah Penulisan Modul

KARAKTERISTIK MODUL
– Self instructional
Peserta diklat mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.
– Self Contained
Seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh

– Stand alone
modul manual/multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain

– Adaptif
Modul hendaknya memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi

– User friendly
Modul hendaknya juga memenuhi kaidah bersahabat/akrab dengan pemakainya

MODUL
Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metoda, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri.
digunakan secara mandiri, belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing individu secara efektif dan efesien.
memiliki karakteristik stand alone yaitu modul dikembangkan tidak tergantung pada media lain
bersahabat dengan user atau pemakai, membantu kemudahan pemakai untuk direspon atau diakses.
mampu membelajarkan diri sendiri.
Tujuan antara dan tujuan akhir modul harus dirumuskan secara jelas dan terukur,
materi dikemas dalam unit-unit kecil dan tuntas
, tersedia contoh-contoh, ilustrasi yang jelas
tersedia soal-soal latihan, tugas, dan sejenisnya
materinya up to date dan kontekstual,
bahasa sederhana lugas komunikatif,
terdapat rangkuman materi pembelajaran,
tersedia instrument penilaian yang memungkinkan peserta diklat melakukan self assessment.
mengukur tingkat penguasaan materi diri sendiri,
terdapat umpan balik atas penilaian peserta diklat,
terdapat informasi tentang rujukan/pengayaan/referensi yang mendukung materi

MODUL Dipergunakan oleh ORANG LAIN
bukan untuk PENULIS !!!

BENTUK MODUL

1. Konsistensi
Dalam penggunaan :

FONT
SPASI
TATA LETAK (LAYOUT)

2. Format
Format kolom tunggal atau multi
Format kertas vertikal atau horisontal
Icon yang mudah ditangkap

3. Organisasi
Tampilkan peta/bagan
Urutan dan susunan yang sistematis
Tempatkan naskah, gambar dan ilustrasi yang menarik
Antar bab, antar unit dan antar paragraph dengan susunan dan alur yang mudah dipahami
Judul, sub judul (kegiatan belajar), dan uraian yang mudah diikuti

4. Daya Tarik
Mengkombinasikan warna, gambar (ilustrasi), bentuk dan ukuran huruf yang serasi
Menempatkan rangsangan-rangsangan berupa gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau warna.
Tugas dan latihan yang dikemas sedemikian rupa.

5. Bentuk dan Ukuran Huruf
Bentuk dan ukuran huruf yang mudah dibaca
Perbandingan huruf yang proporsional
Hindari penggunaan huruf kapital untuk seluruh teks

6. Ruang (spasi kosong)
Gunakan spasi atau ruang kosong tanpa naskah atau gambar untuk menambah kontras penampilan modul

KERANGKA MODUL
Halaman Sampul
Halaman Francis
Kata Pengantar
Daftar Isi
Peta Kedudukan Modul
Glosarium

I. PENDAHULUAN
A.Deskripsi
B.Prasarat
C.Petunjuk Penggunaan Modul
1.Penjelasan Bagi Peserta diklat
2.Peran Guru Antara Lain
D.Tujuan Akhir
E.Kompetensi
F.Cek Kemampuan

II. PEMBELAJARAN
A.Rencana Belajar Peserta diklat
B.Kegiatan Belajar
1.Kegiatan Belajar
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
b. Uraian Materi
c. Rangkuman
d. Tugas
e. Tes Formatif
f. Kunci Jawaban Formatif
g. Lembar Kerja
2. Kegiatan Belajar 2

3. Kegiatan Belajar n

III. EVALUASI
A.Kognitif Skill
B.Psikomotor Skill
C.Attitude Skill
D.Produk/Benda Kerja Sesuai Kriteria Standart
E.Batasan Waktu Yang Telah Ditetapkan
F.Kunci Jawaban

IV. PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: