Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional

KATA PENGANTAR

 

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu ‘alaikum Wr Wb.

 

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT.  Karena dengan qudrah dan iradah-Nya lah penulis telah dapat menyelesaikan bedah buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “  ini .

Pada kesempatan ini secara khusus penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman dan kerabat yang telah memberi petunjuk serta dorongan untuk menyelesaikan bedah buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “  ini .

Penulis menyadari bahwa bedah buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “  ini masih jauh dari kesempurnaan.  Walaupun penulis telah berusaha semaksimal mungkin serta dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang ada.

Akhirnya penulis mohon kepada Allah SWT memberi kekuatan untuk mendarma baktikan ilmu yang ada.

 

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

 

 

 

Langsa,  Juli  2011

Penulis

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR  …………………………………………………………………………………………………           1

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………………………           2

BAB  I  PENDAHULUAN …………………………………………………………………………………………….          3

  1. Latar Belakang  ……………………………………………………………………………………….         3
  2. Masalah  ……………………………………………………………………………………………….         3
  3. Tujuan  …………………………………………………………………………………………………         3

BAB II  ISI BEDAH BUKU ……………………………………………………………………………………………         4

BAB III  ANALISA  ……………………………………………………………………………………………………          7

BAB  IV  PENUTUP  ………………………………………………………………………………………………….         7

  1. Kesimpulan  ………………………………………………………………………………………….         7
  2. Saran-saran  ………………………………………………………………………………………….        7

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  I  PENDAHULUAN

  1. A.       Latar Belakang

Yang melatar belakangi penulis mengadakan   bedah buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “, karena penulis tertarik  akan buku ini dan berpandanganbahwa buku ini  dapat bermanfaat bagi kalangan pendidik, secara kreatif, inovatif dan profesional yang berkesinambungan untuk kemajuan bangsa dan negara.

  1. B.       Masalah

Berdasarkan analisa dan telaah yang telah penulis lakukan pada buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “  memaparkan secara gamblang dan konkret perihal :

  1. Langkah-langkah memajukan pendidikan
  2. Manajemen pengelolaan pendidikan
  3. Kepemimpinan pendidikan

Yang menjadi hal yang menarik bagi penulis untuk melakukan bedah buku terhadap buku ini, untuk lebih dapat mengambil manfaat yang tersirat di dalam buku ini yang nantinya akan dapat bermanfaat bagi penulis untuk menambah ilmu dan wawasan berfikir penulis dimasa mendatang, maka penulis berkesimpulan untuk segera melakukan bedah buku terhadap buku yan g berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “ ini.

  1. C.       Tujuan

Yang menjadi tujuan utama dalam bedah buku ini bagi penulis adalah untuk dapat lebih dalam mengetahui apa-apa yang telah dipaparkan dan dibahas dan di sajikan oleh pengarang dalam bukunya yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “, yang pada akhirnya dapat memudahkan bagi penulis untuk memahami isi buku dan menelaah keutamaan ini dan kekurangan dalam penulisan buku ini yang tentunya untuk kebaikan dan kesempurnaan isi buku ini  dimasa mendatang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  II  ISI BEDAH BUKU BERJUDUL

 “ Manajemen Penglolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional “

 

MENEROPONG TANTANGAN PENDIDIKAN GLOBAL

 

A. Tantangan eksternal

1.  Globalisasi.

2.  Kompleksitas.

3.  Turbulence.

4.  Dinamika.

5.  Akselerasi.

6.  Keberlanjutan dari kuno menuju modern.

7.  Konektivitas.

8.  Konvergensi.

9.  Konsolidasi

10. Rasionalisasi.

11. Paradok Global

12. Kekuatan pikiran.

 

B. Tantangan Internal

a.  Untuk reputasi Akademik.

b.  Untuk seleksi mahasiswa.

c.  Untuk sumber-sumber fakultas.

d.  Untuk hasil penelitian.

 

Langkah Efektif Memajukan Pendidikan

A.  Mengembangkan perpustakaan

1.  Fungsi Edukatif.

2.  Fungsi Informatik.

3.  Fungsi Administratif.

4.  Fungsi Rekreatif.

5.  Fungsi Penelitian.

B.  Membiasakan Bahasa Asing

C.  Mengembangkan Kualitas Guru

D.  Melengkapi  Sarana Prasarana

E.  Memacu Kreatifitas

F.  Memantapkan Manajemen Kepemimpinan Profesional

 

Urgensi Manajemen Pengelolan Pendidikan

A.  Pengertian Manajemen

B.  Manajemen Sebagai  Sistem

C.  Keterampilan Manajemen

1.  Keterampilan Konsep

2.  Keterampilan Manusiawi

3.  Keterampilan Teknik

 

Urgensi Kepemimpinan Pendidikan

A.  Hakikat  Pemimpin

B.  Tipe-Tipe Kepemimpinan

 

Manajemen Konflik

A.  Macam-macam konflik

B.  Dampak konflik

C.  Tipe Manajemen Konflik

 

Tips Menjadi  Pemimpin Pendidikan Profesional

A.  Dua Belas Prinsip Utama

1.  Visi Progresif

2.  Manajemen Fungsional

3.  Konsolidasi Internal

4.  Profesionalisme

5.  Transparansi Keuangan

6.  Mengembangkan Network Relationship

7.  Antisiatif

8.  Diversifikasi

9.  Menerapkan HighTeknology

10.  Fokus Pembidangan

11.  Pemberdayaan Masyarakat

12.  Regenerasi

 

B.  Menuju Pemimpin Profesional

1.  Menteri

a.  Melihat secara obyektif kondisi lembaga pendidikan

b.  Memberikan peratian yangadil kepada semua

c.  Menjadi fasilitator dan dinamisator

d.  Mendorong lahirnya penemuan-penemuan spektakuler

e.  Memberikan perhatian lebih kepadasiswa berprestasi

2.  Manajer

a.  Fokus pada pengunaan jasa pendidikan (pelanggan)

b.  Kepemimpinan

c.  Perbaikan yang berkesinambungan

d.  Manajemen SDM

 

1)  Dampak manajemen yang sentralistik

2)  Mekanisme pendanaan oleh pemerintah

3)  Manajemen dan organisasi

4)  Sumber daya manusia

  1. Perencanaan dan pengembangan sekolah
  2. Iklim dan budaya sekolah
  3. Harapan yang tinggi untuk berprestasi
  4. Pemantauan terhadap perkembangan siswa
  5. Kepemimpinan kepala sekolah
  6. Pengembangan guru dan staf
  7. Penguatan
  8. Keterlibatan orang tua dan masyarakat
  9. Keterlibatan dan tangggungjawab siswa
  10. Penghargaan dan insentif
  11. Tata tertib dan kedisiplinan

 

  1. Direktur
    1. Menangkap perubahan yang terjadi dengan ceepat
    2. Membuat kebijakan dan langkah-langkah jangka panjang yang strategis dan visioner
    3. Meendorong kompetisi yang berkualitas
    4. Melakukan koordinasi dan evaluasi komprehensip
    5. Kepala Sekolah
      1. Mengatur struktur dan kewenangan masing-masing
      2. Mengadakan rapat berkala dan situasional
      3. Menetapkan perencanaan kegiatan satu tahun
      4. Melakukan terobosan kegiatan
      5. Mengadakan kerja sama dengan pihak luar demi kemajuan sekolah
      6. Melakukan kaderisasi  kepemimpinan

 

  1. Kompetensi Kepribadian
    1. Memiliki integritas kepribadian yang kuatsebagai pemimpin
    2. Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah
    3. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi
    4. Mampu mengendalikan diri dalam menhadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah
    5. Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan
    6. Kompetensi manajerial
      1. Mampu menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan
      2. Mampu mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan
      3. Mampu memimpin guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
      4. Mampu mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
      5. Mampu mengelola hubungan sekolah dengan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar dan pembiayaan sekolah
      6. Mampu mengelola kesiswaaan terutama dalam rangka penerimaan siswa baru, penempatan siswa, dan pengembangan kapasitas siswa
      7. Mampu mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
      8. Mampu mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
      9. Mampu mengelola ketata usahaaan sekolah dalam mendukung kegiatan –kegiatan sekolah
      10. Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan kesiswaan di sekolah
      11. Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam menciptakan inovasi yang berguna bagi poenembangan sekolah
      12. Mampu menciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif bagi pembelajaran siswa
      13. Mampu mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
      14. Terampil dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah
      15. Terampil mengelola kegiatan produksi/jasa dalam mendukung sumber pembelajaran sekolah dan sebagai  sumber belajar siswa
      16. Mampu melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai standar pengawasan yang berlaku
      17. Kompetensi supervisi
        1. Mampu melaksanakan supervisi sesuai prosedur dan teknik-tekik yang tepat
        2. Mampu melaksanakan Monitoring, evaluasi dan pelaporan program pendidikan sesuai dengan prosedur yang tepat
        3. Kompetensi sosial
          1. Terampil bekerja sama dengan orang lain berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi sekolah
          2. Mampu berpartisipasi dalm kegiatan sosial kemasyarakatan
          3. Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain

 

Dari tiga peranan kepala sekolah sebagai manajer tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Peranan hubungan antar perseorangan
  2. Peranan informasional
  3. Sebagai pengambil keputusan
    1. Sebagai pendidik (educator)
    2. Sebagai manajer
    3. Sebagai administrator
    4. Sebagai supervisor
    5. Sebagai leader
    6. Sebagai inovator
    7. Sebagai motivator
    8. Wali kelas
      1. Seminggu sekali mengecek kondisi siswa
      2. Seminggu sekali mengecek kedisiplinan guru
      3. Kreatif memecahkan masalahsecara efektif
      4. Aktif memberikan motivasi
      5. Intensif melaporkan perkembangan siswa kepada kepala sekolah

 

BAB  III   ANALISA

 

Dengan terbitnya buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “, akan dapat bermanfaat bagi kalangan pendidik, baik guru, kepala sekolah maupun pelaku pendidikan lainnya, karena isi buku ini dapat menambah wawasan pembaca dari kalangan pendidik dan akan menumbuhkan kreativitas, inovatif dan profesional pendidik yang berkesinambungan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

 

BAB  IV  PENUTUP

 

A. Kesimpulan

Dari hasil analisa penulis bahwa buku yang berjudul : “ Manajemen Pengelolaan dan KepemimpinanPendidikan Profesional”, membahas dan mengupas tentang perihal gaya kepemimpinan, pengelolaan dan pengorganisasian pendidikan secara profesional sesuai kebutuhan dan kemajuan zaman ini.

 

B.  Saran

Saran penulis sebaiknya didalam penulisan buku ini juga menekankan pengembangan pendidikan karakter bangas dan menejemen yang berbasis pada otoritas satuan pendidikan, yang kesemuanya itu dapat menumbuh kembangkan gaya kepemimpinan kependidikan,  pengelolaan pendidikan yang profesional dan berwawasan kebangsaan.

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: