SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN

SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN

 

Sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan  Bangsa adalah sekelompok masarakat yang bersatu atau dipersatukan adanya persamaan nasip danpengelaman di masa lampau mempunyai cita-cita serta tujuan yang sama untuk kehidupan di masadepan.Menurut Surjomiharjdjo (1989) perjuangan bangsa untuk mencapai kemerdekaan di Negara-negaraasia yang pernah mengalami prosess penjajahan, pada umumnya mencapai puncak pada pertengahan abad ke 20 yakin melalui proses dekolonisasi antara tahun1945-1955 negara-negara yang merdeka dalam priode tersebut selain Indonesia adalah libanon dan srilangka (21 juni 1945), yordania (22Maret1946), pilipina (4 juli 1946), India dan Pakistan (15 agustus 1947) , burma atau miyanmar (4 januari1948), srilangka (4 febuari 1948), Vietnam (20 juli 1954), dan masih banyak lagi Negara-negara lain yang merdeka yang utama setelah diadakan nya konfrensi asia – afrika di bandung pada tahun 1955.  Perjuangan untuk melepaskan diri kungkungan penjajah telah dilakukan di berbagai daerah di nusantara jauh sebelum abad ke 20.  hanya perjuangan nya belum bersifat nasional atau kebangsaan untuk membentuk suatu Negara bangsa.perjuangan dilakukan sejumlah kerajaan untuk mengusir penjajah dari daerah atau kerajaan tentu secara local sehinga sering di buat perjuangan kedaerah ataulokasi. Hampir semua orang yang ada di wilayah ini pernah merasa bagai mana merasakan sakit dan penderitaan selama selama dalam penjajahan misalnya, pengelaman penderitaan selama diterapkannya peraturan tanam paksa (cultuur stesel) oleh van den bosch tahun 1828.  seorang gubernur jendral kepercayaan ratu Wilhelm 1dalam pemerintah hindia  belanda . sistem tanam paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang di tentukan oleh pemerintah dan hasilnya di serahkan kepada pemerintah .  adapun pokok-pokok peraturan tanaman paksa itu sebagai berikut,

 

1. petani wajib menyediakan 1/5 dari tanahnya yang akan di tanami oleh tanaman wajib , yang akan diperdagangkan oleh pemerintah tanaman wajib iut berupa trauma(nila), tebu, tembakau, kopi.

2. hasil tanaman wajib di serahkan kepada pemerintah dengan harga yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

3. tanaman yang di kenakan tanaman wajib di sebabkan dari pajak tanah.

4. tanah yang di peruntukan bagi pemeliharaan tanaman wajib ,tidak tidak boleh melebihi tenaga kerja demi pengarapan tanah (sawah)

5. mereka yang tidak memiliki tanah, di kenakan wajib kerja di perkebunan selama 65 hari setahun.

6. kerusakan tanaman wajib di luar kesalahan petani di tangung oleh pemerintah.

 

Rakyat diperas bukan hanya tenaga melainkan juga kekayaan nya sehingga mengakibatkan banyak sekali rakyat yang jatuh miskin.  apalagi ketika di berlakukannya system peremi, banyak pelaksanaan tanam paksa yang berlomba-lomba untuk mencari keuntungan pribadi .di pihak lain ,  pemerintah belanda mendapatkan kekayaan yang berlimpah untuk membangun Negara yang mengantarnya menjadi Negara industri di eropa. Tengah-tengah penderitaan rakyat nusantara akibat praktis cultuur stelsel , sedangkan di negeri belanda sendiri menjadi proses pembangunan besar-besaran hasil keringat rakyat di nusantara yangmengalami pembodohan proses pembodohan dan kemiskinan ,muncul pula suara –suara yang inginmembela rakyat jajahan di perlemen belanda yangterutama dari partai liberal yang memenangkanpemilu saat itu.orang yang menaruh simpati atas penderitaan rakyat di nusantara itu adalah berikutini.

1. baraon Van houvell, seorang pendeta berkerja bertahun-tahun di wilayah nusantara sehinga tahu kondisi rakyat di tanah air saat ini.ketika kembali kenegara belanda , ia menjadi anggota parlemen dan membeberkan tentang kesengsaraan rakyat di Indonesia.

 

2.Eduard douwes dekker,terkenal dengan nama samaran multatuli,berkas asisten residen lebak yang minta berhenti karena tidak tahan melihat kesengsaraan rakyat lebak akibat penjajah belanda .dalam bukunya ‘Max Heventer’ yang di tulis tahun 1960 mengambarkan bagaimana gambaran penderitaan rakyat benteng akibat penjajah belanda.

 

3.Mr.Van Deventer,yang gigih membela kepentingan rakyat Indonesia dan berpendapat bahwa belanda mempunyai hutang budi kepada rakyat Indonesia.hutang ini harus di bayar oleh belanda dania mengusulkan agar belanda menerapkan Etische politic, yaitu politik balas bidi yang terdiri dari tigaprogram: edukasi, tranmigrasi, dan irigasi.  semua program ini hendaknya di laksanakan semata-matahanya untuk memabantu rakyat Indonesia namun, kenyataan  jauh dari harapan rakyat nusantara. Terbukti setelah adanya politik balas budi, ada rakyat Indonesia ada rakyat Indonesia yang mulai sadar atas nasipnya, dimana banyak kepincangan social, kebodohan dan kemiskinan yang merajalela. mereka yang mengenyam pendidikan dan sadar akan nasip bangsa ini lah yang selanjutnya menjadi tokoh-tokoh pergerakan dan kebangkitan nasional.  Membagi masa perjuangan kebangsa atas lima demensi yaitu:

 

(1).pergerakan politik

(2)pengerakanserikat perkerja

(3)pergerakan keagamaan

(4)pergerakan wanita dan

(5)pergerakan pemuda.

 

 

3. tanaman yang di kenakan tanaman wajib di sebabkan dari pajak tanah.

 

4. tanah yang di peruntukan bagi pemeliharaan tanaman wajib ,tidak tidak boleh melebihi tenagakerja demi pengarapan tanah (sawah)

 

5. mereka yang tidak memiliki tanah ,di kenakan wajib kerja di perkebunan selama 65 hari setahun.

 

6. kerusakan tanaman wajib di luar kesalahan petani di tangung oleh pemerintah.

 

Lima demensi pergerakan pada masa penjajahan belanda ini di bagi lagi menurut kurun waktu  sebagai berikut:

 

I .Masa 1908-1920

II .Masa 1920-1930

III.Masa 1930-1942

Ada tiga jenis pergerakan politik pada masa 1908-1920 iakah berikut ini:

 

1.organisasi-organisasi Indonesia yang terdiri atas Budi utomo,sarekat islam,perkumpulan-perkumpulan berdasarkan kedaerahan.

2.perkumpulan campuran ,yakni bangsa Indonesia da nbukan bangsa Indonesia,sepertiinsulinde,national indische partij,De indischepartij-Douwes dekkter,indische social demicratischeVereeninging-sneevliet,indische social democratische partij.

3.kumpulan campuran yang bertujuan Indonesia tetap dalam ikatan dengan Negara belanda.

 

Pergerakan politik pada masa 1920-1932 untuk organisasi Indonesia meliputi partai komunisindonesai,sarekat islam ,budi utomo,penghimpunan Indonesia ,dtudie club-studie club,partainasional indonesiaperkumpulan berdasarkan kedaerahan dan golongan berdasarkan keagamaan,sedangkan perangkat politik pada masa 1930-1942 meliputi pendidikan nasional Indonesia ,partaiIndonesia ,gerindo,partai persatuan Indonesia ,budi utomo ,partai rkayat Indonesia,persatuan bangsaindonesiapartai, Indonesia raya,,partai Indonesia raya ,PSSI, parii,penyedar,PII,dan PSII ke-2pekumpulan berdasarkan daerah ,golongan berdasarkan keagamaan ,GAPI,dan mjlis rakyatIndonesia.

 

1. budi utomo,di dirikan di Jakarta pada tanggal 20 mei 1908 yang di latar belakangi olehpropaganda,Dr.wahidin,sudirohusodo untuk melanjutkan bangsa Indonesia di bidang pengajaran.Pada kongres pertama Budi Utomo ,05 oktober 1908 di yokyakarta ,kongres berhasil menetapkantujuan kumpulan ,yaitu berikut ini: Kemajuan yang selaras (harmonis)buat Negara dan bangsa ,terutama degan memajukanpengajaran ,pertanian ,perternakan dan dagang,teknik dan industri,kebudayaan (kesenian dan ilmu).

 

2.sarekat islam,di dirikan di solo tahun 1911 oleh haji samanhudi.semula namanya sarekat dagangislam (SDI).

 

a.pandangan bangsa tionghua yang telah banyak menghambat perdangangan Indonesia ,sepertimonopoli bahasa-bahsa batik dan tingkah laku sombong orang tionghua telah terjadinya repolusi ditionghua.

 

b.semangkin meningkatnya penyebaran agama Kristen di tanah airdan adanya ucapan sehingaperlemen belanda tentang tipisnya kepercayaan beragama orang Indonesia.

 

c.cara adat istiadat lama yang terus di pakai di daerah-daerah kerajaan yang makin lama makin dirasakan sebagai penghinaan.Sampai tahun 1912,sarekat islam tidak mencantumkan tujuan politik dalam angaran dasarnya karenapada saat itu pemerintah belanda melarang mendirikan partai politik. belanda melarang mendirikan partai politik.hal ini di tegaskan dalam kongres sarekat islam pertama ,26 januari 1913 di Surabaya yang di pimpin oleh Tjokroaminotobahwa sarekat islam bukan partai politik dan tidak beraksi melawan pemerintah belanda.Kongres ketiga di bandung 17-24 juli 1916,di namakan kongres nasional

 

3. Perkumpulan pasundan,di dirikan pada bulan September 1914 di Jakarta angaran dasar miripdengan budi utomo hanya di tujukan untuk daerah pasundan saja .sebelum tahun 1920 ,pasundantidak bergerak dilapangan polotik melainkan di bidang kebudayaan pasundan merupakan organisasiyang bukan hanya untuk orang kelompok atau melainkan juga untuk kelompok rakyat kecil4.serikat Sumatra,di dirikan pada tahun 1918 oleh orang orang Sumatra yang ada di Jakartamenjelang pendirian Volksraad .sarana program kerja serikat Sumatra adalah politik dengan tujuan;

 

(1)meningkatkan pengaruh bangsa Indonesia dalam pemerintah negeri sehinga pada giliran dapattercapai pemerintahan sendiri

(2)memperjuangkan hak pemerintahan daerah (otonomi)seluas-luasnya dengan prinsip demokrasi

(3)mencegah terjadinya pertentangan antar kelompok ,kelasataupun antara suku bangsa .di bidang ekonomi ,perkumpulan ini ingin juga memajukanperekonomian Indonesia.

 

4.serikat Sumatra,di dirikan pada tahun 1918 oleh orang orang Sumatra yang ada di Jakartamenjelang pendirian Volksraad .sarana program kerja serikat Sumatra adalah politik dengan tujuan

 

(1)meningkatkan pengaruh bangsa Indonesia dalam pemerintah negeri sehinga pada giliran dapattercapai pemerintahan sendiri

(2)memperjuangkan hak pemerintahan daerah (otonomi)seluas-luasnya dengan prinsip demokrasi

(3)mencegah terjadinya pertentangan antar kelompok ,kelasataupun antara suku bangsa .di bidang ekonomi ,perkumpulan ini ingin juga memajukanperekonomian Indonesia.

 

5. Perkumpulan orang ambon,ada beberapa perkumpulan orang ambon,seperti “Wilhelmina“diidrikan tahun 1908 di magelang oleh kaum militer yang berusaha saling hidup rukun ,mengerakanhubungan dengan Negara belanda serta mengajuka npengajaran .perkumpulan Ambonsch studentfonds oleh Dr.Tehupeiory tahun 1909 yang berusaha memberikan penerangan tentang hal dankesempatan belajar dan memberi sokong uang kepada pelajar-pelajar yang cakap.selain itu adaperkumpulan orang ambon yang berusaha memajukan pengajaran dan penghidupan rakyatambon;“Mena muria“di dirikan tahun 1913 di semarang yang betujuan mencapai kemajuan dankemakmuran golongan ambon ;dan “Sou Maluku Ambon“yang di dirikan berapa tahun kemudianuntuk memajukan perekonomian penduduk.

 

Pada priode tahun 1920-1930 di tandai oleh berdiri nya berbagai organisasi yang bersifat kedaerahandan organisasi yang cukup besar pengaruhnya dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia ,partainasional Indonesia (PNI).semula organisasi ini bernama perserikatan nasional Indonesia ,di dirikandi bandung 4 juli 1927 yang menampung semua orang yang ketika itu tidak termasuk dalamorganisasi politik yang ada .sebagai organisasi kebangsaan PNI berasaskan menolong diri sendiri(selfhelp),non-kooperatif dan marhaenisme yang bertujuan sebagai berikut:- Bidang Politik - Bidang Ekonomi- Bidang SosialUpaya kelompok pemuda yang di rintis sejak lama itu mencetuskan cita-citanya dalam suatu kongrespemuda II di Jakarta pada tanggal 26-28 Oktober 1928 seluruh organisasi kepemudaan ini menanamkan suatu cita-cita Indonesia bersatu:Sumpah pemuda itu berbunyi sebagai berikut.Kami bangsa Indonesia mengaku ….1. Bertanah air satu tanah air Indonesia.2. Bangsa satu bangsa Indonesia.3. Berbahasa satu bahasa Indonesia.Perjuangan rakyat Indonesia pada tahun 1930-an sampai tahun 1940-an di tandai oleh semangkinbanyaknya organisasi yang bergerak di bidang politik organisasi-organisasi yang tumbuh dan padadasarnya mengerakan tujuan untuk mencapai kemerdekaan dari penjajah (imoerialisme)tersebutantara lain berikut ini.

 

1.Pendidikan nasional Indonesia (PNI Baru).sejak tahun 1932,organisasi ini dipimpin olehMoh.Hatta,bertujuan melepaskan diri dari penjajah untuk mencapai kemerdekaan dan menjunjungtinggi sikap nokoperasi dengan pihak pemerintah belanda.

 

2.Partai Indonesia (Partindo).organisasi ini di pimpin oleh Mr.sartono dan pada akhirnya merupakankelanjutan dari PNI lama hingga tujuan pun sama ialah Indonesia merdeka .secara spesifik,tujuanpartindo ialah:

(1)perluasan hak-hak politik da nperteguhan keinginan menuju suatu pemerintahrakyat berdasarkan demokrasi

(2)perbaikan hubungan komunikasi dalam masarakat;dan

(3)perbaikan ekonomi rakyat.

 

3. Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo).

Didirikan di Jakarta tahun 1937 oleh mantan anggotaPartindo sehingga tujuannya sama dengan Partindo. Perbedaannya, Gerindo menjunjung asaskoperasi, ialah mau bekerja sama dengan pihak Pemerintah Hindia Belanda. Gerindo berusahamencapai bentuk pemerintahan negara berdasarkan kemerdekaan di lapangan politik, ekonomi, dansosial.

 

4. Partai Pcrsatuan Indonesia (Parpindo). Partai ini berusaha mencapai kemajuan ke arah suatumasyarakat dan bentuk negara yang tersusun menurut keinginan rakyat. Didirikan oleh orang-orangmantan anggota Gerindo termasuk peran Moh. Yamin dalam organisasi ini sangat besar. Dasar partaiadalah  :

(1) “Sosial-nasionalisme” (nasional bersendi atas persatuan Indonesia dan kedaulatan rakyat)dan

(2) “Sosial-demokrasi”.

 

5. Budi Utomo (BU). Sejalan dengan hasil kongres tahun 1931, BU tcrbuka untuk semua golonganbangsa Indonesia. Tujuan BU mengalami perkembangan, ialah berusaha mencapai kemerdekaanIndonesia. Asas yang dipakai bersilat fleksibel, suatu saat bersikap kooperatit’, namun dapat pulabersikap nonkooperatif.

 

Organisasi politik lainnya yang tumbuh sejak tahun 1930-an hingga menjclang kemerdekaan yangmempunyai tujuan untuk mencapai kemerdekaan antara lain Partai Rakyat Indonesia (PR1),Pcrsatuan Bangsa Indonesia (PB1), Partai Indonesia Raya (Parindra), PS11, Partai Islam Indonesia(Parii), Penyedar, Pll, dan PS1I ke-2.

 

Melalui organisasi politik ,perjuangan bangsa Indonesia pada hakikatnya bertujuan untuk mencapaikemerdekaan dari penjajah asing karena mereka sadar akan nasibnya yang sedang di jajah sehinggakondisinya ,miskin,bodoh dan tidak ada kebebasan untuk menentukan nasipnya sendiri .oleh karenaitu ,muncul berbagai gerakan yang mengarah pada upaya untuk mempersatukan diri melawanpenjajah dengan sebagai taktik perjuangan yang di landasi oleh semangat persatuan dan nasionalismeyang kuat.Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan.Memahami dan mengerti sejarah sangat penting bagi suatu bangsa. Apalagiapabila bangsa tersebut dapat mengambil hikmah (pelajaran) dari masa lalu tersebut. Sebagaimanatelah diuraikan terdahulu bahwa sejarah merupakan peristiwa politik pada masa lalu dan peristiwapolitik masa kini akan menjadi sejarah pada masa mendatang. Oleh karena itu, tidak diragukan lagipara siswa perlu dilatih bagaimana dalam belajar PKn dapat mengambil makna dari sejarahperjuangan bangsa untuk dijadikan pelajaran pada masa kini dan esok. Dengan demikian, semangatkebangsaan, cinta tanah air dan peradaban yang telah dipupuk melalui proses waktu yang lama akantetap terpelihara dan semakin maju dari satu generasi ke generasi berikutnya. Mengapa generasisekarang perlu belajar dari generasi masa lalu? Suatu peradaban (kebudayaan) tidak lahir dengansendirinya secara tiba-tiba. Untuk membentuk dan melahirkan suatu peradaban diperlukan waktudan proses transformasi (pewarisan) yang inovatif serta proses pengembangan ke arah yang semakinmaju. Hal ini hanya dapat dicapai apabila proses tersebut dilakukan secara berkelanjutan danberkesinambungan. Proses tersebut antaralain dijalani melalui pendidikan sejarah bangsa.mengidentifikasi dan menilai bukti, fakta dan data. Ketika sejarawan menilaikebenaran atau validitas suatu dokumen sejarah maka ada dua hal yang perlu dipertimbangkan, yaknivaliditas eksternal dan validitas internal. Melalui dua jenis kajian ini, mereka akan belajar berlatihberpikir kritis terhadap suatu peristiwa sejarah.Pertama, validitas eksternal harus menggunakan isu yang otentik. Anggaplah, seorang sejarawan memperoleh dokumen yang diperkirakan ditulis pada abad ke-15 M. Seorang sejarawan mungkinakan menganalisis kertas dan tinta yang digunakan dengan alat kimia untuk menguji keaslian daridokumen tersebut. Kata yang digunakan dalam dokumen tersebutdibandingkan dengan kata yang digunakan dalam dokumen lain vang ditulispada abad ke-15 M.Sejarawan harus membuat keputusan yang cermat dan saksama tentang validitas dan reliabilitasfakta. Sejarah yang baik adalah hasil dari pikir yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan penuhdisiplin untuk menghasilkan sesuatu yang berguna-manfaat bagi generasi yang akan datang.

 

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • budies  On 24/08/2011 at 21:55

    wah bagus pak blognya, kalau boleh usul tulisannya dimasikkan kategori yang sesuai, agar mudah dikenal oleh google
    salam dari kalimantan tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: