BAHAN UT__Mata Kuliah: MATERI DAN PEMBELAJARAN PKN SD

MODUL  I

PDGK 4401, Materi dan Pembelajaran Pkn SD, 3 sks.motivasi
Mata kuliah(“katalog-ut-pendas-2011 dan Lampiran 20 DAFTAR MATA KULIAH TUTORIAL ONLINE 2010 atau pedoman tutorial paraktek dan pratikum“) ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn (“Model PBM PKN atau Materi 1 Hakekat Strategi Pembelajaran “)di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu mengerjakan PKn berlandaskan pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan. Selengkapnya download berikut ini    ” Makalah tentang: Paradigma Baru PKn di SD,”……………….

Materi dan Pembelajaran PKN SD

Rangkuman Mata Kuliah

MODUL 1

PARADIGMA BARU PKN DI SD

Kegiatan Belajar 1

Warga Negara yang Demokratis


Masyarakat demokratis dapat terwujud apabila masyarakat dalam suatu negara memiliki tingkatpendidikan yang layak, cerdas, memiliki tingkat penghidupan yang cukup, dan mereka punyakeinginan berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Demokrasi berarti pemerintahan yang dijalankan oleh rakyat baik secara langsung maupun tidaklangsung (melalui perwakilan) setelah adanya proses pemilihan umum secara langsung, umum,bebas, rahasia, jujur dan adil, sering disebut “luber dan jurdil”. Dalam sistem pemerintahandemokrasi, kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.Demokrasi sesungguhnya bukan hanya seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan,tetapi juga mencakup seperangkat praktek dan prosedur yang terbentuk melalui sejarah panjangdan sering berliku-liku sehingga demokrasi sering disebut suatu pelembagaan dari kebebasan.Dalam masyarakat demokratis terdapat lima sistem tata kehidupan bernegara sebagai berikut:(selengkapnya dapat anda download berikut ini “Materi dan Pembelajaran PKnSD/MI” atau download naskah berikut ini Karakteristik Warga Negara Yang Demokrat (PKn))

KEGIATAN  BELAJAR 2

MODEL PEMBELAJARAN PKn UNTUK PENGEMBANGAN WARGA NEGARA YANG DEMOKRATIS

1. Model Pembelajaran PKn

2. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN2  Model2 Pembelajaran  MODEL-MODEL Pembelajaran

3. Model PBM PPKN

4. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PPKn

A. TIPS MEMPELAJARI MODUL (BUKU MATERI POKOK)

TIPS 1

Selanjutnya untuk mempermudah dan membantu Anda mempelajari dan memahami isi modul, berikut ini diberikan beberapa petunjuk, yaitu sebagai berikut.

1         Bacalah isi pendahuluan modul ini dengan baik, sehingga Anda mengetahui isi modul ini, manfaat  yang  akan Anda peroleh serta bagaimana cara mengkaji isi modul ini;

2         Bacalah modul ini secara keseluruhan secara sepintas;

3         Temukan kata-kata kunci dan kata-kata yang Anda anggap sukar atau baru bagi Anda. Carilah arti kata-kata tersebut dalam kamus;

4         Baca isi modul ini dengan cermat bagian perbagian;

5         Upayakan Anda benar-benar memahaminya dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat maupun melalui pemahaman Anda sendiri;

6         Untuk menambah pemahaman Anda, saksikan VCD yang menyertai buku materi pokok dan amati dengan cermat;

7         Jika memungkinkan lakukan observasi perkembangan fisik/motorik anak terhadap anak-anak usia dini yang ada di sekitar anda dan buatlah resumenya;

8         Kerjakan latihan dan tes formatif yang tersedia dengan sungguh-sungguh dan upayakan untuk tidak melihat petunjuk jawaban latihan dan kunci jawaban sebelum Anda selesai mengerjakannya;

9         Manfaatkan kegiatan tutorial dengan menanyakan hal-hal yang belum Anda pahami pada tutor;

10     Akhirnya selamat belajar dan semoga sukses!

TIPS 2

READING
Bacalah isi modul secara keseluruhan dengan seksama. Baca secara perlahan dan usahakan untuk memasuki bacaan seperti Anda sedang membaca novel dan nikmati seluruh isi bacaan seolah bacaan tersebut sangat menarik hati Anda.

UNDERLINE
Garis bawahi kata-kata penting atau kata-kata/kalimat yang menarik perhatian Anda, atau yang tidak Anda pahami. Gunakan tinta berwarna atau kertas kecil yang ditempel pada bagian tersebut. Setelah itu, cobalah untuk langsung mencari tahu arti kata-kata/kalimat tersebut dari sumber lain. Misalnya buku, kamus, atau narasumber yang Anda anggap mengetahui arti kata tersebut.

NOTE TAKING
Buatlah catatan  pada bagian-bagian yang Anda anggap perlu mendapat perhatian Anda atau penjelasan dari sumber lain yang Anda dapatkan dari pencarian Anda. Tuliskan saja dalam modul tersebut atau Anda dapat menggunakan kertas lain yang ditempelkan atau diselipkan dalam halaman yang Anda anggap perlu diberi penjelasan tambahan.

SUMARY
Setiap kali selesai membaca satu modul atau satu kegiatan belajar, cobalah untuk membuat rangkuman dengan kata-kata Anda sendiri yang bisa Anda pahami dan memuat pokok-pokok isi modul/kegiatan belajar yang baru saja Anda baca. Janganlah Anda membuat catatan yang Anda sendiri tidak bisa memahaminya. Apabila Anda lebih bergaya visual, rangkuman ini dapat Anda buat berupa bagan atau gambar-gambar yang Anda pahami.

UNDERSTANDING
Cobalah untuk memahami materi yang Anda baca dengan cara mengaitkannya dengan pengalaman Anda sehari-hari. Apabila Anda seorang guru, cobalah kaitkan materi dalam modul tersebut dengan apengalaman Anda saat mengajar di dalam kelas sehingga pemahaman yang Anda dapatkan benar-benar mendasar dan melekat erat dalam pikiran Anda.

MEANING
Pahami keseluruhan isi modul dengan mengaitkan materi dalam modul-modul yang bisa dikaitkan. Pemaknaan ini dapat pula Anda lakukan dengan mencoba membuat pertanyaan dengan jawaban materi yang telah Anda pelajari. Setelah itu berlatihlah menjawab pertanyaan tersebut tanpa perlu membaca modul kembali. Namun apabila Anda tidak atau belum dapat menjawabnya maka segeralah Anda cari kembali dalam modul. Jangan amenundanya karena dengan menundanya berarti kesempatan Anda untuk mengingat materi tersebut juga akan tertunda.

B. Strategi Pembelajaran PKn

Matakuliah Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertujuan untuk membekali Anda dalam memilih, mengadaptasi dan menerapkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan berbagai model secara kontekstual, kreatif, inovatif dan menyenangkan.  Selengkapnya klik disini PKNI4301

C. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran PKn

Mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran mengajak Anda untuk mengkaji hal-hal yang melandasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Materi mata kuliah ini mencakup hakikat kurikulum dan pembelajaran; landasan dan prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dalam pengembangan kurikulum; kerangka dasar pengembangan kurikulum 2004; tantangan kurikulum dan pembelajaran di abad ke-21; model-model pengembangan rencana pembelajaran; dan perencanaan pembelajaran. Selengkapnya klik disini PKNI4303

D. Membuat Catatan Modul

MEMBUAT CATATAN RINGKASAN MODUL YANG EFISIEN
Apa yang dimaksud dengan ringkasan atau catatan yang baik? Ringkasan atau catatan disebut baik jika terorganisasi dengan baik, dan sesuai dengan pribadi orang yang membuat catatan tersebut.
Catatan yang terorganisasi dapat membantu kita memahami kembali hal-hal yang sudah kita baca atau pelajari.
Namun catatan yang terorganisasi bukan selalu berarti catatan yang rapi. Bagi orang-orang yang menyukai kerapian dalam mencatat, catatan yang terorganisasi berarti catatan yang rapi. Tapi ada orang-orang tertentu yang lebih suka membuat coretan, gambar-gambar, atau sketsa, daripada mencatat dengan rapi. Bagi orang-orang dengan tipe ini membuat catatan yang rapi tanpa sketsa atau coretan adalah sesuatu hal yang sulit dilakukan. Lalu apa yang dimaksud catatan yang terorganisasi dengan baik?

Catatan yang terorganisasi dengan baikadalah catatan yang isinya tersusun dengan teratur. Ingat…. teratur tidak berarti rapi! Catatan yang terorganisasi dengan baik akan memberi banyak keuntungan bagi Anda. Ada beberapa macam teknik membuat catatan yang terorganisasi dengan baik. Pilihlah teknik yang paling sesuai dengan Anda, atau kombinasikan teknik-teknik tersebut. Alternatif lain adalah membuat sendiri teknik yang paling sesuai dengan diri Anda. Sekali lagi, yang terpenting pilihlah teknik yang paling pasuntuk Anda.

Teknik mengorganisasi catatan:

1. Mengelompokan informasi

2. Ringkasan standar

3. Mengorganisasi informasi dengan tabel

4. Mengorganisasi informasi dengan diagram

5. Membuat catatan berjenjang/bertingkat

6. Catatan yang berbentuk coretan

MODUL  II

Materi dan Pembelajaran Individu sebagai Insan Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Sosial dan Warga Negara Indonesia

1. Klik disini selengkapnya……..

2. MENGAJARKAN NILAI (VALUE) : SALAH SATU HAKIKAT PENDIDIKAN

3. modul-2 Presentasi

4. Bahan referensi PSOS4101

5. SATUAN-ACARA-TUTORIAL-Zainuddin,S.Pd

MODUL III

Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan

1. MATERI DAN PEMBELAJARAN SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN

Sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan

Bangsa adalah sekelompok masarakat yang bersatu atau dipersatukan adanya persamaan nasip dan pengelaman di masa lampau mempunyai cita-cita serta tujuan yang sama untuk kehidupan di masa depan. Selengkapnya……

a. SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN

b. Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

c. Semangat Kebangsaan menciptakan Negara Merdeka dan Berdaulat

d. Artikel_Malaysia

2. Presentasi

a. SEJARAHPERJUANGANKEMERDEKAANINDONESIA

b. Identitas nas_Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

MODUL IV

Materi dan Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia

Presentasi   materi-presentsi

MODUL V

Materi dan Pembelajaran Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Tahun 1945

Presentasi :

1. pancasila dan UUD 1945

2. Hubungan Pancasila dengan UUD 1945



Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: