Format Rekomendasi EDS SMPN 2 Rantau Selamat Kab. Aceh Timur

Penyusun:

Tim Pengembang Sekolah(TPS) SMPN 2 Rantau Selamat

LEMBAR PENGESAHAN

SMPN 2 Rantau Selamat  telah menyusun Rekomendasi Evaluasi Diri Sekolah yang dilakukan oleh Tim Pengembang Sekolah dengan berdasarkan Laporan Evaluasi Diri SMPN 2 Rantau Selamat.

Rantau Selamat, 11 Juli 2011

Ketua Komite                                                                  Kepala Sekolah

Zainuddin                                                                        Zainuddin, S.Pd

NIP. 197003012000121003

DAFTAR ISI

Nomor

Bagian

Halaman

Lembar Pengesahan

Kata Pengantar

Pendahuluan

1.

Standar Isi

2.

Standar Proses

3.

Standar Kompetensi Lulusan

4.

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

5.

Standar Sarana dan Prasarana

6.

Standar Pengelolaan

7.

Standar Pembiayaan

8.

Standar Penilaian

REKOMENDASI EDS UNTUK RKS

Nama Sekolah                    : SMPN 2 Rantau Selamat

Alamat                                  : Jln. Bayeun-Alue Kaul Km.26 Dusun Bari Desa Alue Kaul

Kecamatan                          : Rantau Selamat

Kabupaten                          : Aceh Timur

Provinsi                               : Aceh

NO

STANDAR

TAHAPAN PENGEMBANGAN

REKOMENDASI

1

2

3

4

1

STANDAR ISI

 

 

 

 

 

1.1.

Kurikulum sudah sesuai dan relevan

1.1.1.   Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.

   

1.Sekolah kami akan mengupayakan semua RPP tersedia untuk semua mata pelajaran.

2.Sekolah kami akan membentuk Tim Pengembang kurikulum. 1.1.2.   Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.

1. Sekolah kami akan mengupayakan penyusunan kurikulum muatan lokal melibatkan kepala sekolah, pendidik, dan komite sekolah. 

2.Sekolah kami akan memprogramkan karakter dalam kurikulum yang terintegrasi seluruhnya dalam silabus setiap mata pelajaran. 1.1.3.   Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.

 

Sekolah kami akan memprogramkan kegiatan remedial dan pengayaan secara sistematis.

1.2.


 

Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

1.2.1.        Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

 

 

 

Sekolah kami memerlukan 2 orang guru BP/BK.

1.2.2.        Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

 

 

Sekolah kami akan memprogramkan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler berdasarkan kebutuhan peserta didik.

2

STANDAR PROSES

2.1.

Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar

2.1.1.     Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.

 

Sekolah kami akan mengupayakan semua mata pelajaran memiliki silabus.

 

2.1.2.    Pengembangan Silabus dilakukan guru secaramandiri atau berkelompok.

 

Sekolah kami akan mengupayakan agar semua guru mereviu silabus setiap tahun.

2.2.

RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik 

2.2.1.      Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.

 

 

1.Sekolah kami akan memprogramkan agar 100% (20 orang) guru menyusun RPP dan mereviu setiap tahun.

2.Sekolah kami akan memprogramkan agar 100% (20 orang) guru menyusun prota, promes, Minggu efektif dan pemetaan KD.  2.2.2.      RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.belajar lain.

 

 

Sekolah kami akan mengupayakan menyusun RPP dengan memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal , kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.

2.3.

Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat 

2.3.1.     Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.

1.Sekolah kami membutuhkan tambahan buku teks.

2.Laboratoium IPa di sekolah kami pembangunannya harus segera dirampungkan.

2.4.

Pembelajaran  dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik 

2.4.1.      Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

Sekolah kami akan berupaya agar 100% (20 orang) guru mengunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi anak didik

 

2.4.2.      Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.   Sekolah kami akan berupaya agar 100% (20 orang) guru mengelola kelas secara sefektif dan memberi kesempatan yang sama kepada para siswa untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.

2.5.

Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan 

2.5.1.      Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.   Sekolah kami akan membuatprogram kerja untuk supervisi dan evaluasi proses pembelajaran serta melaksanakan supervisi penilaian hasil belajar.

 

2.5.2.      Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.   Sekolah kami akan menindaklanjuti hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran denngan penguatandan penghargaan bagi yang telah memnuhi standar, teguran yang bersifat mendidik bagi yang belum memenuhi standar, diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penetaran lebih lanjut.

  1. 3.           

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

3.1.

Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan 

3.1.1.      Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.

 

 

Sekolah kami akan mengupayakan hasil lulusan ujian dapat berhasil 100% untuk setiap tahunnya, dan konsisten.  

3.1.2.        Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.

 

 

Sekolah kami akan memprogramkan dalam setiap proses pembelajaran agar peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.  3.1.3.        Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Sekolah kami membutuhkan guru bidang studi seni budaya.

3.2.

Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

3.2.1.      Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.

 

Sekolah kami akan menyusun program pengembangan kepribadian peserta didik.

 

32.2.        Sekolah mengembangkan keterampilan hidup. 

   Sekolah kami kan menyusun program pengembangan kepribadian hidup dan menyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan keterampilan hidup seperti : menjahit, elektro, sepak bola, kasidah dll.  3.2.3.                  Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.

  Sekolah kami akan membina peserta didik agar dapat menerapkan nilai agama dan budaya secara konsisten.

  1. 4.              

STANDAR  PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

4.1.Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 

4.1.1.                  Jumlah pendidik memenuhi standar.

 

Sekolah kami membutuhkan tambahan jumlah guru mata pelajaran.  4.1.2.      Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.

 

 

Sekolah kami membutuhkan tambahan guru BP/BK, Satpam dan Laboran. 4.2.Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.2.1.        Kualifikasi pendidik memenuhi standar

 

 

 

Sekolah kami membutuhkan tambahan tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi pendidik yang memenuhi standar.  4.2.2.        Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standard

   Sekolah kami membutuhkan penambahan tenaga kependidikan yang memenuhi standar. 4.3.Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.3.1.        Kompetensi pendidik memenuhi standar.

Sekolah kami memerlukan tambahan tenaga pendidik yang memenuhi standar kompetensipendidik.  4.3.2.        Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standard

  1.Sekolah kami membutuhkan tenaga/guru BP/BK yang sesuai dengan kompetensi Konselor/BP.

2.Sekolah kami membutuhkan laboran yang sesuai dengan kompetensi petugas laboratorium IPA.   5.STANDAR SARANA DAN PRASARANA      5.1.Sarana sekolah sudah memadai

5.1.1.       Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

  

Sekolah kami memerlukan penembahan ruang/bangunan laboratorium (sudah ada tapi belum selesai), tempat ibadah, ruang konseling, ruang UKS, dan ruang kesiswaan.  5.1.2.       Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.

   Sekolah kami memerlukan penambahan ruang kegiatan belajar (RKB) 2 ruang  5.1.3.       Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.

    1.Sekolah kami memerlukan perampungan bangunan laboratorium dan kelengkapan alat dan sarana laboratorium IPA.

2.Sekolah kami memerlukan pembangunan lapangan bola basket dan penambahan alat dan sarana keterampilan. 5.2.Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik

5.2.1.        Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar.   Sekolah kami memerlukan alokasi dana rutin agar dapat melaksanakan program perbaikan/pemeliharaan sarana dan prasarana secara berkala dan dapat terekam dengan baik.

 5.2.2.        Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.

  1.Sekolah kami membutuhkan dibangunnya sarana sanitasi di dalam dan di luar untuk memenuhi keutuhan aiar bersih, pembuangan air kotor dan/atau limbah, kotoran dan sampah, serta penyaluran air hujan.

2.Sekolah kami membutuhkan pembuatan pagar sekolah yang kokoh dan berpintu.

6

STANDAR PENGELOLAAN

6.1.Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak  .  

6.1.1.        Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.

 

 

Sekolah kami kan memprogramkan dalam RKS waktu untuk mensosialisasikan visi dan misi kepada orang tua siswa dan masyarakat sekitar.

 6.1.2.      Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Sekolah kami akan terus berupaya untuk menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. 6.2.Rencana kerja memiliki tujuan yang jelas dan perbaikan berkelanjutan

6.2.1. Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan.

 

 

Sekolah kami akan terus berupaya untuk mensosialisasikan dengan baik RKS  kepada seluruh warga sekolah.

6.3.Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar

6.3.1.        Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)

 

 

Sekolah kami akan terus berupaya untuk mensosialisasikan secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan.

 6.3.2.        Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar

 

1.Sekolah kami akan melaksanakan evaluasi proses pembelajaran setiap akhir semester. 

Sekolah kami akan melaksanakan evaluasi program kerja tahunan / RKAS setiap akhir tahun.

2.Sekolah kami akan menganalisa terhadaphasil evaluasi dan menyusun skala prioritas kegiatan dan program tindak lanjut terhadap hasil evaluasi diri sekolah.  6.3.3. Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar

 

Sekolah kami akan melaksanakan penilaian kinerja proses pembelajaran, penilaian keberhasilan proses pembelajaran /ketercapaian KKM dan perbaikan kinerja proses pembelajaran. 

6.4.Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid

6.4.1.     Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan  

 

 

Sekolah kami akan terus berupaya untuk melakukan Komunikasi antar warga sekolah kami secara efektif dan efisien dan akan melaporkan data  secara lengkap dan akurat.  6.4.2.   Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses

 

  Sekolah kami membutuhkan seorang guru / tenaga kependidikan untuk melayani permintaan informasi, pemberian informasi, pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah. 6.5.Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan

6.5.1.      Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan

 

 

 

 

Sekolah kami akan melakukan evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.  6.5.2.      Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional

 

1.Sekolah kami akan mengupayakan peran aktif komite untuk  melakukan pemantauan terhadap pengelolaan sekolah

2.Sekolah kami sangat mengharapkan  supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik  secara berkala oleh pengawas dan  melaporkan hasil supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik kepada sekolah. 6.6.Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah

6.6.1.      Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis.   

 

 

  

 

 

Sekolah kami akan terus beruapaya menjalin hubungan kemitraan dengan dunia usaha.  6.6.2.      Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis

Sekolah kami akan berupaya untuk menjalin kemitraan yang lebih baik dengan masyarakat.

7.STANDAR PEMBIAYAAN      7.1.Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar

7.1.1.      Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota 

 

 

 

Sekolah kami akan berupaya untuk mengomunikasikan RAPBS/RKAS dengan Komite dan pemangku kepentingan  7.1.2.      Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan 

Sekolah kami akan beruapaya untuk melibatkan pemangku kepentingan yang relevan dalam perumusan RAPBS/RKAS di sekolah.

 7.1.3.      Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel.

1. Sekolah kami akan terus berupaya agar Pengelolaan keuangan sekolah kami dapat diketahui dengan mudah oleh semua pemangku kepentingan sekolah.

2.Sekolah kami akan membuat catatan logistik (uang dan barang) sesuai dengan mata anggaran dan sumber dananya masing-masing.

 7.1.4.       Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. 

Sekolah kami akan terus berupaya untuk melaporkan pengelolaan keuangan kepada warga sekolah secara rutin dan melaporkan pengelolaan keuangan kepada masyarakat.

7.2.Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

 

7.2.1. Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri

Sekolah kami akan berupaya untuk menyusun program pengembangan kewirausahaan, menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan, mengidentifikasi sumber dana dan donatur dan menyusun proposal penggalian dana.

 7.2.2.      Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.

Sekolah kami akan merencanakan untuk mengidentifikasi  Dunia Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility) , menyusun proposal penggalian dana dari Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility), dan melakukan kegiatan dengan melibatkan Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility).  7.2.3.Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.  

Sekolah kami akan mengupayakan memanfaatkan sumber daya  dan keterlibatan alumni dalam berbagai program kegiatan sekolah. 7.3.

Sekolah menjamin kesetaraan akses

7.3.1.        Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.

 

Kedepan sekolah kami akan mengupayakan bantuan kebutuhan perlengkapan sekolah siswa kurang mampu. 

 

7.3.2. Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

 

  Sekolah kami sedang merencanakan upaya penerapan subsidi silang. 8.STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN     8.1.Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik

8.1.1.       Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.  

 

 

 

 

 

Sekolah kami akan terus mengupayakan agar 100% (20 orang) guru  mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai ketentuan dan menyusun kisi-kisi soal. 8.1.2.       Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Sekolah kami akan mengupayakan agar 100% (20 orang) pendidik menginformasikan teknik penilaian kepada peserta didik,  dan menginformasikan rubrik penilaian kepada peserta didik. 8.1.3.       Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.

Sekolah kami akan terus mengupayakan agar 100% pendidik melaksanakan Ulangan Harian setiap kompetensi dasar.

8.1.4.       Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.

Sekolah kami akan mengupayakan agar guru dapat menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.8.2.Penilaian berdampak pada proses belajar

8.2.1. Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.

.

 

 

Sekolah kami akan memberikan arahan kepada guru agar memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik. 8.2.2. Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

Sekolah kami akan mengarahkan dan mengupayakan agar semua guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.8.3.Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka

8.3.1. Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.

1.Sekolah kami akan terus berupaya agar  guru melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat balk, balk, atau kurang baik.

2.Sekolah kami akan melakukan pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota.

8.3.2.         Sekolah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.

1.Sekolah kami akan   mensosialisasikan SK/KD setiap mata pelajaran, KKM setiap mata pelajaran, Kriteria kenaikan kelas, Program penilaian, program Remidial dan pengayaan kepada orangtua peserta didik.

2.Sekolah kami akan melibatkan orang tua peserta didik dalam penyusunan Kriteria Kelulusan Ujian dan melibatkan orang tua peserta didk dalam menyediakan fasilitas belajar putra/putrinya.

PENUTUP

Demikian laporan Evaluasi Diri Sekolah kami buat dengan harapan rekomendasi-rekomendasi tersebut diatas dapat terimplementasikan ke dalam rencana pengembangan sekolah dan menjadi acuan bagi pemangku kepentingan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur sebagai bahan pertimbangan untuk membantu sekolah dalam upaya memenuhi delapan standar Nasional Pendidikan yang berdampak kepada primanya layanan bagi peserta didik, orangtua, masyarakat, dan pemangku kepentingan.

Kepala SMPN 2 Rantau Selamat

Zainuddin, S.Pd

NIP. 197003012000121003

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: