PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR … TAHUN 2008

 

 

TENTANG

 

 

STANDAR  TENAGA  LABORATORIUM  SEKOLAH/MADRASAH

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

2008

 

 

PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

 

NOMOR …. TAHUN 2008

TENTANG

STANDAR TENAGA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

Menimbang

:

bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 35 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Tenaga Kependidikan perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/ Madrasah;
 

 
Mengingat

:

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
  2. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;
  3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20/P Tahun 2005;
 

 

 

MEMUTUSKAN

Menetapkan

:

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDAR TENAGA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH.

Pasal 1

(1)        Standar tenaga laboratorium sekolah/madrasah mencakup kepala      laboratorium, teknisi laboratorium, dan laboran.

(2)       Untuk dapat diangkat sebagai tenaga laboratorium sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi standar tenaga laboratorium sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.

(3)       Standar tenaga laboratorium sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri ini.

Pasal 2

Sekolah/madrasah yang belum memungkinkan untuk mengangkat kepala      laboratorium sekolah/madrasah, teknisi laboratorium sekolah/madrasah, dan laboran sekolah/madrasah sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ini, tugasnya dapat dirangkap oleh petugas yang ada di sekolah/madrasah yang bersangkutan dalam waktu paling lama 5 tahun.

Pasal 3

Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di Jakarta

pada tanggal 28 Maret 2007

 

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

TTD

BAMBANG SUDIBYO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR  ….. TAHUN 2008  TANGGAL ……………… 2008

STANDAR TENAGA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH

 

 

  1. A.   KUALIFIKASI

 

  1. Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah

 

Kualifikasi  kepala laboratorium Sekolah/Madrasah adalah sebagai berikut:

 

a. Jalur guru

1)    Pendidikan minimal sarjana (S1)

2)    Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai pengelola praktikum

3)    Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.

 

b. Jalur laboran/teknisi

1)    Pendidikan minimal diploma tiga (D3)

2)    Berpengalaman minimal 5 tahun sebagai laboran atau teknisi

3)    Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.

 

  1. Teknisi Laboratorium Sekolah/Madrasah

 

Kualifikasi teknisi laboratorium sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:

  1. Minimal lulusan program diploma dua (D2) yang relevan dengan peralatan laboratorium,  yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah
  2. Memiliki sertifikat teknisi yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.

 

  1. Laboran Sekolah/Madrasah

 

Kualifikasi laboran sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:

  1. Minimal lulusan program diploma satu (D1) yang relevan dengan jenis laboratorium, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah
  2. Memiliki sertifikat laboran yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah.
  3. B.   KOMPETENSI


 

1.   Kompetensi Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah

 

a. Kompetensi kepribadian

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)   Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa,mantap, dan berakhlak mulia a)   Bertindak secara konsisten sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan budaya nasional Indonesia

b)   Berperilaku arif

c)    Berperilaku jujur

d)   Menunjukkan kemandirian

e)   Menunjukkan rasa percaya diri

f)     Berupaya meningkatkan kemampuan diri

2)    Menunjukkan komitmen terhadap tugas a)    Berperilaku disiplin

b)    Beretos kerja yang tinggi

c)    Bertanggung jawab terhadap tugas

d)    Tekun, teliti, dan hati-hati dalam melaksanakan tugas

e)    Kreatif dalam   memecahkan masalah yang berkaitan dengan  tugas profesinya

f)     Berorientasi pada kualitas

 

b.   Kompetensi Sosial

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)    Bekerja sama dalam pelaksanaan tugas a)     Menyadari kekuatan dan kelemahan baik diri maupun stafnya

b)     Memiliki wawasan tentang pihak lain yang dapat diajak kerja sama

c)     Bekerjasama dengan berbagai pihak secara efektif

2)    Berkomunikasi secara lisan dan tulisan a)     Berkomunikasi dengan berbagai pihak secara santun, empatik, dan efektif

b)     Memanfaatkan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

 

 

 

 

 

c.   Kompetensi Manajerial

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)    Merencanakan kegiatan dan pengembangan laboratorium sekolah/madrasah

 

a)    Menyusun rencana pengembangan laboratorium

b)    Merencanakan pengelolaan laboratorium

c)    Mengembangkan sistem administrasi  laboratorium

d)    Menyusun prosedur operasi standar (POS) kerja laboratorium

2)

Mengelola kegiatan laboratorium sekolah/madrasah a)    Mengkoordinasikan kegiatan praktikum dengan guru

b)    Menyusun jadwal kegiatan laboratorium

c)    Memantau pelaksanaan kegiatan laboratorium

d)    Mengevaluasi kegiatan laboratorium

e)    Menyusun laporan kegiatan laboratorium

 

3)

Membagi tugas teknisi dan laboran laboratorium sekolah/ madrasah a)    Merumuskan rincian tugas teknisi dan laboran

b)    Menentukan jadwal kerja teknisi dan laboran

c)    Mensupervisi teknisi dan laboran

d)    Membuat laporan secara periodik

4)

Memantau sarana dan  prasarana laboratorium sekolah/madrasah a)    Memantau kondisi dan keamanan bahan serta alat laboratorium

b)    Memantau kondisi dan keamanan bangunan laboratorium

c)    Membuat laporan bulanan dan tahunan tentang kondisi dan pemanfaatan laboratorium

5)

Mengevaluasi kinerja teknisi dan laboran serta kegiatan laborato-rium sekolah/madrasah a)    Menilai kinerja teknisi dan laboran laboratorium

b)    Menilai hasil kerja teknisi dan laboran

c)    Menilai kegiatan laboratorium

d)    Mengevaluasi program laboratorium untuk perbaikan selanjutnya

 

 

 

 

 

 

d.   Kompetensi Profesional

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1) Menerapkan gagasan, teori, dan prinsip kegiatan laboratorium sekolah/madrasah a)    Mengikuti perkembangan pemikiran tentang pemanfaatan kegiatan laboratorium sebagai wahana pendidikan

b)    Menerapkan hasil inovasi atau kajian laboratorium

 

2) Memanfaatkan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian di sekolah/madrasah a)    Menyusun panduan/penuntun (manual) praktikum

b)    Merancang kegiatan laboratorium untuk pendidikan dan penelitian

c)    Melaksanakan kegiatan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian

d)    Mempublikasikan karya tulis ilmiah hasil kajian/inovasi

3) Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium sekolah/madrasah a)    Menetapkan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja

b)    Menerapkan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja

c)    Menerapkan prosedur penanganan bahan berbahaya dan beracun

d)    Memantau bahan berbahaya dan beracun, serta peralatan keselamatan kerja

 

2.  KOMPETENSI TEKNISI LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH

 

a.  Kompetensi Kepribadian

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)

Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, mantap, dan berakhlak mulia a)   Bertindak secara konsisten sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan budaya nasional Indonesia

b)   Berperilaku arif

c)    Berperilaku jujur

d)   Menunjukkan kemandirian

e)   Menunjukkan rasa percaya diri

f)     Berupaya meningkatkan kemampuan diri

2)

Menunjukkan komitmen terhadap tugas a)    Berperilaku disiplin

b)    Beretos kerja yang tinggi

c)    Bertanggung jawab terhadap tugas

d)    Tekun, teliti, dan hati-hati dalam melaksanakan tugas

e)    Kreatif dalam   memecahkan masalah yang berkaitan dengan  tugas profesinya

f)     Berorientasi pada kualitas

 

b.  Kompetensi Sosial

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)

Bekerja sama dalam pelaksanaan tugas a)    Menyadari kekuatan dan kelemahan diri

b)    Memiliki wawasan tentang pihak lain yang dapat diajak kerja sama

c)    Bekerjasama dengan berbagai pihak secara efektif

2)

Berkomunikasi secara lisan dan tulisan a)    Berkomunikasi dengan berbagai pihak secara santun, empatik, dan efektif

b)    Memanfaatkan berbagai peralatan  TIK untuk berkomunikasi

 

c.  Kompetensi Administratif

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)

Merencanakan pemanfaatan laboratorium sekolah/madrasah a)     Merencanakan kebutuhan bahan, peralatan, dan suku cadang laboratorium

b)     Memanfaatkan katalog sebagai acuan dalam merencanakan bahan, peralatan, dan suku cadang laboratorium

c)     Membuat daftar bahan, peralatan, dan suku cadang yang diperlukan laboratorium

d)     Merencanakan kebutuhan bahan dan perkakas untuk perawatan dan perbaikan peralatan laboratorium

e)     Merencanakan jadwal perawatan dan perbaikan peralatan laboratorium

2)

Mengatur penyimpanan  bahan, peralatan, perkakas, dan suku cadang laboratorium sekolah/madrasah a)     Mencatat bahan, peralatan, dan fasilitas laboratorium dengan memanfaatkan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

b)     Mengatur tata letak bahan, peralatan, dan fasilitas laboratorium

c)     Mengatur tata letak bahan, suku cadang, dan perkakas untuk perawatan dan perbaikan peralatan laboratorium

 

d.   Kompetensi Profesional

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)

Menyiapkan kegiatan laboratorium sekolah/madrasah

 

 

 

a)    Menyiapkan petunjuk penggunaan peralatan laboratorium

b)    Menyiapkan paket bahan dan rangkaian peralatan yang siap pakai untuk kegiatan praktikum

c)    Menyiapkan penuntun kegiatan praktikum

KOMPETENSI KHUSUS
Teknisi Laboratorium IPA, Fisika, Kimia, Biologi dan Program Produktif SMK
a)    Membuat peralatan praktikum sederhana

b)    Membuat paket bahan siap pakai untuk kegiatan praktikum

Teknisi Laboratorium Bahasa
Membuat rekaman audio visual dalam berbagai media  untuk kepentingan pembelajaran
Teknisi Laboratorium Komputer
a)     Memelihara kelancaran jaringan komputer (LAN)

b)     Mengoperasikan program aplikasi sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran

2) Merawat peralatan dan bahan di laboratorium sekolah/madrasah

 

a)    Mengidentifikasi kerusakan peralatan dan bahan laboratorium

b)    Memperbaiki kerusakan peralatan  laboratorium

3)

Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium sekolah/madrasah

 

a)     Menjaga kesehatan diri dan lingkungan kerja

b)     Menggunakan peralatan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium

c)     Menangani bahan-bahan berbahaya dan beracun sesuai dengan prosedur yang berlaku

d)     Menangani limbah laboratorium sesuai dengan prosedur yang berlaku

e)     Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan

 

3.   KOMPETENSI LABORAN SEKOLAH/MADRASAH

 

a.   Kompetensi Kepribadian

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)

Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, mantap, dan berakhlak mulia a)   Bertindak secara konsisten sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan budaya nasional Indonesia

b)   Berperilaku arif

c)    Berperilaku jujur

d)   Menunjukkan kemandirian

e)   Menunjukkan rasa percaya diri

f)     Berupaya meningkatkan kemampuan diri

2)

Menunjukkan komitmen terhadap tugas a)    Berperilaku disiplin

b)    Beretos kerja yang tinggi

c)    Bertanggung jawab terhadap tugas

d)    Tekun, teliti, dan hati-hati dalam melaksanakan tugas

e)    Kreatif dalam   memecahkan masalah yang berkaitan dengan  tugas profesinya

f)     Berorientasi pada kualitas

 

 

 

 

 

 

 

 

b.    Kompetensi Sosial

 

 KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)

Bekerja sama dalam pelaksanaan tugas a)    Menyadari kekuatan dan kelemahan diri

b)    Memiliki wawasan tentang pihak lain yang dapat diajak kerja sama

c)    Bekerjasama dengan berbagai pihak secara efektif

2)

Berkomunikasi secara lisan dan tulisan a)    Berkomunikasi dengan berbagai pihak secara santun, empatik, dan efektif

b)    Memanfaatkan berbagai peralatan  TIK untuk berkomunikasi

 

c.   Kompetensi Administratif

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1) Meninventarisasi bahan praktikum a)    Mencatat bahan laboratorium

b)    Mencatat penggunaan bahan laboratorium

c)    Melaporkan penggunaan bahan laboratorium

2) Mencatat kegiatan praktikum a)    Mencatat kehadiran guru dan peserta didik

b)    Mencatat penggunaan alat

c)    Mencatat penggunaan penuntun praktikum

d)    Mencatat kerusakan alat

e)    Melaporkan keseluruhan kegiatan praktikum secara periodik

 

 

d.   Kompetensi Profesional

 

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI

1)

Merawat ruang laboratorium sekolah/madrasah a)     Menata ruang laboratorium

b)     Menjaga kebersihan ruangan laboratorium

c)     Mengamankan ruang laboratorium

2)

Mengelola bahan dan peralatan laboratorium sekolah/madrasah a)     Mengklasifikasikan bahan dan peralatan praktikum

b)     Menata bahan dan peralatan praktikum

c)     Mengidentifikasi kerusakan bahan, peralatan, dan fasilitas laboratorium

d)     Menjaga kebersihan alat laboratorium

e)     Mengamankan bahan dan peralatan laborato-rium

Khusus untuk laboran biologi:

f)      Merawat tanaman untuk kegiatan praktikum

g)     Memelihara hewan untuk praktikum

3)

Melayani kegiatan praktikum a)     Menyiapkan bahan sesuai dengan penuntun praktikum

b)     Menyiapkan peralatan sesuai dengan penuntun praktikum

c)     Melayani guru dan peserta didik dalam pelaksanaan praktikum

d)    Menyiapkan kelengkapan pendukung praktikum (lembar kerja, lembar rekam data, dan lain-lain)

4)

Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium sekolah/madrasah

 

a)     Menjaga kesehatan diri dan lingkungan kerja

b)     Menggunakan peralatan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium

c)     Menangani bahan-bahan berbahaya dan beracun sesuai dengan prosedur yang berlaku

d)     Menangani limbah laboratorium sesuai dengan prosedur yang berlaku

e)     Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan

 

 

 

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

 

TTD.

 

BAMBANG SUDIBYO

 

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: