PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR …………TAHUN 2008

TENTANG

STANDAR  TENAGA  ADMINISTRASI  SEKOLAH/MADRASAH

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

2008

PERATURAN

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

REPUBLIK INDONESIA

NOMOR …. TAHUN 2008

TENTANG

STANDAR TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHAESA

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

 

 

Menimbang :  bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 35  ayat (2)  Peraturan     Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan   perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang   Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah;

 

Mengingat    : 1. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional      Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);

2. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;

3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/P Tahun 2005;

 

MEMUTUSKAN

 

Menetapkan     : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDAR TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH.

Pasal 1

(1)  Standar tenaga administrasi sekolah/madrasah mencakup kepala tenaga      administrasi, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus sekolah/madrasah.

(2)  Untuk dapat diangkat sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi standar tenaga administrasi sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.

(3)  Standar tenaga administrasi sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum pada Lampiran Peraturan Menteri ini.

 

Pasal 2

 

(1)   Sekolah/madrasah yang belum memungkinkan mengangkat kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah, pelaksana urusan, dan/atau petugas layanan khusus sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri ini, pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dapat dirangkap oleh tenaga administrasi sekolah/madrasah yang ada dalam waktu paling lama 5 tahun.

(2)   Dalam hal terjadi perangkapan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), tenaga administrasi sekolah/madrasah yang diangkat harus memiliki kompetensi sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri ini.

 

Pasal 3

 

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

Ditetapkan di Jakarta

Pada tanggal  ……………..  2008

 

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

 

TTD

 

BAMBANG SUDIBYO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR …………TAHUN 2008

 

STANDAR TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH

 

 

A. KUALIFIKASI

 

Tenaga administrasi sekolah/madrasah terdiri atas kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus.

 

  1. Kepala Tenaga Administrasi SD/MI/SDLB

 

Kepala tenaga administrasi SD/MI/SDLB  dapat diangkat apabila sekolah/ madrasah memiliki lebih dari 6 (enam) rombongan belajar. Kualifikasi kepala tenaga administrasi SD/MI/SDLB adalah sebagai berikut.

  1. Berpendidikan minimal lulusan SMK atau yang sederajat, program studi yang relevan dengan pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah minimal  4 (empat) tahun.
  2. Memiliki sertifikat kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah yang dikeluarkan oleh lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah atau pemerintah daerah.

 

  1. Kepala Tenaga Administrasi SMP/MTs/SMPLB

 

Kepala tenaga administrasi SMP/MTs/SMPLB  berkualifikasi sebagai berikut.

  1. Berpendidikan minimal lulusan D3 atau yang sederajat, program studi yang relevan, dengan pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi sekolah/ madrasah minimal 4 (empat) tahun.
  2. Memiliki sertifikat kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah yang dikeluarkan oleh lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah atau pemerintah daerah.

 

  1. Kepala Tenaga Administrasi SMA/MA/SMK/MAK/SMALB

 

Kepala tenaga administrasi SMA/MA/SMK/MAK/SMALB berkualifikasi sebagai berikut.

  1. Berpendidikan S1 program studi yang relevan dengan pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah minimal 4 (empat) tahun, atau D3 dan yang sederajat, program studi yang relevan, dengan pengalaman kerja sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah minimal 8 (delapan) tahun.
  2. Memiliki sertifikat kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah yang dikeluarkan oleh lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah atau pemerintah daerah.

 

  1. Pelaksana Urusan Administrasi Kepegawaian

 

Berpendidikan minimal lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang sederajat, dan dapat diangkat apabila jumlah pendidik dan tenaga kependidikan minimal 50 orang.

 

  1. Pelaksana Urusan Administrasi Keuangan

 

Berpendidikan minimal lulusan SMK/MAK, program studi yang relevan, atau SMA/MA dan memiliki sertfikat yang relevan.

 

  1. Pelaksana Urusan Administrasi Sarana dan Prasarana

 

Berpendidikan minimal lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang sederajat.

 

  1. Pelaksana Urusan Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

 

Berpendidikan minimal lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang sederajat, dan  dapat diangkat apabila sekolah/madrasah memiliki minimal 9 (sembilan) rombongan belajar.

 

  1. Pelaksana Urusan Administrasi Persuratan dan Pengarsipan

 

Berpendidikan minimal lulusan SMK/MAK, program studi yang relevan.

 

  1. Pelaksana Urusan Administrasi Kesiswaan

 

      Berpendidikan minimal lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang sederajat dan dapat diangkat apabila sekolah/madrasah memiliki minimal 9 (sembilan) rombongan belajar.

 

10. Pelaksana Urusan Administrasi Kurikulum

 

Berpendidikan minimal lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang sederajat dan diangkat apabila sekolah/madrasah memiliki minimal 12 rombongan belajar.

 

11. Pelaksana Urusan Administrasi Umum untuk SD/MI/SDLB

 

Berpendidikan minimal SMK/MAK/SMA/MA atau yang sederajat.

 

 

12. Petugas Layanan Khusus

 

  1. Penjaga Sekolah/Madrasah

Berpendidikan minimal lulusan SMP/MTs atau yang sederajat.

 

  1. Tukang Kebun

Berpendidikan minimal lulusan SMP/MTs atau yang sederajat dan diangkat  apabila luas lahan kebun sekolah/madrasah minimal 500 m2 .

 

  1. Tenaga Kebersihan

Berpendidikan minimal lulusan SMP/MTs atau yang sederajat.

 

  1. Pengemudi

Berpendidikan minimal lulusan SMP/MTs atau yang sederajat, memiliki SIM yang sesuai, dan diangkat apabila sekolah/madrasah memiliki kendaraan roda empat.

 

  1. Pesuruh

Berpendidikan minimal lulusan SMP/MTs atau yang sederajat.

 

 

 

B. KOMPETENSI

 

  1. KEPALA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH

 

Kompetensi kepribadian, sosial, teknis, dan manajerial bagi kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah adalah sebagai berikut.

 

            a.  Kompetensi Kepribadian

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

1)    Memiliki integritas dan akhlak mulia

 

 

 

a)    Berperilaku sesuai dengan kode etik

b)    Bertindak konsisten dengan nilai dan  keyakinannya

c)    Berperilaku jujur

d)    Menunjukkan komitmen terhadap tugas
 

2)    Memiliki etos kerja

 

a)     Mengikuti prosedur kerja

b)     Mengupayakan hasil kerja yang bermutu
c)    Bertindak secara tepat
d)    Fokus pada tugas yang diberikan
e)    Meningkatkan kinerja
 f)    Melakukan evaluasi diri
 

3)    Mengendalikan diri

 

a)    Mengendalikan emosi

b)    Bersikap tenang
c)    Mengendalikan stres
d)    Berpikir positif
 

4)    Memiliki rasa percaya diri

 

a)     Memahami diri sendiri

b)     Mempercayai kemampuan sendiri
c)      Bertanggung jawab
d)    Belajar dari kesalahan
 

5)    Memiliki fleksibilitas

 

a)     Mengupayakan keterbukaan

b)    Menghargai pendapat orang lain
c)    Menerima diri sendiri dan orang lain
d)     Menyesuaikan diri sendiri dengan

orang lain

 

6)    Memiliki ketelitian

 

 

a)     Melaksanakan kaidah-kaidah yang terkait dengan tugasnya

b)    Memperhatikan kejelasan tugas
c)    Menyelesaikan tugas sesuai

pedoman kerja

 

7)    Memiliki kedisiplinan

 

a)     Mengatur waktu

b)     Menaati aturan yang berlaku
c)      Menaati azas yang berlaku
 

8)    Memiliki kreativitas dan inovasi

 

 

a)     Berpikir alternatif

b)    Kaya ide/gagasan baru
c)    Memanfaatkan peluang
d)     Mengikuti perkembangan Ipteks
e)     Melakukan perubahan
 

9)   Memiliki tanggung jawab

 

a)     Melaksanakan tugas sesuai aturan

b)    Berani mengambil resiko
c)    Tidak melimpahkan kesalahan

kepada pihak lain

 

 

b.  Kompetensi Sosial

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Bekerja sama dalam tim

 

 

a)     Berpartisipasi dalam kelompok

b)     Menghargai pendapat orang lain
c)      Membangun semangat dan

kelangsungan hidup tim

 

2)    Memberikan layanan prima

 

 

 

a)     Memberikan kemudahan layanan kepada pelanggan

b)     Menerapkan layanan sesuai dengan prosedur operasi standar
c)      Berempati kepada pelanggan
d)     Berpenampilan prima
e)     Menepati janji
f)       Bersikap ramah dan sopan
g)     Mudah dihubungi
h)     Komunikatif
 

3)    Memiliki kesadaran

berorganisasi

 

 

a)     Memahami struktur organisasi

sekolah/madrasah

b)     Mewujudkan iklim dan budaya

organisasi yang kondusif

c)      Menghargai dan menerima       perbedaan antar anggota
d)     Memiliki tanggungjawab mencapai

tujuan organisasi

e)     Mengaktifkan diri dalam organisasi profesi tenaga administrasi sekolah/madrasah
 

4)    Berkomunikasi efektif

 

 

a)    Menjadi pendengar yang baik

b)     Memahami pesan orang lain
c)      Menyampaikan pesan dengan jelas
d)     Memahami bahasa verbal dan nonverbal
 

5)    Membangun hubungan kerja

 

 

 

a)     Melakukan hubungan kerja yang harmonis

b)     Memposisikan diri sesuai dengan peranannya
c)    Memelihara hubungan internal dan eksternal

 

c. Kompetensi Teknis

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Melaksanakan administrasi  kepegawaian

 

 

a)     Memahami pokok-pokok peraturan kepegawaian

b)     Membantu melaksanakan prosedur dan mekanisme kepegawaian
c)      Membantu merencanakan kebutuhan pegawai
d)     Menilai kinerja staf
 

2)    Melaksanakan administrasi keuangan

 

 

 

a)     Memahami peraturan keuangan yang berlaku

b)     Membantu menyusun Rencana Anggaran  Pendapatan dan Belanja Sekolah/Madrasah

(RAPBS/M)

c)    Membantu menyusun laporan pertanggung jawaban  keuangan sekolah/madrasah
 

3)    Melaksanakan administrasi sarana dan prasarana

 

 

a)     Memahami peraturan administrasi sarana dan prasarana

b)     Membantu menyusun rencana kebutuhan
c)      Membantu menyusun rencana pemanfaatan sarana operasional sekolah/madrasah
d)     Membantu menyusun rencana  perawatan
 

4)    Melaksanakan administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat

 

 

 

a)     Membantu kelancaran kegiatan komite sekolah/madrasah

b)     Membantu merencanakan program keterlibatan

pemangku kepentingan (stakeholders

c)      Membantu membina kerja sama dengan

pemerintah dan lembaga masyarakat

d)     Membantu mempromosikan sekolah/madrasah dan mengkoordinasikan penelusuran tamatan
e)     Melayani tamu sekolah/madrasah
 

5)    Melaksanakan administrasi persuratan dan pengarsipan

 

 

 

 

a)     Memahami peraturan kesekretariatan

b)     Membantu melaksanakan program kesekretariatan
c)      Membantu mengkoordinasikan program Kebersihan, Kesehatan, Keindahan, Ketertiban, Keamanan, Kekeluargaan, dan Kerindangan (7K)
d)     Menyusun laporan
 

6)    Melaksanakan administrasi kesiswaan

 

 

a)     Membantu penerimaan siswa baru

b)     Membantu orientasi siswa baru
c)      Membantu menyusun program pengembangan diri siswa
d)     Membantu menyiapkan laporan kemajuan belajar siswa
 

7)    Melaksanakan administrasi kurikulum

 

 

a)     Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar Isi

b)     Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar Proses
c)      Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan
d)     Membantu menyiapkan administrasi pelaksanaan Standar Penilaian Pendidikan

 

 

8)    Melaksanakan administrasi layanan khusus

 

 

a)     Mengkoordinasikan petugas layanan khusus: penjaga sekolah/madrasah, tukang kebun tenaga kebersihan, pengemudi , dan pesuruh

b)     Membantu mengkoordinasikan program layanan khusus  antara lain Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), layanan konseling, laboratorium/bengkel, dan perpustakaan
 

9)    Menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

 

a)     Memanfaatkan TIK untuk kelancaran pelaksanaan  administrasi sekolah/madrasah

b)     Menggunakan TIK untuk mendokumentasikan administrasi sekolah/madrasah

 

 

d.  Kompetensi Manajerial

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Mendukung pengelolaan standar nasional pendidikan

 

 

 

 

a)    Membantu merencanakan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan

b)    Membantu mengkoordinasikan

pelaksanaan Standar Nasional

Pendidikan

c)      Membantu mendokumentasikan  hasil pemantauan pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan
 

2)    Menyusun program dan laporan kerja

 

 

a)     Menentukan prioritas

b)     Melakukan penugasan
c)      Merumuskan tujuan
d)     Menetapkan sumber daya
e)     Menentukan strategi penyelesaian pekerjaan
f)       Menyusun laporan kerja
 

3)    Mengorganisasikan staf

 

 

a)     Menyusun uraian tugas tenaga kependidikan

b)    Memberikan pemahaman tupoksi
c)    Menyesuaikan rencana kerja

dengan kemampuan organisasi

d)     Menggunakan  pendekatan

persuasif untuk mengkoordinasikan

staf

e)     Berinisiatif dalam pertemuan
f)        Meningkatkan keefektifan kerja
g)      Mengakomodasi ide-ide staf
h)      Menjabarkan kebijakan organisasi
 

4)    Mengembangkan staf

 

 

a)     Memberi arahan kerja

b)     Memotivasi staf
c)     Memberdayakan staf
 

5)   Mengambil keputusan

 

 

 

 

a)     Mengidentifikasi masalah

b)     Merumuskan masalah
c)      Menentukan tindakan yang tepat
d)     Memperhitungkan resiko
e)     Mengambil keputusan partisipatif
 

6)    Menciptakan iklim kerja kondusif

 

 

a)     Menciptakan hubungan kerja harmonis

b)     Melakukan komunikasi interaktif
c)      Menghargai pendapat rekan kerja
 

7)    Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya

 

 

 

 

a)     Memberdayakan aset organisasi berupa sumber daya  manusia, sarana dan prasarana, dana, dan sumber daya alam

b)     Mengadministrasikan aset organisasi berupa sumber daya  manusia, sarana dan prasarana, dana, dan sumber daya alam
 

8)    Membina staf

 

 

a)     Memantau  pekerjaan staf

b)     Menilai proses dan hasil kerja
c)      Memberikan umpan balik
d)     Melaporkan hasil pembinaan
 

9)    Mengelola konflik

 

 

 

a)     Mengidentifikasi sumber konflik

b)     Mengidentifikasi alternatif penyelesaian
c)    Menggali pendapat-pendapat
d)    Memilih alternatif  terbaik
 

10)  Menyusun laporan

 

 

a)     Mengkoordinasikan penyusunan laporan

b)    Mengendalikan penyusunan laporan

 

 

 

 

 

 

 
  1. PELAKSANA URUSAN

 

Kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis  pelaksana urusan adalah sebagai berikut.

 

         a.  Kompetensi Kepribadian

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

1)    Memiliki integritas dan akhlak mulia

 

 

 

a)    Berperilaku sesuai dengan kode etik

b)    Bertindak konsisten dengan nilai dan  keyakinannya

c)    Berperilaku jujur

d)    Menunjukkan komitmen terhadap tugas
 

2)    Memiliki etos kerja

 

a)     Mengikuti prosedur kerja

b)     Mengupayakan hasil kerja yang bermutu
c)    Bertindak secara tepat
d)    Fokus pada tugas yang diberikan
e)    Meningkatkan kinerja
 f)    Melakukan evaluasi diri
 

3)   Mengendalikan diri

 

a)    Mengendalikan emosi

b)    Bersikap tenang
c)    Mengendalikan stres
d)    Berpikir positif
 

4)   Memiliki rasa percaya diri

 

 

a)     Memahami diri sendiri

b)     Mempercayai kemampuan sendiri
c)      Bertanggung jawab
d)    Belajar dari kesalahan
 

5)    Memiliki fleksibilitas

 

a)     Mengupayakan keterbukaan

b)    Menghargai pendapat orang lain
c)    Menerima diri sendiri dan orang lain
d)    Menyesuaikan diri sendiri dengan

orang lain

 

6)    Memiliki ketelitian

 

 

a)     Melaksanakan kaidah-kaidah yang terkait dengan tugasnya

b)    Memperhatikan kejelasan tugas
c)    Menyelesaikan tugas sesuai

pedoman kerja

 

7)    Memiliki kedisiplinan

 

a)     Mengatur waktu

b)     Menaati aturan yang berlaku
c)      Menaati asas yang berlaku
 

8)    Kreatif dan inovatif

 

 

a)     Berpikir alternatif

b)    Kaya ide/gagasan baru
c)    Memanfaatkan peluang
d)    Mengikuti perkembangan ipteks
e)    Melakukan perubahan
 

9)   Memiliki tanggung jawab

 

a)     Melaksanakan tugas sesuai aturan

b)    Berani mengambil resiko
c)    Tidak melimpahkan kesalahan

kepada pihak lain

 

 

b.  Kompetensi Sosial

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Bekerja sama dalam tim

 

 

a)    Berpartisipasi dalam kelompok

b)    Menghargai pendapat orang lain
c)    Membangun semangat dan

kelangsungan hidup tim

 

2)    Memberikan layanan prima

 

 

 

a)    Memberikan kemudahan layanan kepada pelanggan

b)    Menerapkan layanan sesuai dengan prosedur operasi standar
c)   Berempati kepada pelanggan
 d)   Berpenampilan prima
e)    Menepati janji
f)     Bersikap ramah dan sopan
g)    Mudah dihubungi
h)   Komunikatif
 

3)    Memiliki kesadaran

berorganisasi

 

 

a)    Memahami struktur organisasi

Sekolah/madrasah

b)    Mewujudkan iklim dan budaya

organisasi yang kondusif

c)    Menghargai dan menerima perbedaan antar anggota
d)    Memiliki tanggungjawab mencapai

tujuan organisasi

e)    Mengaktifkan diri dalam organisasi profesi tenaga administrasi sekolah/madrasah
 

4)    Berkomunikasi efektif

 

 

a)    Menjadi pendengar yang baik

b)    Memahami pesan orang lain
c)     Menyampaikan pesan dengan jelas
d)     Memahami bahasa verbal dan nonverbal
 

5)    Membangun hubungan kerja

 

 

 

a)    Melakukan hubungan kerja yang harmonis

b)    Memposisikan diri sesuai dengan peranannya
c)   Memelihara hubungan internal dan eksternal

 

 

 

c. Kompetensi Teknis

 

1). Pelaksana Urusan Kepegawaian

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Mengadministrasikan kepegawaian

 

 

 

a)     Memahami pokok-pokok peraturan kepegawaian berdasarkan standar pendidik dan tenaga kependidikan

b)     Membantu merencanakan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan
c)      Melaksanakan prosedur dan

mekanisme kepegawaian

d)     Mengelola buku induk, administrasi

Daftar Urut Kepangkatan (DUK)

e)     Melaksanakan registrasi dan kearsipan kepegawaian
f)       Menyiapkan format- format kepegawaian
g)     Memproses kepangkatan, mutasi,

dan promosi pegawai

h)     Menyusun laporan kepegawaian
 

2)    Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

 

a)     Menyusun dan menyajikan data/statistik kepegawaian

b)     Membuat layanan sistem informasi

dan pelaporan kepegawaian

c)    Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian

 

2).   Pelaksana Urusan Administrasi Keuangan

      

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Mengadministrasikan keuangan sekolah/madrasah

 

 

a)     Membantu menghitung biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal

b)     Membantu pimpinan mengatur arus dana
 

2)    Menggunakan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

 

a)     Menyusun dan menyajikan data/statistik keuangan

b)     Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan keuangan
c)      Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan keuangan

 

 

3).   Pelaksana Urusan Administrasi Sarana dan Prasarana

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)     Mengadministrasikan standar sarana dan prasarana

 

 

a)    Mengidentifikasi kebutuhan sarana dan prasarana

b)    Membantu merencanakan  kebutuhan

sarana dan prasarana

 c)   Mengadakan sarana dan prasarana
 d)   Menginventarisasikan sarana dan prasarana
 e)   Mendistribusikan sarana dan prasarana
f)     Memelihara sarana dan prasarana
g)    Melaksanakan penghapusan sarana dan prasarana
h)   Menyusun laporan sarana dan prasarana secara berkala
 

2)     Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

 

a)    Menyusun dan menyajikan data/statistik

sarana dan prasarana

b)    Membuat layanan sistem informasi dan

pelaporan sarana dan prasarana

c)    Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan sarana dan prasarana

 

 

4).  Pelaksana Urusan Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Melaksanakan administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat

 

 

a)    Memfasilitasi kelancaran kegiatan komite     sekolah/madrasah

b)    Membantu merencanakan program keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholders)
c)      Membina kerja sama dengan pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat
d)    Mempromosikan sekolah/madrasah
e)    Mengkoordinasikan penelusuran tamatan
 f)    Melayani tamu sekolah/madrasah
 

2)    Menguasai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

 

a)     Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan hubungan sekolah dengan masyarakat

b)     Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan hubungan sekolah dengan masyarakat

 

 

5).  Pelaksana Urusan Administrasi Persuratan dan Pengarsipan

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Melaksanakan administrasi persuratan dan pengarsipan

 

 

a)     Menerapkan peraturan kesekretariatan

b)    Melaksanakan program kesekretariatan
c)    Mengelola surat masuk dan keluar
d)    Membuat  konsep surat
e)    Melaksanakan  kearsipan sekolah/madrasah
f)     Menyusutkan surat/dokumen
g)    Menyusun laboran administrasi persuratan

dan pengarsipan

 

 

2)     Menguasai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK

 

a)     Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan administrasi persuratan dan pengarsipan

b)     Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan persuratan dan pengarsipan

 

 

6).   Pelaksana Urusan Administrasi Kesiswaan

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Mengadministrasikan standar pengelolaan yang berkaitan dengan peserta didik

a)     Membantu kegiatan penerimaan peserta didik baru
b)    Membantu kegiatan masa orientasi
c)    Membantu mengatur rasio peserta didik per

kelas

d)    Mendokumentasikan prestasi akademik dan

nonakademik

e)     Membuat data statistik peserta didik
f)      Menginventarisir program kerja pembinaan peserta didik secara berkala
g)     Mendokumentasikan program kerja kesiswaan
h)    Mendokumentasikan program pengembangan diri

 

 

2)     Menguasai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

a)     Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan administrasi kesiswaan

b)     Memanfaatkan TIK untuk

mengadministrasikan urusan kesiswaan

 

 

7).  Pelaksana Urusan Administrasi Kurikulum

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Mengadministrasikan standar isi

 

 

a)     Mendokumentasikan standar isi

b)     Mendokumentasikan kurikulum yang berlaku
c)      Mendokumentasikan silabus
 

2)    Mengadministrasikan standar proses

 

 

a)     Menyiapkan format silabus, Rencana

Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan penilaian hasil belajar

b)     Menyiapkan perangkat  pengawasan proses

pembelajaran

 

3)    Mengadministrasikan standar penilaian

 

 

a)    Mendokumentasikan bahan ujian/ulangan

b)    Mendokumentasikan penilaian hasil belajar

oleh pendidik, satuan pendidikan, dan

pemerintah

 

4)    Mengadministrasikan standar kompetensi lulusan

 

 

 

a)     Mendokumentasikan standar kompetensi lulusan satuan pendidikan

b)     Mendokumentasikan standar kompetensi lulusan mata pelajaran
c)      Mendokumentasikan kriteria ketuntasan minimal
 

5)    Mengadministrasikan kurikulum dan silabus

 

 

 

a)     Membantu memfasilitasi pelaksanaan kurikulum dan silabus

b)     Mendokumentasikan pemetaan kompetensi dasar tiap mata pelajaran per semester
c)      Mendokumentasikan kurikulum, silabus, dan RPP
d)     Mendokumentasikan Daftar Kumpulan Nilai

(DKN) atau leger

e)     Membantu menyusun grafik daya serap ketuntasan belajar per mata pelajaran
f)       Menyusun daftar buku-buku wajib
 

6)    Menguasai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

 

a)     Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan administrasi kurikulum

b)     Memanfaatkan TIK untuk

mengadministrasikan  kurikulum

 

 

8). Pelaksana Urusan Administrasi Umum SD/MI/SDLB

 

SD/MI/SDLB yang memiliki maksimal 6 (enam) rombongan belajar tidak perlu Kepala Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah, melainkan Pelaksana Urusan Administrasi Umum Sekolah/Madrasah, dengan kompetensi teknis sebagai berikut.

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Melaksanakan administrasi

sekolah/madrasah

 

 

 

 

a)     Melaksanakan administrasi  kepegawaian

b)    Melaksanakan administrasi keuangan
c)      Melaksanakan administrasi sarana dan prasarana
d)     Melaksanakan administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat
e)     Melaksanakan administrasi persuratan dan pengarsipan
f)       Melaksanakan administrasi kesiswaan
g)     Melaksanakan administrasi kurikulum
 

2)    Menguasai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

 

a)     Mengoperasikan peralatan kantor/komputer

b)     Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah dengan masyarakat, persuratan dan pengarsipan, kesiswaan, dan kurikulum

 

 

 

3. PETUGAS LAYANAN KHUSUS  

 

Kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis petugas layanan khusus adalah sebagai berikut.

 

a.  Kompetensi Kepribadian

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

1)    Memiliki integritas dan akhlak mulia

 

 

 

a)    Berperilaku sesuai dengan kode etik

b)    Bertindak konsisten dengan nilai dan  keyakinannya

c)    Berperilaku jujur

d)    Menunjukan komitmen terhadap tugas
 

2)    Memiliki etos kerja

 

a)     Mengikuti prosedur kerja

b)     Mengupayakan hasil kerja yang bermutu
c)    Bertindak secara tepat
d)    Fokus pada tugas yang diberikan
e)    Meningkatkan kinerja
f)     Melakukan evaluasi diri
 

3)    Mengendalikan diri

 

a)    Mengendalikan emosi

b)    Bersikap tenang
c)    Mengendalikan stres
d)    Berpikir positif
 

4)   Memiliki rasa percaya diri

 

a)     Memahami diri sendiri

b)     Mempercayai kemampuan sendiri
c)      Bertanggung jawab
d)    Belajar dari kesalahan
 

5)    Memiliki fleksibilitas

 

a)     Mengupayakan keterbukaan

b)    Menghargai pendapat orang lain
c)    Menerima diri sendiri dan orang lain
d)     Menyesuaikan diri sendiri dengan

orang lain

 

6)    Memiliki ketelitian

 

 

a)     Melaksanakan kaidah-kaidah yang terkait dengan tugasnya

b)    Memperhatikan kejelasan tugas
c)    Menyelesaikan tugas sesuai pedoman kerja
 

7)    Memiliki kedisiplinan

 

a)     Mengatur waktu

b)     Menaati aturan yang berlaku

 

c)      Menaati asas yang berlaku
 

8)    Kreatif dan inovatif

 

 

a)     Berpikir alternatif

b)    Kaya ide/gagasan baru
c)    Memanfaatkan peluang
d)    Mengikuti perkembangan Ipteks
e)     Melakukan perubahan
 

9)   Memiliki tanggung jawab

 

a)     Melaksanakan tugas sesuai aturan

b)    Berani mengambil resiko
c)    Tidak melimpahkan kesalahan

kepada pihak lain

 

 

b.  Kompetensi Sosial

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Bekerja sama dalam tim

 

 

a)    Berpartisipasi dalam kelompok

b)    Menghargai pendapat orang lain
c)    Membangun semangat dan

kelangsungan hidup tim

 

2)    Memberikan layanan prima

 

 

 

a)    Memberikan kemudahan layanan kepada pelanggan

b)    Menerapkan layanan sesuai dengan prosedur operasi standar
c)   Berempati kepada pelanggan
d)   Berpenampilan prima
 e)   Menepati janji
  f)   Bersikap ramah dan sopan
g)   Mudah dihubungi
h)   Komunikatif
 

3)    Memiliki kesadaran

berorganisasi

 

 

a)    Memahami struktur organisasi

Sekolah/madrasah

b)    Mewujudkan iklim dan budaya

organisasi yang kondusif

c)    Menghargai dan menerima perbedaan antar anggota
d)    Memiliki tanggungjawab mencapai

tujuan organisasi

e)    Mengaktifkan diri dalam organisasi profesi tenaga administrasi sekolah/madrasah
 

4)    Berkomunikasi efektif

 

 

a)    Menjadi pendengar yang baik

b)    Memahami pesan orang lain
c)    Menyampaikan pesan dengan jelas
c)    Memahami bahasa verbal dan nonverbal
 

5)    Membangun hubungan kerja

 

 

 

a)    Melakukan hubungan kerja yang harmonis

b)    Memposisikan diri sesuai dengan peranannya
c)   Memelihara hubungan internal dan eksternal

 

 

c.  Kompetensi Teknis

 

1).  Penjaga Sekolah/Madrasah

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Menguasai kondisi keamanan sekolah/madrasah

 

 

a)    Mengenal peta wilayah sekolah/madrasah dengan baik

b)    Memanfaatkan peta wilayah sekolah/madrasah untuk kepentingan keamanan sekolah/madrasah
 

2)    Menguasai teknik pengamanan sekolah/madrasah

 

a)    Menguasai teknik bela diri

b)    Merespons peristiwa dengan cepat dan tepat
 

3)    Menerapkan prosedur operasi standar pengamanan sekolah/madrasah

 

a)    Membuat dokumen/catatan tentang keamanan sekolah/madrasah

b)    Melakukan tindakan pengamanan
c)    Menggunakan peralatan keamanan
d)    Menyampaikan laporan sesuai tugasnya

 

 

   2).  Tukang Kebun

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Menguasai penggunaan peralatan pertanian dan atau perkebunan

 

a)    Menggunakan peralatan pertanian dan atau perkebunan

b)    Merawat peralatan pertanian dan atau perkebunan
 

2)    Menguasai pemeliharaan tanaman

 

a)    Mengenal teknik penanaman

 b)   Merawat tanaman

 

 

3). Tenaga Kebersihan

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Menguasai teknik-teknik kebersihan

 

a)    Menggunakan peralatan kebersihan

b)    Memelihara peralatan kebersihan
 

2)    Menjaga kebersihan sekolah/madrasah

 

 

a)    Mewujudkan  kebersihan sekolah/madrasah

b)    Memelihara kebersihan sekolah/madrasah

 

 

4).  Pengemudi

  

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Menguasai teknik mengemudi

 

 

a)     Mengemudikan kendaraan

b)     Mematuhi aturan lalu lintas
c)      Memahami dan menggunakan peta
 

2)    Menguasai teknik perawatan kendaraan

 

 

a)     Merawat kendaraan

b)    Mengurus kelengkapan dokumen kendaraan

 

 

 

 

 

 

 

 

5).  Pesuruh

 

 

KOMPETENSI

 

SUB-KOMPETENSI

 

 

1)    Mengenal wilayah

 

 

a)     Mengenal peta wilayah setempat

b)     Memanfaatkan peta wilayah untuk kepentingan penyampaian dokumen
 

2)    Menguasai prosedur pengiriman dokumen dinas

 

 

a)     Mengenal buku ekspedisi/lembar pengantar

b)     Menggunakan buku ekspedisi/lembar pengantar dalam pengiriman dokumen
 

3)    Melayani kebutuhan rumah

tangga sekolah/madrasah

 

 

a)     Membayar tagihan  telepon, air, dan listrik

b)     Menyiapkan kebutuhan rumah tangga

Sekolah/madrasah

c)      Merawat peralatan rumah tangga sekolah/madrasah

 

 

 

 

 

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

 

TTD

 

BAMBANG SUDIBYO

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: