Pembelajaran PKn untuk Warga Negara Demokratis

Pembelajaran PKn untuk Warga Negara Demokratis

 

Untuk mencapai tujuan PKn dengan paradigma baru perlu disusun materi dan model pembelajaranyang sejalan dengan tuntutan dan harapan PKn yakni mengembangkan kecerdasan warga negara(civic intelligence) dalam dimensi spiritual, rasional, emosional dan sosial, mengembangkan   tanggung  jawab  warga  negara  (civic  responsibility),  serta  mengembangkan  anak  didikberpartisipasi  sebagi  warga  negara  (civic  participation)  guna  menopang  tumbuh  danberkembangnya warga negara yang baik.Pembelajaran PKn selayaknya dapat membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilanintelektual yang memadai serta pengalaman praktis agar memiliki kompetensi dan efektivitasdalam berpartisipasi. Oleh karena itu, ada dua hal yang perlu mendapat perhatian guru atau calonguru  dalam  mempersiapkan  pembelajaran  PKn  di  kelas,  yakni  bekal  pengetahuan  materipembelajaran dan metode atau pendekatan pembelajaran.Materi PKn dengan paradigma baru dikembangkan dalam bentuk standar nasional PKn yangpelaksanaannya berprinsip pada implementasi kurikulum terdesentralisasi. Ada empat isi pokokpendidikan kewarganegaraan, yakni:

(1) Kemampuan dasar dan kemampuan kewarganegaraansebagai sasaran pembentukan;

(2) Standar materi kewarganegaraan sebagai muatan kurikulumdan  pembelajaran;

(3)  Indikator  pencapaian  sebagai  kriteria  keberhasilan  pencapaiankemampuan; dan

(4) Rambu-rambu umum pembelajaran sebagai rujukan alternatif bagi paraguru.

PKn  dengan  paradigma  baru  bertumpu  pada  kemampuan  dasar  kewarganegaraan (civiccompetence) untuk semua jenjang. Sedangkan pembelajaran partisipatif yang berbasis portofolio(Portfolio-based learning) merupakan alternatif utama guna mencapai tujuan PKn tersebut.Portofolio adalah suatu kumpulan pekerjaan siswa dengan maksud tertentu dan terpadu yangdiseleksi  menurut  panduan-panduan  yang  ditentukan.  Portofolio  dalam  pembelajaran  PKnmerupakan kumpulan informasi yang tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana kelassiswa berkenaan dengan suatu isu kebijakan publik yang telah diputuskan untuk dikaji mereka,baik dalam kelompok kecil maupun kelas secara keseluruhan. hal-hal yang telah dipelajari siswaberkenaan dengan suatu masalah yang telah mereka pilih.Pembelajaran PKn yang berbasis portofolio memperkenalkan kepada para siswa dan mendidikmereka dengan beberapa metode dan langkah-langkah yang digunakan dalam proses politik.Pembelajaran  ini  bertujuan  untuk  membina  komitmen  aktif  para  siswa  terhadapkewarganegaraannya dan pemerintahannya.Langkah-langkah  pembelajaran  PKn  yang  berbasis  portofolio  meliputi:

(1)  Mengidentifikasimasalah yang akan dikaji;

(2) Mengumpulkan dan menilai informasi dari berbagai sumberberkenaan  dengan  masalah  yang  dikaji;

(3)  Mengkaji  pemecahan  masalah;

(4) Membuatkebijakan publik;

(5) Membuat rencana tindakan.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: