Laporan Evaluasi Diri Sekolah

  Laporan Evaluasi Diri Sekolah

Kata Pengantar

 

               Kebijakan pembangunan pendidikan nasional sebagaimana digariskan dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional (2010-2014) diarahkan pada upaya mewujudkan daya saing, pencitraan publik, dan akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan. Tolak ukur efektivitas implementasi kebijakan tersebut dilihat dari ketercapaian indikator-indikator mutu penyelenggaraan pendidikan yang telah ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP). Tidak dipungkiri bahwa upaya strategis jangka panjang untuk mewujudkannya menuntut satu “Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan”  yang dapat membangun kerja sama dan kolaborasi di antara berbagai institusi terkait dalam satu keterpaduan jaringan kerja nasional. Dengan kata lain, diperlukan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan. Tata kerja yang dibangun mengisyaratkan adanya serangkaian proses dan prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan  melaporkan data mengenai kinerja dan mutu tenaga pendidik dan kependidikan, program, dan lembaga beserta rekomendasinya.

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP/ EQAS – Educational Quality Assurance and System) sedang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Kementerian Agama (Kemenag) dengan bantuan Pemerintah Australia.  Proses penjaminan mutu mengidentifikasi aspek pencapaian dan prioritas peningkatan, menyediakan data sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan serta membantu membangun budaya peningkatan mutu berkelanjutan. Pencapaian mutu pendidikan untuk pendidikan dasar dan menengah dikaji berdasarkan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dari BSNP. Empat hal penting yang perlu dilakukan dalam  penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan untuk pendidikan dasar dan menengah di Indonesia, yaitu : (1) Pengkajian mutu pendidikan, (2) Analisis dan pelaporan mutu pendidikan, (3) Peningkatan mutu merujuk pada Standar Nasional Pendidikan, dan (4) Penumbuhan budaya peningkatan mutu berkelanjutan.

Salah satu aspek dalam pengembangan sistem penjaminan termasuk peningkatan mutu pendidikan adalah Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagai  cara  menumbuhkan budaya peningkatan mutu berkelanjutan di sekolah. EDS dilaksanakan oleh setiap sekolah sebagai satu kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan mutu sekolah secara berkelanjutan. EDS merupakan mekanisme evaluasi internal yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama pendidik atau guru, komite sekolah,  orangtua, dengan bantuan pengawas. Hasil Evaluasi Diri Sekolah dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan sekolah dan laporan kepada dinas pendidikan tentang pencapaian sekolah untuk pengembangan lebih lanjut.

Laporan EDS disusun untuk menindaklanjuti hasil temuan yang didapatkan melalui instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dengan merujuk pada delapan SNP, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian. Butir-butir instrumen Evaluasi Diri Sekolah difokuskan pada aspek-aspek kehidupan sekolah yang paling esensial, yaitu kondisi-kondisi yang berkaitan dengan mutu pelayanan belajar-mengajar.

Sistem penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah di Indonesia beroperasi dalam suatu  manajemen pendidikan dan pemerintahan yang mendelegasikan sebagian besar tanggung jawab implementasinya kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota, penyelenggara pendidikan swasta (yayasan pendidikan),  dan satuan pendidikan (sekolah/madrasah). Oleh karena itu, diyakini bahwa upaya keberhasilan inovasi pendidikan sangat ditentukan oleh adanya komitmen, profesionalisme, kerjasama, dan kolaborasi semua pemangku kepentingan pendidikan

JJakarta, Juli 2010

Dirjen PMPTK

Kemendiknas,

PProf. Dr. Baedhowi

NIP. 19490828 197903 1 001

DAFTAR ISI LAPORAN EVALUSI DIRI SEKOLAH

Nomor

Bagian

Halaman

Pendahuluan

4

1.

Standar Sarana dan Prasarana

5

1.1.

Apakah sarana sekolah sudah memadai?

6

1.2.

Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?

7

2.

Standar Isi

8

2.1.

Apakah kurikulum  sudah sesuai dan relevan?

9

2.2.

Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik?

10

3.

Standar Proses

11

3.1.

Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

12

3.2.

Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?

13

3.3.

Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

14

3.4.

Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

15

3.5.

Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?

16

3.6.

Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

17

4.

Standar Penilaian Pendidikan

18

4.1.

Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

19

4.2.

Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?

20

4.3.

Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

21

5.

Standar Kompetensi Lulusan

22

5.1.

Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?

23

5.2.          Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat? 24

Nomor

Bagian

Halaman

6.

Standar Pengelolaan

25

6.1.

Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

26

6.2.

Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

27

6.3.

Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar

28

6.4.

Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

29

6.5.

Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga kependidikan?

30

6.6.

Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

31

7.

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

32

7.1.

Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?

33

8.

Standar Pembiayaan

34

8.1.

Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

35

8.2.

Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

36

8.3.

Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

37


PENDAHULUAN

1.    Nama Sekolah               …………………………………………………………………..

2.    Nama Kepala Sekolah            ……………………………………………………………..

3.    Tanggal                          …………………………………………………………………..

4.    Jumlah murid                               …………………………………………………………

  1. 5.    Jumlah Guru                                  …………………………………………………………

 

 

  1. 6.    Tuliskan secara ringkas kinerja sekolah, mencakup visi dan misi serta program-program unggulannya.  Apa yang dituliskan hendaknya menggambarkan dan sesuai dengan apa yang dilaporkan dalam dokumen ini.

     

 

7.    Jelaskan kondisi lingkungan   sekolah ini yang menggambarkan kondisi setempat yang khas, dan ciri-ciri khusus para siswanya. Uraian di bagian ini hendaknya mencakup pula peluang yang ada atau rintangan yang dihadapi bagi pencapaian prestasi belajar atau prestasi lainnya, juga jelaskan kondisi khusus yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar (misalnya kondisi sosial-ekonomi keluarga siswa, atau para siswa dengan kebutuhan khusus).

 


1.   STANDAR SARANA DAN PRASARANA

1.1.      Apakah sarana sekolah sudah memadai?

Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana

  • Sekolah mematuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana (ukuran ruangan, jumlah ruangan, dan persyaratan untuk sistem ventilasi, dll)
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana

Ukuran kelompok belajar

Catatan peralatan dan sumber belajar

Catatan pengeluaran

Lainnya (mohon jelaskan)

1.2.      Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik?

Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana

 

q Bangunan

Ÿ  Bangunan sekolah memenuhi semua ketentuan standar,  dalam ukuran dan jumlah

Ÿ  Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

Ÿ  Bangunan  mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk  penyandang cacat .

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

  • Catatan pengeluaran
  • Pendapat peserta didik
  • Pendapat guru
  • Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus

·       Observasi

·       Lain-lain (silahkan jelaskan)

2.   STANDAR ISI

2.1.      Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar isi

 

q Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum

Ÿ  Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis  satuan pendidikan

q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan

Ÿ Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai  yang disusun BNSP.

Ÿ Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah

Wawancara dengan orang tua peserta didik

Wawancara dengan peserta didik

Lain-lain

2.2.      Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?

Spesifikasi dalam standar isi

 

  • Sekolah mematuhi standar untuk menyediakan apa yang dibutuhkan bagi pengembangan pribadi peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

Wawancara orang tua peserta didik

Observasi

Laporan mengenai kegiatan sekolah

Lain-lain

3.   STANDAR PROSES BELAJAR

3.1.      Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

Standar proses belajar

A: Silabus

Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP)

Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

Wawancara dengan orang tua peserta didik

Wawancara dengan peserta didik

Lain-lain


3.2.      Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar

Ÿ  Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran – Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu,  metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Reviu RPP

Observasi kelas

Interviu guru

Interviu peserta didik

Lainnya

3.3.      Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara  tepat?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

Implementasi Proses Belajar

  • Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan

Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan

Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang

Wawancara dengan peserta didik

Lain-lain (tuliskan)

3.4.      Apakah  pembelajaran  menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Implementasi proses belajar

Ÿ  Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik

Ÿ  Para peserta didik berpeluang untuk  melakukan ekplorasi, elaborasi,  dan  konfirmasi

Ÿ  Para Guru memiliki kemampuan  mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tingkat/jumlah DO

Kehadiran peserta didik

Wawacara dengan guru dan peserta didik

Observasi sesama guru

Observasi Pengajaran

Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran

Lain-lain (tuliskan)


3.5.      Apakah sekolah memenuhi  kebutuhan semua peserta didik?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

q Perencanaan proses belajar

Ÿ  Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.

 

q  Implementasi proses belajar

Ÿ  Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya

Ÿ  Guru menghargai pendapat peserta didik

Ÿ  Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

Kehadiran peserta didik
Observasi sesama guru
Rencana pengajaran guru
Lain-lain
3.6.      Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

  • Implementasi Proses Belajar

q  Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai.

q   Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.

Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik.

Perilaku lain yang relevan
Lain-lain

4. Standar Penilaian

4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

Spesifikasi dalam standar evaluasi

  • Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
  • Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum
  • Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
  • Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik
Rencana pengajaran guru
Lain-lain

4.2         Bagaimana  penilaian berdampak pada  proses belajar?

Spesifikasi dalam standard proses belajar

q Evaluasi oleh guru

Ÿ  Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik

Ÿ  Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik
Rencana pengajaran guru
Lain-lain
4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

Spesifikasi dalam standar penilaian

·         Penilaian berdasarkan  unit pendidikan

Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

Wawancara orang tua

Wawancara guru
Laporan kegiatan sekolah
Lain-lain
5. Kompetensi Lulusan
5.1.      Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

 

q  Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar menurut usia dan mata pelajaran.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung

Hasil Ujian
Hasil-hasil tes
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan
Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama
Lainnya (tuliskan)
5.2.      Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

 

q  Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik

q  Sekolah mengembangkan ketrampilan hidup

q  Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik

Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler
Pencapaian dalam olahraga
Catatan mengenai program budaya
Laninya (tuliskan)
  1. 6.     Standar Pengelolaan
6.1.      Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?  

Spesifikasi dalam standard pengelolaan

 

·         Perencanaan Program

q  Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan  pihak berkepentingan.

q  Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian,  kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pernyataan Visi dan misi sekolah

Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan

Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah
Dokumen/bukti lainnya
Lain-lain
6.2.      Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

 

  • Perencanaan Program

q  Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tujuan dan Rencana

Pendokumentasian dan sosialisasi rencana

Lain-lain
6.3.      Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

 

Perencanaan Program

q Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah

  • Supervisi dan Penilaian

q Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja  sekolah.

q Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Laporan evaluasi diri sekolah

Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah
Interviu dengan peserta didik
Interviu dengan orang tua
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka
Laninya (tuliskan)
6.4.      Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

 

q  Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan

q  Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses

q  Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan

Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data

Diknas kabupaten memiliki  catatan mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah
Lain-lain
6.5.      Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan

q  Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi

  • Supervisi dan Evaluasi

q  Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah

Interviu guru

Observasi
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai prestasi yang dicapai
Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu
Lain-lain
6.6.      Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

 

q  Sekolah harus melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah

q  Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai dukungan komite sekolah

Tingkat pendaftaran peserta didik

Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat
Lain-lain

7.     STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN

7.1.      Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai?
Spesifikasi dalam standar guru dan tenaga pendidik

q  Jumlah guru dan tenaga pendidik memenuhi standar

q  Kualifikasi guru dan tenaga pendidik memenuhi standar

q  Guru dan tenaga pendidik memenuhi standar kompetensi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan kualifikasi guru

Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik

Beban mengajar guru
Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru
Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik
Lain-lain
8. Standar Pembiayaan
8.1        Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

 

Ÿ  Pengelolaan keuangan sekolah

q Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah

q Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel.

q Sekolah membuat pelaporan  keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan

Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Pembukuan keuangan sekolah
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.

Laninya (tuliskan)

8.2         Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

q Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan

Catatan alumni
Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan
Catatan pendapatan dari semua sumber
Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.
Laninya (tuliskan)

8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

Spesifikasi dalam standard pembiayaan

 

q SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua

q Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Angka peserta didik yang masuk dan keluar

Wawancara dengan anak didik

Wawancara dengan orang tua
Wawancara dengan yang mewakili masyarakat
Wawancara perwakilan masyarakat daerah
Catatan SPPyang dibayarkan
Tingkat putus sekolah
Lain-lain
About these ads
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • elsinavi  On 07/12/2011 at 09:20

    Terima kasih tuk Kpl SMPN 2 Rantau mudah-mudahan EDS yang udah lengkap ini dapat dibuat acuan tuk sekolah-sekolah yang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: