PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR …………TAHUN 2008

TENTANG

STANDAR  TENAGA  PERPUSTAKAAN  SEKOLAH/MADRASAH

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

2008

PERATURAN

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

REPUBLIK INDONESIA

NOMOR ……… TAHUN 2008

TENTANG

STANDAR TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

Menimbang : bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 35 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kepala/Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah;

 

Mengingat    : 1. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);

2. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;

3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/P Tahun 2005;

 

MEMUTUSKAN:

 

Menetapkan: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDAR TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH.

 

Pasal 1

 

(1)  Standar tenaga perpustakaan sekolah/madrasah mencakup kepala perpustakaan sekolah/madrasah dan tenaga perpustakaan sekolah/madrasah.

(2)  Standar tenaga perpustakaan sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum pada Lampiran Peraturan Menteri ini.

Pasal 2

Sekolah/madrasah yang belum memungkinkan untuk mengangkat kepala perpustakaan sekolah/madrasah dan tenaga perpustakaan sekolah/madrasah sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ini, tugasnya dapat dirangkap oleh petugas yang ada di sekolah/madrasah yang bersangkutan dalam waktu paling lama 5 tahun.

 

Pasal 3

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

 

Ditetapkan di Jakarta

pada tanggal ………………….. 2008

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

 

TTD

 

BAMBANG SUDIBYO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR … TAHUN 2008 TANGGAL ………. 2008

 

STANDAR TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH

 

 

  1. A.   KUALIFIKASI

 

Setiap sekolah/madrasah untuk semua jenis dan jenjang yang mempunyai jumlah tenaga perpustakaan sekolah/madrasah lebih dari satu orang, mempunyai lebih dari enam rombongan belajar (rombel), serta memiliki koleksi minimal 1000 (seribu) judul materi perpustakaan dapat  mengangkat kepala perpustakaan sekolah/madrasah.

 

1. Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Pendidik

 

Kepala perpustakaan sekolah/madrasah harus memenuhi syarat:

  1. Berkualifikasi serendah-rendahnya diploma empat (D4) atau  sarjana (S1);
  2. Mempunyai sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah  dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah.
  3. Masa kerja minimal  3 (tiga) tahun.

 

2. Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Tenaga Kependidikan

 

Kepala perpustakaan sekolah dan madrasah harus memenuhi salah satu syarat berikut:

  1. Berkualifikasi diploma dua (D2) Ilmu Perpustakaan dan Informasi bagi  pustakawan dengan masa kerja minimal 4 tahun; atau
  2. Berkualifikasi diploma dua (D2) non-Ilmu Perpustakaan dan informasi dengan sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan masa kerja minimal 4 tahun di perpustakaan sekolah/madrasah.

 

3. Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

 

Setiap  perpustakaan sekolah/madrasah memiliki sekurang-kurangnya satu tenaga perpustakaan sekolah/madrasah yang berkualifikasi SMA atau yang sederajat dan bersertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga  yang ditetapkan oleh pemerintah.

 

 

 

  1. KOMPETENSI

 

1. Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah

 

  1. Kompetensi Manajerial

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Memimpin tenaga perpustakaan sekolah/madrasah

a)  Mengarahkan tenaga perpustakaan  untuk bekerja secara efektif dan efisien

b)  Menggerakkan tenaga perpustakaan  untuk bekerja secara efektif dan efisien

c)  Membina tenaga perpustakaan untuk pengembangan pribadi dan karir

d)  Menjadi teladan dalam melaksanakan tugas

2)  Merencanakan program perpustakaan sekolah/madrasah

a)   Merencanakan program pengembangan

b)   Merencanakan pengembangan sumber daya perpustakaan

c)   Merencanakan anggaran

3)  Melaksanakan program perpustakaan sekolah/madrasah

a)   Melaksanakan program pengembangan

b)   Melaksanakan pengembangan sumber daya perpustakaan

c)   Memanfaatkan anggaran sesuai dengan program

d)   Mengupayakan bantuan finansial dari berbagai sumber

4)  Memantau pelaksanaan program perpustakaan sekolah/madrasah

a)   Memantau pelaksanaan program pengembangan

b)   Memantau pengembangan sumberdaya perpustakaan

c)   Memantau penggunaan anggaran

5)  Mengevaluasi program perpustakaan sekolah/madrasah

a)   Mengevaluasi program pengembangan

b)   Mengevaluasi pengembangan sumber daya perpustakaan

c)   Mengevaluasi pemanfaatan anggaran

 

  1. Kompetensi Pengelolaan  Informasi

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Mengembangkan koleksi perpustakaan sekolah/madrasah

a)  Memiliki pengetahuan mengenai penerbitan
b)  Memiliki pengetahuan tentang karya sastra Indonesia dan dunia
c)   Memiliki pengetahuan tentang sumber biografi tokoh nasional dan dunia
d)  Menggunakan berbagai alat bantu seleksi untuk pemilihan materi perpustakaan
e)  Mengoordinasi pemilihan materi perpustakaan bekerja sama dengan tenaga pendidik bidang studi
f)    Membuat kriteria tentang buku hadiah dan lembaga donor

g)  Mengevaluasi dan menyeleksi sumber daya informasi

h)  Bekerja sama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam pengembangan koleksi
i)    Melakukan pemesanan, penerimaan, dan pencatatan
j)    Mendayagunakan teknologi tepat guna untuk keperluan perawatan bahan perpustakaan

2)  Mengorganisasi informasi

a)  Membuat deskripsi bibliografis (pengatalogan) sesuai dengan standar nasional
b)  Menentukan deskripsi subjek dan menggunakan Dewey Decimal Classification edisi ringkas

c)  Menggunakan daftar tajuk subjek dalam bahasa Indonesia

d) Menjajarkan kartu katalog
e) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengorganisasian dan penelusuran informasi
3)  Memberikan jasa dan sumber informasi

 

a)  Merancang dan memberikan jasa informasi, termasuk referensi
b)  Menyelenggarakan jasa sirkulasi
c)   Memiliki pengetahuan mengenai sumber referensi
d)  Memberikan bimbingan penggunaan perpustakaan bagi komunitas sekolah/madrasah

4) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

a)  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan
b)  Membimbing komunitas sekolah/madrasah dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

 

 

 

 

  1. Kompetensi Kependidikan

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)   Memiliki wawasan kependidikan

a) Memahami tujuan dan fungsi sekolah/madrasah dalam konteks pendidikan nasional
b) Memahami kebijakan pengembangan kurikulum yang berlaku
c)  Memahami peran perpustakaan sebagai sumber belajar
d)  Memfasilitasi peserta didik untuk belajar mandiri
2)   Mengembangkan keterampilan memanfaatkan informasi

 

 

 

a)  Menganalisis kebutuhan informasi komunitas sekolah/madrasah
b)  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi proses pembelajaran

c)   Membantu komunitas sekolah/madrasah menggunakan sumber informasi secara efektif

3)   Mempromosikan perpustakaan

 

a)  Mengorganisasi promosi perpustakaan
b)  Menginformasikan kepada komunitas sekolah/ madrasah tentang materi perpustakaan yang baru
c)   Membimbing komunitas sekolah/madrasah untuk memanfaatkan koleksi perpustakaan
4)  Memberikan bimbingan literasi informasi a)  Mengidentifikasi  kemampuan dasar literasi informasi pengguna
b)  Menyusun panduan dan materi bimbingan literasi informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna
c)   Membimbing pengguna mencapai literasi informasi
d)  Mengevaluasi pencapaian bimbingan literasi informasi
e)  Memotivasi dan mengembangkan minat baca  komunitas sekolah/madrasah
f)    Menciptakan kiat pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah

 

 

 

 

 

  1. Kompetensi Kepribadian

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Memiliki integritas yang tinggi

a)  Disiplin, bersih, dan rapi
b)  Jujur dan adil
c)  Sopan, santun, sabar, dan ramah

2)  Memiliki etos kerja yang tinggi

 

a)   Mengikuti prosedur kerja
b)   Mengupayakan hasil kerja yang bermutu
c)   Bertindak secara tepat
d)   Fokus pada tugas yang diberikan
e)   Meningkatkan kinerja
f)    Melakukan evaluasi diri
  1. Kompetensi Sosial

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Membangun Hubungan sosial

a)  Berinteraksi dengan komunitas sekolah/madrasah
b)  Bekerja sama dengan komunitas sekolah/madrasah
2)  Membangun

Komunikasi

a)  Memberikan jasa untuk komunitas sekolah/madrasah
b)  Mengintensifkan komunikasi internal dan eksternal

 

  1. Kompetensi Pengembangan Profesi

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Mengembangkan ilmu

a)  Membuat karya tulis, di bidang ilmu perpustakaan dan informasi
b)  Meresensi dan meresume buku
c)  Menyusun pedoman dan petunjuk teknis di  bidang ilmu perpustakaan dan informasi
d)  Membuat indeks
e)  Membuat bibliografi
 f)  Membuat abstrak

 

2)  Menghayati etika profesi

 

a)  Menerapkan kode etik profesi
b)  Menghormati hak atas kekayaan intelektual
c)  Menghormati privasi pengguna

3)  Menunjukkan kebiasaan membaca

a)  Menyediakan waktu untuk membaca setiap hari
b)  Gemar membaca

 

2. Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

 

  1. Kompetensi Manajerial

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Melaksanakan kebijakan

a)  Melaksanakan pengembangan perpustakaan

b)  Mengorganisasi sumber daya perpustakaan

c)  Melaksanakan fungsi, tugas, dan program perpustakaan

d)  Mengevaluasi program dan kinerja perpustakaan

2)  Melakukan perawatan koleksi

a)  Melakukan perawatan preventif

b)  Melakukan perawatan kuratif

3)  Melakukan pengelolaan anggaran dan keuangan

a)  Membantu menyusun anggaran perpustakaan

b)  Menggunakan anggaran secara efisien, efektif, dan bertanggung jawab

c)  Melaksanakan pelaporan penggunaan keuangan dan anggaran

 

  1. Kompetensi Pengelolaan Informasi

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Mengembangkan koleksi perpustakaan sekolah/madrasah

a)  Memiliki pengetahuan mengenai penerbitan
b)  Memiliki pengetahuan tentang karya sastra Indonesia dan dunia
c)  Memiliki pengetahuan tentang sumber biografi tokoh nasional dan dunia
d)  Menggunakan berbagai alat bantu seleksi untuk pemilihan materi perpustakaan
e)  Berkoordinasi dengan tenaga pendidik bidang studi terkait dalam pemilihan materi perpustakaan
f)   Melakukan pemesanan, penerimaan, dan pencatatan

2)  Melakukan pengorganisasian informasi

a)  Membuat deskripsi bibliografis (pengatalogan) sesuai dengan standar nasional
b)  Menentukan deskripsi subjek dan menggunakan Dewey Decimal Classification edisi ringkas

c)  Menggunakan daftar tajuk subjek dalam bahasa Indonesia

d)  Menjajarkan kartu katalog
e)  Memanfaatkan teknologi untuk pengorganisasian informasi dan penelusuran
3)  Memberikan jasa dan sumber informasi

 

a)  Memberikan layanan baca di tempat
b)  Memberikan jasa informasi dan referensi
c)  Menyelenggarakan jasa sirkulasi (peminjaman buku)
d)  Memberikan bimbingan penggunaan perpustakaan bagi komunitas sekolah/madrasah
e)  Melakukan kerja sama dengan perpustakaan lain

4)  Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

a)  Membimbing komunitas sekolah/madrasah dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
b)  Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan
  1. Kompetensi Kependidikan

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Memiliki wawasan kependidikan

a)  Memahami tujuan dan fungsi sekolah/madrasah dalam konteks pendidikan nasional
b)  Memahami kebijakan pengembangan kurikulum yang berlaku
c)  Memahami peran perpustakaan sebagai sumber belajar
d)  Memfasilitasi peserta didik untuk belajar mandiri
2)  Mengembangkan keterampilan memanfaatkan informasi a)  Menganalisis kebutuhan informasi  komunitas sekolah/madrasah
b)  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi proses pembelajaran

c)  Membantu komunitas sekolah/madrasah menggunakan sumber informasi secara efektif

3)  Melakukan promosi perpustakaan

 

a)  Menginformasikan kepada komunitas sekolah/ madrasah tentang materi perpustakaan yang baru
b)  Membimbing komunitas sekolah/madrasah untuk memanfaatkan koleksi perpustakaan
c)  Mengorganisasi pajangan dan pameran materi perpustakaan
d)  Membuat dan menyebarkan media promosi jasa perpustakaan
4)  Memberikan bimbingan literasi informasi a)  Mengidentifikasi  kemampuan dasar literasi informasi pengguna
b)  Menyusun panduan dan materi bimbingan literasi informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna
c)  Membimbing pengguna mencapai literasi informasi
d)  Mengevaluasi pencapaian bimbingan literasi informasi
e)  Memotivasi dan mengembangkan minat baca  komunitas sekolah/madrasah

 

  1. Kompetensi Kepribadian

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Memiliki  integritas yang tinggi

 

a)  Disiplin, bersih, dan rapi
b)  Jujur dan adil
c)  Sopan, santun, sabar, dan ramah
2) Memiliki etos kerja yang tinggi a)  Mengikuti prosedur kerja
b)  Mengupayakan hasil kerja yang bermutu
c)  Bertindak secara tepat
d)  Fokus pada tugas yang diberikan
e)  Meningkatkan kinerja
f)   Melakukan evaluasi diri

 

  1. Kompetensi Sosial

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1) Membangun Hubungan sosial

a)  Berinteraksi dengan komunitas sekolah/madrasah
b)  Bekerja sama dengan komunitas sekolah/madrasah
2) Membangun

Komunikasi

a)  Memberikan jasa untuk komunitas sekolah/madrasah
b)  Mengintensifkan komunikasi internal dan eksternal

 

 

 

 

 

  1. Kompetensi Pengembangan Profesi

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)  Mengembangkan ilmu

a)  Membuat karya tulis di bidang ilmu perpustakaan dan informasi
b)  Meresensi dan meresume buku
c)  Menyusun pedoman dan petunjuk teknis ilmu perpustakaan dan informasi
e)  Membuat indeks
f)   Membuat bibliografi
g)  Membuat abstrak
2)  Menghayati etika profesi a)  Menerapkan kode etik profesi
b)  Menghormati hak atas kekayaan intelektual
c)  Menghormati privasi pengguna

3)  Menunjukkan kebiasaan membaca

a)  Menyediakan waktu untuk membaca setiap hari
b)  Gemar membaca

 

 

 

                                                                        MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

 

TTD

 

BAMBANG SUDIBYO

 

 

 

 

 

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: